Info Sehat

12 Ciri-Ciri Kurang Vitamin C, Mudah Memar hingga Naik Berat Badan

July 9, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Skorbut atau scurvy adalah istilah yang digunakan untuk seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C yang parah. Untuk memastikan seseorang terkena kondisi ini, kamu perlu memerhatikan ciri-ciri kurang vitamin C berikut ini.

Ada banyak ciri-ciri kurang vitamin C yang mungkin terjadi. Termasuk lebih mudah memar dan penyembuhan luka yang lebih lama. Untuk lebih memahami kondisi ini, berikut ini adalah daftar dari ciri-ciri yang mungkin saja terjadi.

12 ciri-ciri kurang vitamin C

1. Kulit kasar

Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan jaringan kulit. Kekurangan vitamin C akan menimbulkan masalah pada kulit.

Umumnya kulit akan menjadi kasar dan mengalami keratosis pilaris atau juga dikenal sebagai penyakit kulit ayam. Kulit akan terasa kering dan muncul benjolan kecil seperti jerawat dan keras.

2. Rambut tumbuh tidak normal

Saat mengalami kurang vitamin C, seseorang akan mengalami pertumbuhan rambut tidak normal. Biasanya rambut akan tumbuh bengkok atau melingkar. Ini terjadi karena vitamin C dibutuhkan dalam proses pertumbuhan rambut.

3. Folikel rambut berwarna merah

Folikel rambut pada permukaan kulit memiliki banyak pembuluh darah kecil yang memasok darah dan nutrisi. Saat tubuh kekurangan vitamin C, pembuluh darah menjadi rapuh dan mudah pecah. Akibatnya akan menyebabkan warna merah yang muncul di sekitar folikel rambut.

4. Mudah memar

Memar terjadi saat pembuluh darah di bawah kulit pecah, menyebabkan darah bocor ke daerah sekitarnya. Kekurangan vitamin C bisa membuat kamu mudah mengalami memar.

Karena kekurangan vitamin C dapat berpengaruh pada produksi kolagen. Jika kekurangan kolagen, maka perlindungan kulit pun berkurang. Produksi kolagen yang kurang juga membuat pembuluh darah lemah.

5. Penyembuhan luka yang lebih lama

Kurangnya vitamin C berpengaruh pada pembentukan kolagen, yang bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan jaringan kulit. Karena itu ketika kulit terluka, kekurangan kolagen membuatnya lebih lama untuk sembuh.

Pada kasus kekurangan vitamin C yang parah, bisa mengakibatkan luka lama terbuka kembali dan meningkatkan risiko infeksi. Jika sudah dalam tahap ini, berarti kamu telah mengalami ciri-ciri kurang vitamin C dalam beberapa bulan terakhir.

6. Nyeri dan bengkak pada sendi

Sendi mengandung jaringan ikat yang kaya akan kolagen. Kekurangan vitamin C akan ikut memengaruhi kondisi sendi. Sendi bisa nyeri hingga bengkak.

Dalam kasus yang lebih parah bahkan bisa menyebabkan kesulitan berjalan. Namun ciri-ciri kurang vitamin C ini bisa diobati dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

7. Tulang menjadi lemah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C ikut berperan dalam pembentukan tulang. Sehingga kekurangan vitamin C dapat membuat tulang melemah.

Kekurangan vitamin C juga dapat memengaruhi kesehatan tulang. Tulang bisa menjadi lebih rapuh dan meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis.

8. Gusi berdarah dan masalah gigi

Ini adalah ciri-ciri kurang vitamin C paling umum. Dimulai dari gusi merah, kemudian terjadi pembengkakan hingga berdarah. Ini karena vitamin C memiliki peran dalam menjaga kekuatan jaringan gusi.

Dalam kondisi yang sudah sangat parah, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi busuk. Efeknya akan membuat gigi bermasalah dan dalam kasus tertentu, seseorang bisa kehilangan giginya.

9. Terganggunya sistem kekebalan tubuh

Vitamin C ikut berperan dalam membantu melawan infeksi dan menangkal penyebab penyakit yang masuk dalam tubuh. Kekurangan vitamin C dapat membuat sistem kekebalan tubuh kewalahan mengatasi ancaman dalam tubuh.

Jika sudah di tahap ini, maka orang yang mengalami kekurangan vitamin C akan lebih berisiko mengalami infeksi. Itu juga menandakan, seseorang akan lebih mudah terkena penyakit serius seperti pneumonia.

10. Anemia kekurangan zat besi

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan anemia, karena vitamin C dibutuhkan dalam proses penyerapan zat besi. Selain itu, kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko perdarahan berlebihan, dan ini akan berdampak buruk pada seseorang yang mengalami anemia.

11. Susana hati yang buruk

Kekurangan vitamin C ternyata dapat berpengaruh pada suasana hati atau mood. Kamu akan lebih sering merasakan suasana hati yang kurang baik. Ini akan membuat kamu lebih mudah merasa lelah dan mudah marah. Jika sudah mendapatkan asupan yang memadai, ciri-ciri ini akan menghilang.

12. Kenaikan berat badan yang tidak jelas

Jika tiba-tiba mengalami kenaikan berat, mungkin kamu kekurangan vitamin C. Karena vitamin C ikut berperan dalam mengatur pelepasan lemak. Kekurangan vitamin C sama artinya dengan menumpuk lemak dan umumnya akan menumpuk di bagian perut.

Untuk menghindari munculnya ciri-ciri vitamin C tersebut, kamu perlu memenuhi kebutuhan harian vitamin C. Menurut US National Institutes of Health, setiap harinya wanita dewasa membutuhkan 75 miligram vitamin C dan pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C.

Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, pepaya, kiwi dan ceri. Atau vitamin C yang berasal dari sayuran seperti brokoli dan juga paprika merah.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline diakses 3 Juli 2020 15 Signs and Symptoms of Vitamin C Deficiency 
  2. Healthline diakses 3 Juli 2020 What Is Scurvy? 
  3. Webmd diakses 3 Juli 2020 Signs You’re Low on Vitamin C
    register-docotr