Info Sehat

Cek Fakta: Benarkah Mencukur Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat?

May 4, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Banyak orang percaya bahwa mencukur bulu bisa membuatnya tumbuh lebih cepat dan lebat. Sayangnya ini adalah kepercayaan yang tidak memiliki dasar ilmiah.

Dilansir dari Mayo Clinic, mencukur rambut tidak bisa mengubah ketebalan, warna, atau kecepatan pertumbuhannya.

Pelajari alasannya, sekaligus cari tahu bagaimana kamu bisa mendapatkan hasil cukur yang lebih baik lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: Perlukah Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir?

Siklus pertumbuhan rambut

Dilansir dari Healthline, diperlukan waktu sekitar 1 bulan untuk rambut tubuh mencapai panjangnya secara sempurna. Inilah mengapa rambut tubuh jauh lebih pendek daripada rambut di kepala kamu.

Rambut sendiri berawal dari folikel rambut, yang terletak di bawah kulit. Akarnya terbentuk dengan bantuan protein dan darah. Saat rambut terbentuk dari akarnya, ia melewati folikel serta kelenjar sebaceous.

Sebum (minyak) yang diproduksi di kelenjar membantu melumasi rambut saat tumbuh. Setelah rambut keluar dari permukaan kulit, sel-selnya kemudian mati.

Saat bercukur, kamu mengiris rambut mati di permukaan kulit. Karena mencukur tidak menghilangkan rambut di bawah kulit seperti metode penghilangan rambut lainnya, maka kamu tidak mungkin memengaruhi warna, ketebalan, atau kecepatan pertumbuhannya.

Mengapa mitos ini banyak dipercaya?

Mencukur rambut wajah atau tubuh pada intinya bukan berarti menghilangkannya sama sekali. Tindakan ini sebenarnya hanya memberi rambut ujung yang tumpul. Ujungnya mungkin terasa kasar atau “kaku” untuk sementara waktu saat tumbuh.

Selama fase ini, rambut mungkin lebih terlihat gelap atau tebal, tetapi sebenarnya tidak. Inilah yang kemungkinan besar membuat banyak orang merasa mencukur rambut bisa membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan lebat.

Selain itu, rambut baru juga mungkin terlihat lebih gelap karena belum terpapar elemen alami seperti paparan sinar matahari, sabun, dan bahan kimia lainnya yang dapat mencerahkan warnanya.

Warna gelap dari pertumbuhan rambut mungkin juga terlihat lebih gelap, karena keberadaannya yang kontras dengan warna kulitmu yang cerah.

Bagaimana cara mencukur yang benar

Untuk mendapatkan hasil pencukuran yang aman dan benar, ikuti langkah-langkah mencukur rambut berikut:

  1. Basahi kulit terlebih dahulu.
  2. Oleskan gel atau losion cukur untuk membantu melindungi kulit dari luka.
  3. Cukurlah dengan arah pertumbuhan rambut alami, bukan berlawanan.
  4. Hindari mencukur terlalu cepat atau menekan pisau cukur terlalu keras ke kulit.
  5. Gunakan pisau cukur sekali pakai atau pisau baru. Pisau cukur yang tumpul dapat menyebabkan iritasi dan luka.
  6. Bilas kulit dengan air dingin untuk mengurangi peradangan dan iritasi.
  7. Oleskan pelembab atau losion aftershave.

Baik saat kamu mencukur wajah, kaki, atau bagian tubuh lainnya, ada kiat yang perlu dipertimbangkan guna membantu kamu mendapatkan hasil pencukuran yang terbaik dengan efek samping yang lebih sedikit.

Wajah

Saat mencukur wajah, cuci terlebih dahulu sebelum mengoleskan gel atau krim cukur. Kamu juga bisa menggunakan sabun. Pastikan untuk mengusapkan pisau cukur dengan lembut ke kulit searah tumbuhnya rambut.

Tangan dan kaki

Lengan dan kaki adalah ruang yang lebih besar yang dapat memiliki lebih banyak lekukan, ini membuatnya lebih rentan terhadap goresan dan luka.

Jadi saat mencukur lengan dan kaki, kamu dapat mencegah rambut dan jerawat yang tumbuh ke dalam dengan melakukan pengelupasan terlebih dahulu.

Kamu juga bisa menggunakan gel mandi pengelupas ringan, loofah, atau bahkan waslap untuk hal tersebut.

Ketiak

Penghilangan bulu ketiak melalui pencukuran mungkin memerlukan beberapa kali gerakan karena arah pertumbuhan rambut yang berbeda di bagian tubuh ini.

Untuk hasil terbaik, cukur sesuai dan berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut. Kamu juga bisa menggeser pisau cukur dari sisi ke sisi.

Selangkangan

Mencukur area selangkangan membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam, potongan, dan tanda iritasi lainnya. Sebaiknya gunakan pisau cukur baru setiap kali mencukur bagian tubuh ini.

Bilas juga pisau cukur dengan setiap gerakan. Rambut kemaluan lebih kasar sehingga dapat menyumbat bilah pisau cukur dengan lebih cepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic diakses pada 3 Mei 2021

Healthline diakses pada 3 Mei 2021

Clinic Ana diakses pada 3 Mei 2021

    register-docotr