Info Sehat

Ini 4 Alasan Kenapa Suara Kita Berubah Seiring Bertambah Usia

March 25, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Seiring semakin tua, kamu mungkin tidak dapat berbicara sepanjang hari tanpa suara menjadi lelah atau serak. Perubahan vokal ini terjadi secara bertahap dan dikenal dengan istilah presbyphonia.

Keluhan seperti kelelahan vokal, atau perubahan kualitas suara menjadi kasar merupakan hal yang umum terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Lalu apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Mari simak alasannya lewat penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Bayi Radang Tenggorokan? Jangan Panik Dulu, Ini Tips Menanganinya!

Apa itu presbyphonia?

Dilansir dari Verywellhealth.com, presbyphonia ditandai dengan perubahan terkait penuaan pada pita suara yang secara signifikan mengubah suara seseorang.

Ini adalah salah satu dari beberapa jenis kondisi yang disebut disfonia di mana kualitas suara dapat berubah karena sejumlah alasan. Presbyphonia tidak berbahaya, tetapi dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini bahkan bisa mengganggu kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Terutama jika mereka yang mengalaminya mengandalkan suara untuk mencari nafkah, misalnya pembawa berita.

Mengapa semakin tua, suara bisa berubah?

Pada dasarnya pita suara harus dapat menutup sepenuhnya dan bergetar secara merata untuk penyuaraan yang efisien. Seiring dengan bertambahnya usia, hal ini menjadi semakin sulit untuk terjadi.

Adapun dilansir dari Cleveland Clinic, ada 4 alasan utama mengapa suara bisa berubah seiring usia yang semakin menua:

1. Penuaan kotak suara

Penyebab paling umum dari perubahan suara di kemudian hari adalah perubahan pada kotak suara (laring). Kondisi ini biasanya ditandai dengan sendi laring menjadi kaku, dan tulang rawan yang mengeras.

Terkadang, otot laring bahkan bisa berhenti tumbuh, menjadi lebih tipis dan lebih lemah.

Seseorang yang mengalami penuaan laring, akan memerlukan upaya ekstra untuk berbicara. Inilah yang kemudian menyebabkan suara lebih cepat lelah.

2. Perubahaan pita suara

Pita suara yang disebut dengan presbylarynges, juga akan mengalami penurunan fungsi saat kamu semakin tua.

Umumnya ini dicirikan dengan pita suara yang kehilangan massa otot (atrofi), elastisitas, dan mengering. Hal ini dapat membuat pita suara tidak menutup sepenuhnya, sehingga kamu jadi lebih sulit untuk berbicara.

Pada beberapa kasus, perubahan ini bahkan dapat menyebabkan masalah menelan.

3. Paru-paru menyusut

Saat umur kamu bertambah tua, tulang rusuk mungkin menjadi lebih mengeras.

Tak hanya itu, tubuh juga mungkin menyusut, dan paru-paru menjadi lebih kecil, kaku, serta kurang lentur. Semua perubahan ini dapat melemahkan suara.

4. Penurunan status kesehatan secara keseluruhan

Terkadang perubahan suara dapat menandakan masalah medis yang berkembang.

Misalnya, kelelahan kronis dan masalah neurologis dapat menyebabkan suara gemetar, atau tremor. Suara juga dapat berubah karena lesi jinak (nodul, polip) atau ganas (kanker), atau jika salah satu pita suara menjadi lumpuh.

Beberapa gejala yang muncul

Tanda-tanda presbyphonia dapat bervariasi pada masing-masing orang. Namun secara umum gejalanya adalah:

Vokal menipis

Banyak orang mengalami penipisan suara yang mencolok seiring bertambahnya usia. Ini menggambarkan suara yang kurang kaya, tidak resonan, dan merupakan keluhan umum di antara orang dewasa yang lebih tua.

Suara serak

Ini terjadi ketika pita suara menjadi kaku seiring bertambahnya usia. Penyebab lainnya adalah cedera pada laring yang disebabkan oleh refluks atau merokok.

Perubahan volume

Seiring dengan bertambahnya usia, suara menjadi lebih pelan karena tidak ada penyangga napas untuk mempertahankan kekuatan dan volume suara. Hal ini umum terjadi pada orang dengan gangguan sistem pernapasan.

Diagnosis dan pengobatan

Kasus perubahan vokal seperti ini biasanya didiagnosis oleh dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) serta ahli patologi bahasa wicara.

Prosedur penanganan yang diberikan biasanya terdiri dari latihan vocal tertentu, sampai pengencangan pita suara untuk membantunya menutup. Jenis tindakan ini dilakukan oleh ahli THT dengan pelatihan khusus dalam mengobati gangguan suara.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Cleveland Clinic, Voice Changes: What Can They Tell You as You Age? diakses pada 24 Maret 2021

UK Healthcare, Feeling hoarse as you get older? Here’s how to protect your voice, diakses pada 24 Maret 2021

Verywellhealth.com, 5 Ways Our Voices Change as We Age diakses pada 24 Maret 2021

 

 

 

    register-docotr