Info Sehat

Hati-Hati Jika Menunjukkan Ciri-Ciri Berikut, Mungkin Kamu Kekurangan Kalsium

August 29, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kekurangan kalsium berisiko menimbulkan masalah kesehatan di segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mengetahui seseorang kekurangan asupan mineral ini atau tidak, kamu bisa mengetahuinya dari ciri-ciri kekurangan kalsium.

Seperti apa ciri-cirinya? Sebelum lebih jauh membahas ciri-ciri kekurangan kalsium, berikut sedikit penjelasan mengenai apa itu kalsium dan manfaatnya bagi tubuh.

Baca Juga: Apa Pentingnya Memenuhi Kalsium untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya!

Apa itu kalsium dan manfaatnya bagi tubuh

Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, karena berperan penting dalam berbagai fungsi dasar tubuh manusia. Dari berbagai fungsi tersebut, kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

Di luar itu, kalsium juga berperan memelihara fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan saraf. Sementara jika digabungkan dengan vitamin D, kalsium memiliki manfaat yang lebih luas lagi. Manfaat tersebut antara lain melindungi tubuh dari risiko kanker, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan kalsium?

Karena kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, maka kekurangan asupan mineral ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang terkait dengan tulang. Selain itu, kurang kalsium juga dapat menyebabkan hipokalemia atau penyakit kekurangan kalsium.

Ciri-ciri kekurangan kalsium dari depresi hingga mudah merasa lelah

Di tahap awal, orang yang mengalami kekurangan kalsium mungkin tidak akan menunjukkan ciri-ciri tertentu. Tapi jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi kesehatan orang tersebut akan menurun dan menunjukkan ciri-ciri sebagai berikut:

Masalah otot

Fungsi otot akan terganggu dan dapat menyebabkan kram, kejang dan juga nyeri otot. Ini adalah ciri-ciri kekurangan kalsium di tahap awal. Biasanya akan dirasakan di bagian paha dan lengan. Nyeri otot juga akan lebih terasa saat orang tersebut berjalan atau bergerak.

Merasa kelelahan

Perasaan lelah, lesu atau seperti kurang energi juga bisa disebabkan karena kekurangan kalsium. Selain itu juga bisa menyebabkan masalah tidur, seperti insomnia. Jika lelah dibiarkan, bisa berkembang menjadi ciri-ciri kekurangan kalsium lain seperti kurang fokus, pusing, dan kebingungan.

Masalah pada kuku dan kulit

Dalam kondisi yang sudah parah, kekurangan kalsium atau sudah di tahap hipokalemia, dapat menyebabkan masalah kuku dan kulit. Kuku menjadi rapuh dan juga kering. Sementara pengaruhnya pada kulit bisa berupa terjadinya gatal, merah pada kulit dan juga timbulnya ruam.

Pre-menstrual syndrome (PMS) yang parah

Sebuah penelitian menunjukkan kondisi kekurangan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan nyeri PMS yang parah. Dalam penelitian disebutkan, bahwa penggunaan suplemen mungkin dapat membantu meringankan nyeri tersebut.

Baca Juga: Kaya akan Kalsium, Manfaat Tempe Bisa Tingkatkan Kesehatan Tulang Lho!

Depresi salah satu ciri-ciri kekurangan kalsium

Meski memiliki peran penting menjaga kesehatan tulang, tapi kalsium juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Seperti dilansir dari Medical News Today, kekurangan kalsium sering dikaitkan dengan masalah mood dan juga depresi.

Masalah gigi

Saat tubuh merasa kekurangan kalsium, maka kandungan kalsium yang ada pada gigi akan diambil sebagai pengganti atau cadangan. Akibatnya, gigi menjadi rapuh dan berisiko mengalami berbagai masalah.

Masalah yang mungkin timbul antara lain akar gigi yang lemah, iritasi pada gigi dan kerusakan gigi. Jika kekurangan kalsium terjadi pada bayi, akan menyebabkan terlambatnya pembentukan gigi.

Masalah tulang

Peran terpenting kalsium adalah menjaga kesehatan tulang, saat tubuh kekurangan kalsium maka masalah tulang pasti akan terjadi. Dua masalah tulang yang umum menjadi ciri-ciri kekurangan kalsium adalah osteopenia dan osteoporosis.

Osteopenia adalah berkurangnya kepadatan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Sementara osteoporosis dapat diartikan sebagai kondisi tulang yang lebih rapuh, dapat menyebabkan masalah postur tubuh atau bahkan bisa menyebabkan cacat pada seseorang.

Karenanya, kamu perlu memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari. Untuk wanita 19-50 tahun setidaknya butuh 1000 mg kalsium per hari dan di atas 51 tahun 1200 mg per hari. Untuk pria 19-70 tahun setidaknya butuh 1000 mg kalsium per hari dan di atas 71 tahun membutuhkan 1200 mg per hari.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Medicalnewstoday diakses 26 Agustus 2020 What happens when calcium levels are low? 
  2. Healthline diakses 26 Agustus 2020 Hypocalcemia (Calcium Deficiency Disease)
  3. Mayoclinic diakses 26 Agustus 2020 Calcium and calcium supplements: Achieving the right balance 
  4. Webmd diakses 26 Agustus 2020 Calcium 
    register-docotr