Covid-19

Fase Penyembuhan COVID-19: Gejala, Karantina Hingga Hasil Tes

December 29, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Menurut WHO, orang yang terkena COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang dapat kembali pulih dengan perawatan dan dukungan. Walaupun harus melewati beberapa fase penyembuhan covid serta membutuhkan waktu.

Saat positif COVID-19 dan menunjukkan gejala, yang pertama kali harus dilakukan adalah isolasi. Isolasi akan membantu pemulihan dan mencegah terjadinya penularan. Selain itu, fase penyembuhan akan dilihat dari pembentukan kekebalan tubuh.

Setiap orang mengalami fase penyembuhan yang berbeda-beda, namun umumnya akan mengalami perbaikan gejala hingga dinyatakan negatif dari COVID-19 lewat tes swab atau polymerase chain reaction (PCR).

Berikut fase penyembuhan covid, dari awal terpapar virus

Beberapa orang merasa baik-baik saja atau tidak sadar saat terpapar virus COVID-19. Setelah beberapa hari, baru menunjukkan beberapa gejala. Gejala yang muncul bisa ringan, sedang hingga berat. Berikut tahapan dari awal tertular sampai kembali bisa beraktivitas seperti biasa.

1. Awal terpapar dan melakukan isolasi selama positif COVID-19

Gejala umumnya muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar virus. Dengan tanda paling umum adalah demam tinggi dan batuk kering. Disertai dengan rasa lelah, dan gejala lainnya.

Jika gejala dalam tahap ringan, pasien COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri untuk memulai fase penyembuhan covid. Selama gejala yang ditunjukan masih ringan, kamu bisa isolasi di rumah dengan cara:

  • Tidak berinteraksi dengan masyarakat
  • Berkomunikasi dengan keluarga menggunakan masker dan menjaga jarak
  • Menggunakan peralatan makan dan mandi sendiri
  • Rutin mengecek suhu tubuh
  • Konsumsi makanan bergizi lengkap
  • Menerapkan perilaku hidup bersih sehat dan rajin berjemur setiap pagi di bawah sinar matahari langsung.

Proses isolasi mandiri ini dilakukan setidaknya 14 hari. Baru setelahnya melakukan pemeriksaan Swab Tes ulang. Umumnya dalam tahap ini, gejala sudah membaik, pada sebagian orang sudah merasa sehat seperti biasa.

Jika memiliki gejala berat, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 6 minggu perawatan. Pasien dengan gejala berat tidak bisa melakukan perawatan di rumah, tetapi harus di bawah petugas medis langsung.

Karena kondisi dapat memburuk sewaktu-waktu dan dapat menyebabkan komplikasi parah termasuk acute respiratory distress syndrome (ARDS) yang menyebabkan gagal napas hingga meninggal dunia.

2. Gejala membaik dan melakukan pemeriksaan ulang

Fase penyembuhan covid berikutnya adalah memastikan virus sudah tidak ada atau sudah tidak menular. Kamu perlu memerhatikan membaiknya gejala, sebagai tanda-tanda penyembuhan. Kemudian dipastikan dengan melakukan tes PCR.

Dilansir dari WHO, seseorang dipastikan telah bersih dari virus ini dengan melakukan tes PCR selama dua kali dalam selang waktu 24 jam, dan keduanya harus menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Sementara pada orang dengan gejala berat, fase penyembuhan covid bisa dilihat dari peningkatan kondisi. Setiap orang memiliki waktu pemulihan berbeda-beda. Tergantung dari sistem kekebalan tubuh dapat melawan virus ini.

3. Tetap melakukan pencegahan di akhir fase penyembuhan covid

Orang yang dinyatakan sembuh dari penyakit ini dapat kembali tertular dalam waktu tiga bulan sejak gejala awal muncul. Karena itu, tindak pencegahan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun serta menjaga jarak tetap harus dilakukan.

Kamu juga disarankan kan untuk melakukan pemeriksaan PCR kembali setelah tiga bulan dari gejala awal muncul. Beberapa orang yang dinyatakan negatif masih memiliki gejala ringan, bisa disebabkan oleh kondisi lain. Misalkan saja mengidap flu.

Sementara beberapa gejala khas COVID-19 seperti anosmia, bisa bertahan hingga berminggu-minggu meski hasil tes sudah negatif.

Hal yang membantumu selama pemulihan COVID-19

Seperti yang sudah disebutkan, meski dinyatakan negatif, seseorang masih bisa kembali tertular, meski jarang terjadi. Namun untuk melindungi diri, kamu tetap perlu melakukan tindak pencegahan.

Tiga pencegahan yang diterapkan adalah memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, kamu juga perlu melakukan:

  • Makan makanan sehat
  • Minum banyak air
  • Beristirahat yang cukup
  • Minum obat membantu mengatasi gejala, jika masih mengalaminya

Demikian beberapa fase penyembuhan covid, dari awal terpapar, isolasi mandiri hingga kemungkinan tertular kembali.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr