Info Sehat

Manfaat Kapur Sirih bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

December 29, 2020 | Muhammad Hanif S.
no-image

Berasal dari batuan yang diendapkan, penggunaan kapur sirih kian diminati untuk beberapa kebutuhan. Ada sejumlah manfaat kapur sirih yang bisa didapatkan, seperti untuk perawatan rambut dan gigi.

Namun, tahukah kamu bahwa kapur sirih juga bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang manfaat kapur sirih dan dampak buruknya dengan ulasan berikut ini!

Apa itu kapur sirih?

Kapur sirih adalah sebutan lain dari kalsium hidroksida. Sesuai dengan namanya, zat tersebut merupakan gabungan dari dua komponen utama, yaitu kalsium oksida dan air (hidrogen).

Mengutip dari Healthline, kalsium hidroksida adalah bubuk putih yang tidak berbau, biasanya dimanfaatkan pada pengolahan limbah, produksi kertas, konstruksi, dan pengolahan makanan. Kapur sirih juga sering dipakai dalam prosedur medis untuk perawatan gigi dan rambut.

Fungsi dan manfaat kapur sirih

Ada beberapa manfaat kapur sirih untuk tubuh yang tak banyak orang tahu. Zat tersebut sering dipakai sebagai komponen utama dalam produk perawatan gigi, mulut, dan rambut.

1. Perawatan gigi dan mulut

Manfaat kapur sirih yang pertama adalah kemampuannya dalam membantu merawat kesehatan gigi dan mulut.

Menurut publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, sifat antimikroba yang dimiliki kalsium hidroksida bisa dipakai untuk mengatasi berbagai infeksi yang terjadi di dalam mulut.

Kapur sirih juga bisa dipakai untuk menciptakan penghalang apikal, yaitu lapisan pelindung agar tidak terjadi infeksi. Zat serupa berlaku pula untuk meredakan gejala gusi bengkak dan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Baca juga: 7 Penyakit Akibat Kesehatan Gigi dan Mulut yang Buruk, Salah Satunya Penyakit Jantung!

2. Perawatan rambut

Dikutip dari Live Strong, kalsium hidroksida sudah umum dipakai dalam komponen produk perawatan rambut. Bahan aktif alkali yang dimilikinya berperan untuk menghaluskan dan melemaskan rambut. Ini sangat berguna untuk seseorang yang punya rambut kasar.

Bahkan, kalsium hidroksida juga dipercaya bisa membantu meluruskan rambut yang bergelombang dengan cara memecah ikatan sidulfida yang menghubungkan sistein, asam amino dengan konsentrasi tinggi pada rambut keriting.

Manfaat kapur sirih tersebut bisa didapat secara permanen jika perawatan dilakukan secara rutin dan berkala.

Manfaat kapur sirih untuk makanan

Selain untuk kesehatan, kalsium hidroksida juga umum dipakai dalam proses pengolahan makanan dan minuman, di antaranya:

  • Produk jagung: Orang-orang di Amerika Tengah sudah lama menggunakan kalsium hidroksida untuk mengolah jagung menjadi tepung. Biji jagung mentah direndam dan dicampur dengan kapur sirih untuk melepas sejumlah nutrisi penting, seperti niasin.
  • Pemrosesan gula: Kalsium hidroksida sering dipakai untuk memproses atau memurnikan gula tertentu, seperti tebu dan gula dari pohon bit.
  • Pengolahan jus buah: Produk minuman instan jus buah biasanya menggunakan kalsium hidroksida untuk memperkaya nilai gizinya.

Efek samping kapur sirih

Meski bisa memberikan manfaat, sejumlah kalangan menyarankan untuk membatasi penggunaan kapur sirih. Sebab, ada beberapa efek samping pada kesehatan yang mungkin dapat ditimbulkan, di antaranya:

1. Efek jika tertelan langsung

Dikutip dari Medline, menelan kalsium hidroksida secara langsung meski tidak sengaja dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang parah, sakit perut, muntah, sensasi terbakar di mulut, feses berdarah, hingga penurunan tekanan darah ekstrem.

Kondisi yang diidentifikasi sebagai keracunan (poisoning) tersebut dapat menyebabkan pH darah menjadi terlalu basa, lalu memicu kerusakan organ.

2. Paparan pada kulit

Paparan kalsium hidroksida pada kulit dapat menyebabkan berbagai masalah serius, tergantung lokasi dan kekuatan zat atau larutan kapur sirih. Jika terlalu kuat, kulit yang terpapar bisa iritasi, terasa terbakar, hingga muncul luka terbuka.

Jika yang terkena adalah mata, kondisinya bisa lebih parah, yaitu memicu gangguan penglihatan yang bersifat sementara atau permanen. Mata harus segera dibilas dengan air terus-menerus selama 15 menit pertama lalu mendapat perawatan medis.

3. Efek jika terhirup

Menghirup kalsium hidroksida melalui hidung dapat memicu komplikasi langsung yang menyakitkan hingga berpotensi mengancam keselamatan. Saluran pernapasan bisa membengkak, membuat saluran udara menyempit, lalu kesulitan bernapas.

Jika partikel kapur sirih terbawa sampai ke paru-paru, ini dapat mempersulit keadaan. Seseorang yang mengalami kondisi tersebut harus segera dibawa ke lingkungan terbuka yang memiliki udara segar. Pemberian bantuan oksigen mungkin diperlukan.

Nah, itulah ulasan tentang manfaat kapur sirih beserta efek samping yang bisa ditimbulkan. Penggunaan dengan kadar yang tepat harus diperhatikan agar tak ada dampak buruk yang dirasakan.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 13 Desember 2020, How Is Calcium Hydroxide Used in Food, and Is It Safe?
  2. Live Strong, diakses 13 Desember 2020, Calcium Hydroxide Uses.
  3. Live Strong, diakses 13 Desember 2020, What Are the Dangers of Calcium Hydroxide?
  4. Medline Plus, diakses 13 Desember 2020, Calcium hydroxide poisoning.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 13 Desember 2020, Use of calcium hydroxide for apical barrier formation and healing in non-vital immature permanent teeth: a review.

    Berita Terkait
    register-docotr