Info Sehat

Daftar 6 Obat Asma Alami: Mulai dari Bawang Putih hingga Madu

December 29, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Jika kamu menderita asma, dan obat-obatan medis yang dikonsumsi belum berdampak sesuai harapan. Mungkin sudah saatnya kamu mencoba obat asma alami untuk membantu mengatasi gejala penyakit ini.

Beberapa pengobatan alami memang diketahui dapat meringankan gejala asma, dan bahkan meningkatkan kualitas hidup seorang penderita asma.

Umumnya ini akan bekerja paling baik bila dikonsumsi bersamaan dengan obat asma yang biasa diresepkan oleh dokter. Mau tahu apa saja obat asma alami yang bisa kamu coba?

Baca juga: Punya Asma? Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Asma Kambuh Berikut Ini

Apa itu penyakit asma?

Dilansir dari Ncbi, asma adalah jenis penyakit yang masuk dalam kategori kelainan inflamasi kronis akibat peradangan saluran napas.

Saat terjadi serangan asma, penderitanya akan menjadi lebih sulit bernapas, akibat adanya peningkatan kadar lendir dan pengencangan otot di sekitar saluran udara.

Selama ini obat-obatan yang digunakan sebagai terapi, umumnya memiliki kelemahan seperti harga yang mahal dan efek samping yang mengganggu efektivitas pengobatan.

Sebagai alternatif, penggunaan bahan-bahan alami mulai diterapkan sebagai solusi pengobatan atas penyakit ini.

Obat asma alami

Berikut adalah beberapa obat asma alami yang bisa kamu coba untuk membantu mengatasi penyakit asma.

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini sudah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena memiliki efek anti radang.

Karena asma sendiri adalah penyakit radang, maka bisa dikatakan jika bawang putih juga dapat membantu meredakan gejala asma.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian tahun 2013 yang mengamini pernyataan tersebut.

Jahe

Jahe adalah rempah khas Indonesia lainnya yang juga mengandung sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengatasi gangguan asma parah.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa suplemen jahe oral telah terbukti memiliki kaitan erat dalam proses perbaikan gejala asma.

Meski begitu, ini tidak berarti bahwa jahe mampu menyebabkan peningkatan fungsi paru-paru secara keseluruhan.

Madu sebagai obat asma alami

Rasanya yang manis dan kandungannya yang kaya akan nutrisi membuat cairan ini sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya, madu sering digunakan dalam pengobatan flu untuk membantu menenangkan tenggorokan dan mengurangi batuk.

Seperti yang kita tahu, saat serangan asma datang, paru-paru tidak mendapatkan cukup oksigen. Sehingga penderitanya bisa batuk, megap-megap, mengi, dan bahkan merasakan sesak di dada.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencampurkan madu dengan minuman panas seperti teh herbal untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

Minyak Omega-3

Kamu bisa mendapatkan minyak omega-3 dari berbagai jenis makanan seperti ikan atau biji rami.

Minyak ini sendiri telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi peradangan saluran napas, dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma parah.

Namun, penting untuk diketahui bahwa konsumsi minyak omega-3 tidak disarankan untuk dilakukan bersama dengan steroid oral dosis tinggi.

Alasannya, steroid dapat memblokir efek menguntungkan dari minyak omega-3 tersebut.

Kafein sebagai obat asma alami

Kafein adalah bronkodilator, atau kelompok obat yang digunakan untuk mengurangi kelelahan otot pernapasan, terutama pada penderita penyakit asma.

Sebuah studi 2010 menunjukkan bahwa kafein secara efektif bisa digunakan untuk mengobati penyakit asma. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan fungsi saluran udara hingga empat jam setelah dikonsumsi.

Mandi uap

Meski mandi uap hangat sering dikaitkan dengan upaya membantu meringankan hidung tersumbat dan iritasi saluran napas yang terkait dengan asma.

Namun, sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa metode ini secara ilmiah bisa membantu memperbaiki gejala asma.

Walau begitu, mandi uap dinilai cukup efektif untuk meredakan beberapa gejala asma karena dapat memberikan kelembapan pada saluran udara. Namun, tetap ingat, bahwa ini bukanlah “pengganti obat asma” yang diresepkan oleh dokter.

Baca juga: Mana Harus Dipilih, Nebulizer Atau Inhaler? Yuk, Kenali Fungsinya Berikut Ini

Kesimpulan

Asma adalah penyakit kronis, artinya gangguan kesehatan ini berlangsung lama. Namun, jangan khawatir, sering kali orang dapat mengelolanya dengan kombinasi obat harian dan metode perawatan tertentu.

Jangan lupa, tanggung jawab dan tindakan individu juga sangat penting untuk mencegah terjadinya serangan asma.

Kombinasi rencana tindakan asma yang sehat secara medis dan pengobatan rumahan bisa sangat membantu dan memainkan peran penting dalam mengendalikan penyakit ini.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Use of Natural Products in Asthma Treatment, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7040422/ diakses pada 16 Desember 2020

Home remedies for asthma: 6 natural ways to help combat the symptoms, https://www.medicalnewstoday.com/articles/home-remedies-for-asthma#importance-of-self-care diakses pada 16 Desember 2020

13 Natural Remedies for Severe Asthma, https://www.healthline.com/health/severe-asthma/natural-remedies#papworth-method diakses pada 16 Desember 2020

Natural Remedy Options for Asthma Treatment, https://www.everydayhealth.com/asthma/natural-remedies-for-asthma.aspx diakses pada 16 Desember 2020

    Berita Terkait
    register-docotr