Info Sehat

Ciri Tipes Mulai Membaik, Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini!

January 10, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tipes merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa membatasimu dari rutinitas harian. Selain mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan, kamu juga bisa mengenali bagaimana ciri tipes yang mulai membaik.

Nah, untuk lebih mengetahui apa saja ciri-ciri kesembuhan dari penyakit tipes, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Sekilas tentang tipes

Tipes atau tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Gangguan kesehatan ini masih menjadi ancaman di banyak negara berkembang, terutama yang memiliki sistem sanitasi buruk.

Kontaminasi makanan atau minuman terhadap bakteri pemicu merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan seseorang terkena tipes.

Gejala dari tipes biasanya muncul pada rentang satu hingga dua minggu setelah paparan bakteri, ditandai dengan demam tinggi, sakit perut, pusing, dan ruam.

Penyakit tersebut juga bisa membuat penderitanya mudah berkeringat, batuk kering, hilang nafsu makan, nyeri otot, mudah lelah dan lemas, hingga penurunan berat badan yang ekstrem.

Proses penyembuhan tipes

Mengutip Mayo Clinic, kebanyakan pasien penyakit tipes merasakan kondisi lebih baik beberapa hari setelah menjalani pengobatan menggunakan antibiotik.

Namun, sebagian kecil mungkin mengalami komplikasi serius yang dapat berujung pada kematian akibat penanganan yang telat atau tidak tepat.

Vaksin sudah tersedia, meski tidak seluruhnya cukup efektif untuk mencegah infeksi Salmonella. Penggunaan vaksin biasanya ditujukan untuk orang-orang yang memiliki risiko tinggi terpapar dari bepergian ke daerah rawan.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 7 Gejala Tipes pada Anak yang Harus Diwaspadai!

Ciri tipes mulai membaik

Satu pemeriksaan yang digunakan untuk memastikan kesembuhan tipes adalah tes darah, dilakukan untuk mendeteksi apakah Salmonella sudah hilang atau masih ada di dalam tubuh.

Meski begitu, kamu juga bisa mengenali tanda-tanda sembuh dengan beberapa ciri tipes mulai membaik berikut ini:

1. Demam menurun

Ciri tipes mulai membaik yang pertama adalah demam yang semakin menurun. Seperti diketahui, salah satu gejala yang hampir pasti terjadi pada setiap penderita tipes adalah demam tinggi di atas 40.5° Celcius.

Saat zat asing dari luar seperti virus, bakteri, atau parasit masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan melakukan perlawanan untuk membasminya. Efeknya, kamu akan merasakan demam atau kenaikan suhu badan.

Jika temperatur tubuh mulai menurun, ada kemungkinan bahwa bakteri pemicu telah berkurang atau bahkan hilang. Meski untuk lebih pastinya, tes darah perlu dilakukan.

Suhu tubuh normal manusia, seperti dikutip dari Medline, adalah pada rentang 36.1° hingga 37,2° Celcius.

2. Ciri tipes mulai membaik pada saluran pencernaan

Kamu bisa mengenali ciri tipes mulai membaik pada saluran pencernaan. Sebab, selain demam, gejala tipes yang sering kali muncul adalah berbagai masalah pada saluran cerna, seperti nyeri perut, diare, sembelit, dan lainnya.

Selama masa perawatan, gejala tersebut bisa kamu rasakan dengan jelas. Tapi saat kondisinya mulai membaik, masalah pada sistem pencernaan juga akan mereda.

3. Tubuh mulai bertenaga

Saat terserang tipes, tubuh seseorang akan mudah lelah dan mulai lemas seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh gangguan pencernaan (mual dan muntah) yang membuat penyerapan nutrisi menjadi kurang optimal.

Namun, jika gejala pada saluran cerna mulai membaik, tubuh akan kembali mencerna nutrisi seperti sedia kala, termasuk mengubah gula menjadi energi.

Baca Juga: Daftar Antibiotik Obat Tipes di Apotek, Mau Tahu Apa Saja?

Cara untuk mempercepat kesembuhan

Sebenarnya, pengobatan antibiotik sudah cukup untuk penanganan tipes. Hanya saja, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kesembuhannya, seperti:

  • Hindari makanan mentah atau yang dimasak kurang matang
  • Rajin makan sayuran bergizi tinggi, seperti wortel dan kacang panjang
  • Hindari semua produk yang mengandung kafein, terutama kopi
  • Manfaatkan bahan-bahan rumahan seperti bawang putih dan cengkih untuk membantu membasmi bakteri pemicu
  • Cukupi asupan cairan. Air bisa membantu menetralkan suhu tubuh yang meninggi (demam) akibat tipes.

Nah, itulah beberapa ciri tipes mulai membaik dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kesembuhannya. Batasi aktivitasmu dan istirahat yang cukup agar cepat pulih, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Mayo Clinic, diakses 29 Desember 2020, Typhoid fever.
  2. WebMD, diakses 29 Desember 2020, Typhoid Fever.
  3. Medline Plus, diakses 29 Desember 2020, Body temperature norms.
  4. Healthline, diakses 29 Desember 2020, Typhoid Diet: Overview, Foods, and Benefits.
  5. Pharm Easy, diakses 29 Desember 2020, 10 Home Remedies for Typhoid!
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 29 Desember 2020, Mast cells and histamine alter intestinal permeability during malaria parasite infection.

    register-docotr