Info Sehat

Ini Lho Cara Simpan Buah Agar Tahan Lama dan Awet

July 29, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mengetahui cara menyimpan buah yang baik bukan hanya agar buah tersebut tahan lama, tapi juga mencegahnya menjadi sumber patogen. Bakteri seperti listeria dan salmonella dapat mengontaminasi buah yang tidak disimpan dengan baik.

Kamu tentu pernah menemukan buah yang kamu simpan selama berhari-hari ternyata berubah rupa dan rasa, bukan? Nah, untuk mencegah hal tersebut, yuk simak penjelasan berikut ini.

Jangan dibersihkan

Beberapa produk buah yang kamu beli melewati jalan panjang dari pohon dan kebun asalnya, perjalanan panjang itu membuatnya rentan terhadap kontaminasi bakteri yang merugikan dan kontaminan lainnya.

Untuk menghindari kontaminan berbahaya, kamu pasti akan mencuci buah sebelum mengonsumsinya. Tapi ingat, cara menyimpan buah agar tahan lama justru mengharuskan kamu untuk tidak mencucinya.

Karena kalau kamu mencucinya sebelum menyimpan, maka kelembapan buah yang berlebih akan menyebabkan kesegaran buah cepat hilang. Tunggu hingga kamu siap untuk memakannya, barulah buah itu dicuci.

Dan saat mencucinya, jangan menggunakan sikat atau alat untuk membersihkannya. Dan kalau buah yang akan kamu konsumsi menggunakan lapisan lilin, cukup gosok lapisan pelindung itu setelah buahnya kamu cuci.

Menaruhnya di kulkas

Memasukan ke kulkas adalah salah satu cara menyimpan buah agar tahan lama. Beberapa buah seperti apel, berry dan anggur akan menjadi lebih tahan lama apabila kamu menyimpan dengan kemasan aslinya di dalam tempat penyimpanan buah di kulkas.

Kamu bisa menggunakan kantong plastik yang memiliki sedikit bukaan atau ventilasi sebagai wadah penyimpanan di dalam kulkas. Penggunaan kantong ini dapat membuat buah seperti anggur, blueberry, cherry atau strawberry bisa melepaskan sedikit kelembapan.

Simpan di lemari pembeku

Hampir semua buah dapat disimpan di dalam lemari pembeku di dalam kulkas. Pembekuan dapat merubah tekstur dari banyak buah, tapi secara umum tetap mempertahankan rasa, nutrisi dan manfaat buah itu bagi kesehatan.

Menggunakan lemari pembeku sebagai cara menyimpan buah agar tetap segar bisa kamu terapkan untuk buah-buah musiman. Dengan demikian, kamu tetap bisa memakan buah ini sekalipun musimnya telah lewat.

Untuk menyimpannya di lemari pembeku, jangan lupa juga untuk menggunakan wadah kedap udara, pastikan juga untuk mengupas buahnya terlebih dahulu, karena buah akan sulit dikupas atau pengupasannya jadi tidak sempurna saat diekeluarkan dari lemari pembeku.

Simpan di tempat kering 

Cara terbaik menyimpan buah yang tidak dikupas agar tahan lama ialah menggunakan wadah atau tempat yang kering. Buah yang cocok disimpan di tempat seperti ini adalah pisang.

Menyimpan di dalam kulkas memang dapat memperlambat proses pembusukan dari buah, tapi bagi kamu yang enggan menyimpannya di dalam kulkas. Maka harus pastikan wadah atau tempat penyimpanan kamu kering supaya buah tidak cepat membusuk.

Jenis buah dan penyimpanannya

Berikut ini adalah tempat dan cara menyimpan masing-masing buah agar tahan lama:

  • Apel: buah ini adalah penghasil gas etilena, karena itu, simpan apel di tempat yang terpisah dari buah lain. Apel bisa disimpan di tempat kering hingga satu minggu atau di kulkas selama lebih dari seminggu
  • Alpokat: kupas terlebih dahulu untuk kemudian disimpan di dalam kulkas. Batas penyimpanan alpokat di dalam kulkas adalah 3 hingga 5 hari
  • Pisang: jika pisang masih hijau atau belum terlalu matang, biarkan saja taruh di tempat kering dan biarkan dia matang dengan sendirinya
  • Aneka berry: blueberry, blackberry, strawberry dan raspberry adalah buah dengan kulit tipis sehingga jangan dicuci terlebih dahulu sebelum kamu siap untuk memakannya. Simpan jenis buah ini di dalam kulkas dalam wadah kering dan tertutup
  • Cherry dan anggur: simpan di dalam kulkas tanpa perlu dicuci terlebih dahulu, tetap simpan di dalam kemasan plastik mereka sampai kamu siap untuk mencuci dan mengonsumsinya
  • Buah citrus: perpanjang kesegaran buah jeruk-jerukan dengan menyimpannya di tempat penyimpanan buah di kulkas
  • Melon-melonan: simpan buah blewah dan melon di kulkas, bahkan sebelum kamu memotongnya. Sementara untuk semangka, taruh di tempat yang gelap dan kering jauh dari buah lain

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 26 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/food-safety-fruits-vegetables
  2. Unlockfood.ca (2020) diakses 26 Juli 2020. https://www.unlockfood.ca/en/Articles/Cooking-Food-Preparation/How-to-store-fruit-to-keep-them-fresh.aspx
  3. Heart.org (2018) diakses 26 Juli 2020. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/add-color/keep-fruits–vegetables-fresher-longer
    register-docotr