Info Sehat

4 Cara Minum Madu yang Tepat untuk Mendapat Khasiat Terbaiknya

December 22, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Dikenal sebagai cairan kental yang menyehatkan, madu sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Hanya saja, untuk mendapat berbagai khasiatnya secara optimal, kamu perlu tahu cara minum madu yang tepat.

Nah, untuk mengetahui cara minum madu yang benar dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Sekilas tentang madu

Madu adalah cairan manis yang dihasilkan oleh lebah menggunakan nektar dari bunga. Jenis bunga pun memengaruhi rasa madu. Dikutip dari Medical News Today, madu memiliki kadar monosakarida, fruktosa, dan glukosa yang tinggi.

Berikut beberapa komposisi dari kandungan yang ada pada madu:

  • Fruktosa 38,2 persen
  • Maltosa 7,1 persen
  • Glukosa 31,3 persen
  • Air 17,2 persen

Tingkat pH madu yang sedikit lebih asam dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Sedangkan unsur antioksidannya mampu membantu membersihkan radikal bebas yang kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit.

Berbagai manfaat madu

Madu sering digunakan sebagai alternatif pemanis pengganti gula untuk makanan atau minuman. Selain memiliki rasa manis yang khas, madu juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan pencegahan penyakit, di antaranya:

  • Menyembuhkan luka
  • Mengatasi diare
  • Mencegah naiknya asam lambung
  • Membantu tubuh melawan infeksi
  • Meredakan gejala flu dan batuk
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menekan kadar kolesterol jahat
  • Menurunkan kadar lemak darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meredakan stres
  • Mengatasi gangguan tidur
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengatasi bau mulut dan sakit gigi
  • Membantu meredakan gejala asma
  • Membantu meredakan gejala radang sendi.

Baca juga: Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Cara minum madu yang tepat

Meski memiliki banyak manfaat, ada baiknya kamu tetap memerhatikan bagaimana cara minum madu yang benar. Sebab, hal tersebut berpengaruh pada cara kerja dan khasiat yang akan dihasilkan.

Berikut beberapa cara minum madu yang dapat kamu terapkan:

1. Jangan panaskan langsung

Cara minum madu yang pertama adalah tidak langsung memanaskannya di atas api. Menurut Prof. John Skinner, seorang pakar Entomologi dan Patologi tumbuhan di University of Tennessee, paparan panas langsung bisa merusak kandungan yang dimiliki madu.

Panas berlebihan bisa menurunkan nilai gizi madu. Pemanasan hingga 37° Celcius dapat menghilangkan hampir 200 komponen, yang sebagian besarnya adalah zat antibakteri. Begitu juga paparan suhu di atas 40° Celcius, bisa menghancurkan invertase, salah satu enzim penting.

2. Cara minum madu dengan perhatikan kadarnya

Meski punya banyak khasiat, madu bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh, lho. Sebab, mengutip Medical News Today, madu masih memiliki kandungan gula yang jumlahnya tidak sedikit. Maka dari itu, penting untuk memerhatikan asupannya.

Wanita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi madu di atas 100 kalori per hari, setara dua sendok makan. Sedangkan pria, tidak melebihi 150 kalori per hari, atau setara dengan tiga sendok makan.

3. Minum saat perut kosong

Sebenarnya, tak ada aturan khusus kapan seharusnya kamu mengonsumsi madu. Hanya saja, meminumnya saat perut kosong dipercaya dapat mengoptimalkan penyerapan dan proses pencernaan nutrisi yang ada pada madu.

Menurut sebuah publikasi, penyerapan yang optimal dari madu bisa membantu mengatasi dan meredakan gejala berbagai masalah yang ada pada sistem pencernaan, seperti mempersingkat durasi diare dan menurunkan kadar asam lambung yang meningkat.

4. Cara minum madu menggunakan sendok bersih

Cara minum madu yang terakhir adalah gunakan sendok bersih untuk memindahkannya dari wadah penyimpanan pada gelas atau tempat lain. Ini penting, karena agar madu tidak terkontaminasi dengan kuman atau bakteri yang dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.

Banyak orang berpendapat bahwa sebaiknya menggunakan sendok plastik untuk mengambil atau mengaduk madu. Sebab, sendok logam dipercaya bisa menciptakan reaksi khusus ketika tersentuh madu yang bersifat asam.

Anggapan tersebut hanyalah mitos. Dikutip dari Honey City, kamu bisa menggunakan sendok apapun untuk mengambil dan mengaduk madu, termasuk sendok logam atau metal. Mencelupkan sendok tersebut beberapa detik ke dalam madu tidak akan menimbulkan reaksi apapun.

Nah, itulah empat cara minum madu yang bisa kamu terapkan untuk mendapat khasiat terbaiknya. Agar tak merasakan efek buruk, tetap ingat batasan maksimal konsumsi madu seperti yang telah disebutkan di atas, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Medical News Today, diakses 8 Desember 2020, Everything you need to know about honey.
  2. Medical News Today, diakses 8 Desember 2020, Honey: Health Benefits, Uses and Risks.
  3. Healthline, diakses 8 Desember 2020, 10 Surprising Health Benefits of Honey.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 8 Desember 2020, Antiulcer Effect of Honey in Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs Induced Gastric Ulcer Model in Rats: A Systematic Review.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 8 Desember 2020, Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research.
  6. Honey City, diakses 8 Desember 2020, How to eat Manuka Honey correctly?
  7. BeeHealth.org, diakses 8 Desember 2020, At what temperature does honey have to be heated too, too destroy the health benefits for humans?

    register-docotr