Info Sehat

Dampak Kulkas Tak Pernah Dibersihkan bagi Kesehatan, Apa Saja?

April 7, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Lemari es dan freezer sering dianggap sebagai ‘tulang punggung’ dapur. Tak heran jika prosedur pemeliharaan dan pembersihan yang cermat harus dilakukan setiap saat.

Tujuannya adalah untuk memastikan lemari es tetap bersih dan tidak membahayakan kesehatan seisi rumah. Yuk simak ulasan tentang efek buruk kulkas yang tak pernah dibersihkan berikut ini!

Memang apa sih, efek berbahaya yang bisa timbul bagi kesehatan saat kulkas tidak pernah dibersihkan?

Baca juga: Sering Sakit Saat BAB? Bisa Jadi Kamu Terkena Penyakit Anal Fistula

Dampak bagi kesehatan saat kulkas jarang dibersihkan

Jangan anggap enteng pentingnya menjaga kebersihan kulkas, ya. Berikut dampak yang bisa terjadi bagi kesehatan apabila kulkas di rumahmu jarang dibersihkan:

Menjadi tempat berkembang biak bakteri

Tahukah kamu bahwa lemari es yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri berbahaya seperti salmonella, listeria, dan E. coli?

Sebuah studi yang dilansir Food Safety menemukan fakta bahwa rak penyimpanan sayuran pada lemari es berisi rata-rata 7.850 unit bakteri per cm2.

Sebagai perbandingan, jumlah unit bakteri yang disarankan per cm2 untuk persiapan makanan yang aman adalah antara 0 sampai 10.

Pembersihan yang benar harus dilakukan secara teratur untuk menghindari pertumbuhan bakteri sebesar ini.

Membuat isi kulkas lebih cepat rusak

Lemari es bukanlah alat yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Benda ini hanya bisa memperlambat pertumbuhannya.

Semakin lama kamu tidak membersihkan kulkas, maka semakin besar pula peluang kamu membiarkan bakteri tumbuh dan merusak isi makanan yang ada di dalamnya.

Efeknya bukan hanya pemborosan karena makanan jadi lebih cepat busuk. Tapi ini juga rentan membuatmu sakit karena tanpa sadar mengonsumsi isi kulkas yang dikira masih bisa dimakan.

Risiko keracunan makanan

Tak hanya lingkungan yang panas, beberapa jenis bakteri juga bisa tumbuh dalam kondisi dingin seperti di lemari es. Salah satunya adalah bakteri anaerob.

Ketika kulkas dibiarkan kotor, bakteri ini akan tumbuh semakin pesat dalam jumlah yang sangat banyak. Jika kamu sampai memakan makanan yang telah terkontaminasi bakteri tersebut, ini akan berubah menjadi patogen, melepaskan racun berbahaya, dan menyebabkan penyakit serius.

Mengingat efek berbahaya ini, sudah sepatutnya lemari es selalu bersih dan bebas dari mikroorganisme jahat tersebut.

Baca juga: Daftar Penyakit Sistem Pencernaan Yang Umum Dialami, Yuk Simak Ulasannya!

Tips membersihkan lemari es dengan benar

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat ingin menjaga kebersihan lemari es beserta isinya:

1. Keluarkan isi kulkas terlebih dahulu

Pertama, keluarkan semua makanan dari lemari es dan pastikan untuk memasukkan semua makanan yang mudah rusak ke dalam wadah dingin dengan kantong es.

Semua rak harus dilepas dan dibersihkan menggunakan air sabun panas untuk membunuh bakteri potensial. Biarkan ini benar-benar kering sebelum kembali dimasukkan ke dalam lemari es.

Berikutnya, pastikan kamu juga segera membersihkan tumpahan apapun di dalam kulkas menggunakan pembersih kimiawi untuk mencegah kulkas terkontaminasi bakteri jahat.

2. Perhatikan cara menyimpan makanan

Di dalam lemari es ada beberapa zona suhu yang berbeda. Jangan simpan makanan berisiko tinggi seperti susu, seafood, daging mentah, telur, di pintu lemari es.

Ini biasanya merupakan tempat terhangat dan memungkinkan pertumbuhan bakteri paling banyak. Sebaiknya, simpan makanan berisiko tinggi di rak lemari es yang suhunya lebih stabil.

Selalu simpan makanan dalam wadah yang kuat dan kedap udara, untuk menghindari bau tidak sedap tercampur di dalam lemari es.

3. Cek keamanan freezer

Freezer perlu disetel ke -15 ° C atau di bawahnya, jangan lupa periksa secara teratur menggunakan termometer untuk memastikan suhunya tetap stabil. Hindari freezer yang terlalu penuh dan biarkan udara bebas berputar di sekitar makanan beku untuk menjaganya tetap pada suhu yang tepat.

Hal ini tak hanya akan membantu membuat kulkas terlihat rapi dan bersih, tapi juga mencegah pertumbuhan bakteri-bakteri yang berbahaya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Web MD, Fighting Kitchen Germs: Dos and Don’ts diakses pada 7 April 2021

Food Safety, Could Your Fridge Be Making You Sick? diakses pada 7 April 2021

 

    register-docotr