Info Sehat

Lebih Awet dari Gigi Palsu, Ini Seluk-beluk Implan Gigi yang Perlu Kamu Tahu!

December 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Dental implant atau implan gigi merupakan salah satu teknologi termutakhir yang memungkinkan lokasi gigimu yang tanggal terisi kembali. 

Implan gigi ini merupakan penggantian akar gigi. Langkah ini dilakukan dengan menanam gigi buatan yang permanen atau yang bisa dilepas untuk menyamai gigi alami yang kamu punya.

Baca Juga: Tumbuh Gigi Bungsu Bikin Gusi Bengkak dan Sakit, Haruskah Dicabut?

Apa fungsi implan gigi?

Implan gigi merupakan operasi yang terletak di rahang kamu. Dengan menanamkan akar gigi dari titanium atau material lain di rahang, maka implan ini tidak akan lepas, menghasilkan suara atau menyebabkan kerusakan tulang.

Operasi ini dilakukan untuk mengganti satu atau lebih gigi kamu yang hilang. Terlebih jika kamu tidak bisa menjalankan teknologi lama penggantian gigi yang tanggal seperti gigi palsu.

Kamu bisa mengambil langkah ini asalkan memenuhi kriteria berikut ini:

  • Tulang rahang sudah sepenuhnya tumbuh
  • Tulang rahang cocok untuk dipasangkan implan atau mampu melakukan cangkok tulang
  • Memiliki jaringan oral yang sehat
  • Tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu penyembuhan tulang.

Prosedur implan gigi

Sebelum prosedur operasi ini dilakukan, kamu harus menemui dokter gigi beberapa kali untuk konsultasi dini. Selanjutnya dokter akan memeriksa kondisi kamu secara menyeluruh dan mendiskusikan beberapa pilihan terkait rencana operasi ini.

Ketika kamu dan dokter sudah membuat rencana operasi dan kamu dinyatakan dalam kondisi kesehatan yang baik, maka tanggal operasi pun akan dibuat. Prosedur operasi akan dilakukan dalam beberapa tahap dalam waktu yang berbeda.

Langkah operasi 

Pemasangan implan gigi. Foto: https://media.istockphoto.com

Fase pertama dari prosedur implan gigi adalah operasi untuk menempatkan implan. Mulutmu akan dibuat mati rasa dengan anestesi lokal atau suntikan sedatif supaya kamu tidak merasakan sakit atau tidak nyaman.

Gusi tempat gigi yang tanggal akan disayat untuk menempatkan implan akar gigi. Nantinya sayatan tersebut akan ditutup lagi dengan gusi agar tetap tersembunyi. Ini merupakan akhir dari fase pertama.

Kamu akan diminta pulang untuk proses penyembuhkan diri dan menunggu fase kedua. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa bulan. Waktu yang luang ini dimaksudkan agar tulang kamu tumbuh di sekitar implan tersebut dan menjadi satu dengannya.

Fase kedua operasi

Ketika dokter menganggap implan tersebut sudah aman, maka potongan penghubung yang disebut abutment akan ditempatkan di atas implan. Abutment ini berfungsi untuk menahan gigi baru kamu.

Saat gusi sudah sembuh, dokter gigi akan mencetakkan gigi baru untuk ditempatkan di atas implan tersebut. Gigi ini disebut crown atau mahkota dan akan menempel pada abutment.

Apa manfaat dari dental implant?

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari operasi ini, yaitu:

  • Meningkatkan penampilan
  • Meningkatkan logat atau cara berbicara, karena gigi palsu bisa lepas atau tergelincir di mulut yang bisa mengganggu kenyamanan kamu berbicara
  • Lebih mudah dalam makan dan mengunyah, karena gigi palsu dapat membuat kamu sulit untuk mengunyah. Sehingga dengan dental implant kamu bisa makan makanan kegemaran tanpa rasa khawatir
  • Meningkatkan kenyamanan
  • Meningkatkan kesehatan oral
  • Tahan lama
  • Lebih meyakinkan ketimbang gigi palsu.

Apa saja risiko implan gigi?

Di balik manfaatnya, operasi ini juga memiliki beberapa risiko kesehatan. Biasanya masalah ini jarang terjadi dan bisa diperbaiki dengan mudah. Di antaranya adalah:

  • Infeksi di lokasi implan
  • Cedera atau kerusakan struktur di sekitar lokasi implan, seperti rusaknya gigi lain atau pembuluh darah
  • Kerusakan saraf yang bisa menimbulkan nyeri, mati rasa atau sensasi kesemutan di gigi asli, gusi, bibir atau dagu
  • Masalah pada sinus yang bisa disebabkan oleh dental implant yang ditempatkan di rahang bagian atas yang dapat menonjol hingga ke rongga sinus

Baca Juga: Hati-Hati, Bukannya Rapi Behel Lepas Pasang Malah Bikin Gigi Berantakan!

Berapa biaya dental implant?

Biaya operasi ini bervariasi, tergantung dari lokasi gigi mana yang mau ditanam hingga materi yang akan dipakai untuk implan itu sendiri. Dilansir laman harga.web.id, kocek yang harus kamu siapkan berkisar antara Rp17 juta-Rp25 juta.

Sementara laman whatclinic mencantumkan harga dari beberapa klinik yang bisa dijadikan pilihan. 

Salah satunya Hendra Hidayat Implant Center di Jakarta yang mematok harga dental implant Rp20 juta-Rp25 juta, lalu ada juga Hanni’s Aesthetic & Implant Centre yang juga terletak di Jakarta mematok harga Rp12,5 juta- Rp25 juta untuk operasi ini.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang implan gigi dan berapa kisaran biayanya. Selalu jaga kesehatan gigi dan mulut kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Mayoclinic, diakses 11 Desember 2020. Dental implant surgery
  2. WebMD, diakses 11 Desember 2020. Dental Implants
  3. VeryWellHealth, diakses 11 Desember 2020. Dental Implant Procedure: Everything You Need to Know
  4. Harga.web.id, diakses 11 Desember 2020. Update Info Harga Tanam (Implan) Gigi Depan Permanen
  5. Whatclinic, diakses 11 Desember 2020. Dental Implants Indonesia
    register-docotr