Info Sehat

Inilah 7 Buah yang Berkhasiat untuk Melancarkan BAB

March 5, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Apa yang kita makan dan minum setiap harinya akan sangat berpengaruh pada kinerja sistem pencernaan.

Jika kamu tengah mengalami masalah konstipasi atau sulit BAB, ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu meringankan gejalanya.

Berikut daftar beberapa jenis buah terbaik yang bisa membantu melancarkan BAB kamu!

1. Kiwi

Buah pelancar BAB yang pertama adalah kiwi. Melansir Medicinenet, satu buah kiwi berukuran sedang memiliki sekitar 2,5 gram serat dan banyak vitamin serta nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, termasuk usus.

Sebuah studi pada 2013 terhadap orang dewasa yang dipublikasikan melalui Advances in Food and Nutrition Research menemukan bahwa makan kiwi mendorong pergerakan usus menjadi lebih teratur.

Studi sebelumnya oleh para peneliti di Taipei juga menemukan makan dua kiwi sehari meningkatkan jumlah buang air besar pada orang dewasa yang mengalami sembelit.

2. Pir, plum, dan apel

Satu buah pir yang dikonsumsi bersama kulitnya dapat memberikan kamu asupan serat sebanyak 5 hingga 6 gram yang baik untuk mengatur sistem pencernaan.

Pir juga tinggi sorbitol, alkohol gula yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus dan merangsang buang air besar. Selain untuk orang dewasa, buah pir juga dapat digunakan untuk meredakan sembelit pada bayi.

Sementara itu, buah apel juga punya kandungan serat yang tak kalah yakni lebih dari 5 gram. Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal dengan efek pencahar.

Selain pir dan apel, kamu juga bisa mengonsumsi buah plum untuk membantu melancarkan BAB. Plum segar memang tidak memiliki banyak serat, tetapi plum kering memiliki serat sebanyak 12 g per cangkir dan sangat baik untuk meredakan sembelit.

Baca Juga : Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan, Atasi Sembelit sampai Cegah Osteoporosis

3. Buah beri

Buah pelancar BAB yang berikutnya adalah jenis buah beri. Termasuk di antaranya adalah raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi.

Buah beri mengandung serat yang tinggi, setengah cangkir buah beri dapat menyuplai setidaknya 4 gram serat.

Kamu dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat atau diolah menjadi salad, jus, smoothies, dan lain-lain.

4. Jeruk

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Jeruk juga merupakan sumber naringenin yang baik, flavonoid yang (menurut beberapa penelitian) dapat bekerja seperti pencahar.

Kamu dapat mengonsumsinya langsung saat masih segar atau memasukkannya ke dalam salad dan smoothies yang menyegarkan.

Baca Juga : Sembelit Bikin Tak Nyaman, Yuk Konsumsi 10 Makanan Ini!

5. Pisang

Buah pelancar BAB yang berikutnya adalah pisang. Pisang dapat membantu membuang kotoran dengan membuat feses lebih mudah dikeluarkan.

Ini berkat kandungan serat dalam pisang yang tinggi dalam pisang dapat bekerja sangat baik untuk meredakan efek sembelit.

6. Alpukat

Buah alpukat kaya akan nutrisi dan dapat membantu melancarkan BAB kamu. Satu cangkir (146 gram) irisan alpukat mengandung 10 gram serat.

Sumber serat larut dan tidak larut dalam alpukat dapat membantu meredakan sembelit.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengganti karbohidrat dengan lemak dan serat dari alpukat meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

7. Buah-buahan kering

Selain buah-buahan segar, buah kering juga tak kalah bernutrisi dan bisa membantu melancarkan BAB kamu lho.

Buah kering adalah pilihan cerdas saat kamu mengalami sembelit, sebab sebenarnya per porsi buah kering mengandung lebih banyak serat daripada buah segar.

Selain plum, buah-buahan kering seperti ara, kismis, dan aprikot kering merupakan sumber serat yang sangat baik. Kamu bisa menambahkan buah kering ke sereal, atau panggang menjadi muffin. Rendam dalam air untuk melunakkannya jika sulit dikunyah.

Namun, kamu perlu ingat bahwa meskipun buah kering memiliki lebih banyak serat daripada buah segar, ia juga memiliki lebih banyak kalori.

Memasukkan beberapa buah di atas ke dalam menu makan setiap hari, disertai dengan minum banyak air, melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar, meningkatkan konsistensi, dan menghilangkan sembelit untuk selamanya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan pencernaan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 4 Maret 2021. 15 Healthy Foods That Help You Poop

Medicinenet. Diakses pada 4 Maret 2021. 12 Foods to Eat for Constipation Relief

NDTV. Diakses pada 4 Maret 2021. 6 Best Fruits To Manage Constipation

    register-docotr