Info Sehat

Benarkah Air Rebusan Daun Salam Manjur Turunkan Kolesterol? Cek Faktanya!

July 26, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki kadar kolesterol tinggi tentu sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Demi mengatasi hal itu, banyak orang menyebut manfaat daun salam untuk kolesterol sangatlah manjur.

Tapi benarkah daun salam mampu mengatasi kolesterol? Berikut ini penjelasannya untuk kamu pahami:

Manfaat daun salam untuk kolesterol tinggi

Masyarakat Indonesia lebih mengenal daun salam sebagai bumbu pelengkap untuk memasak. Namun nyatanya, daun salam juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. 

Dilansir Healthline, daun salam biasa disebut juga sebagai tumbuhan laurus nobilis. Tumbuhan ini berasal dari laurel, keluarga pohon dan semak hijau yang paling sering ditemukan di beberapa bagian Asia dan Amerika. 

Namun belum banyak diketahui bahwa salah satu manfaat daun salam untuk menurunkan kadar kolesterol. Sudah teruji bahwa konsumsi daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan selama 30 hari dan diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition  pada tahun 2009 menemukan bahwa konsumsi 1 hingga 3 gram daun salam setiap hari dapat menurunkan kolesterol total hingga 24 persen.

Tak hanya itu juga dapat menurunkan trigliserida hingga 34 persen, kolesterol LDL hingga 40 persen, serta meningkatkan kolesterol HDL hingga 29 persen.

Cara mengolah daun salam untuk kolesterol tinggi

Agar mendapatkan manfaat dari daun salam, kamu bisa mengolahnya dengan mudah yaitu merebus daun salam. 

Pertama-tama ambil 10 hingga 15 daun salam yang masih segar. Kemudian cuci daun salam hingga bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air. 

Jika air yang tersisa tinggal sekitar satu gelas saja, segera matikan kompor dan kemudian saring air rebusan daun salam. Biarkan hingga dingin dan air ini pun siap untuk dikonsumsi. Sangat disarankan kamu mengonsumsinya saat malam hari.

Supaya kadar kolesterol lebih cepat menurun, pastikan kamu rutin mengonsumsi rebusan daun salam ini, ya. 

Baca juga: Demi Kesehatan, Ini Makanan Berkolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

Manfaat lain daun salam untuk kesehatan

Selain untuk mengatasi kolesterol, daun salam ini juga bisa memberikan manfaat lain untuk kesehatan untuk tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan imun tubuh 

Telah diketahui bahwa daun salam kaya akan berbagai macam vitamin, khususnya vitamin C yang akan membuat daya tahan tubuh meningkat.  Tujuan dari meningkatkan imun atau daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tak hanya itu saja, daun salam juga mengandung seng dan vitamin A. Kedua kandungan tersebut baik untuk mata, hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Mereka juga bisa sangat efektif dalam menangani sindrom iritasi usus atau penyakit seliaka.

2. Mengontrol tekanan darah

Daun salam mengandung flavonoid yang mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan darah.

Caranya kamu cukup merebus daun salam menggunakan 10 lembar daun salam untuk kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air.

Rutin meminum air rebusan daun salam ini setidaknya sekali setiap hari, yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd.com (2020) diakses 22 Juli 2020. BAY LEAF
  2. Deccanchronicle.com (2019) diakses 22 Juli 2020. 6 amazing health benefits of burning bay leaves
  3. Healthline.com (2016) diakses 22 Juli 2020. 5 Possible Uses for the Bay Leaf
  4. Wellandgood.com (2020) diakses 22 Juli 2020. Looking for a Healthy Bev That’s Good for Your Heart? Sip on Bay Leaf Tea 
    register-docotr