Info Sehat

10 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat yang Ampuh dan Aman

June 26, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Meski merasa sudah cukup tidur, kadang rasa kantuk atau ngantuk datang menghampiri di siang hari. Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk menghilangkan ngantuk agar kinerja bisa optimal kembali.

Mulai dari asupan kafein, penataan meja kerja atau meja belajar yang tepat, hingga power nap. Kalau kamu termasuk yang sering mengalami ngantuk di siang hari, langsung saja simak tips di bawah ini.

1. Asupan kafein

Jika ngantuk sudah terasa begitu hebat, coba untuk pergi minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Kafein adalah stimulan, artinya ia bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Dengan begitu kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja mental, dan membantu kamu melawan rasa kantuk. Namun, jangan berlebihan ya!

Minum terlalu banyak kafein dapat merangsang tubuh secara berlebihan dan membuat kamu merasa gelisah, hal ini justru mungkin memengaruhi tingkat produktivitas kamu.

2. Power Nap

Terkadang, menutup mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kantuk di siang hari. Jika kamu harus memejamkan mata, tidur lah sebentar sebentar saat jam istirahat makan siang.

Tidur siang selama 15 atau 30 menit mungkin memberi kamu cukup energi untuk menyelesaikan aktivitas hari itu. Jangan lupa mengatur alarm agar tidak kebablasan ya.

3. Pastikan dapat cukup cahaya

Jika kamu bekerja atau belajar di ruang tertutup, coba buka jendela atau tirai dan biarkan cahaya alami masuk. Sinar matahari dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan energi kamu.

Apabila tak ada jendela, kamu bisa menggunakan lightbox dan letakkan di dekat meja. Lightbox memancarkan cahaya UV tingkat rendah dan membantu mengatur siklus bangun kamu sehingga kamu tidak terlalu mengantuk. 

4. Asupan air cukup

Kelelahan atau ngantuk terkadang merupakan tanda dehidrasi. Selain menghabiskan energi, dehidrasi juga bisa mengganggu fungsi kognitif dan membuat proses berpikir makin sulit.

Berdasarkan sebuah studi, tingkat dehidrasi ringan hingga sedang dapat merusak ingatan jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi.

Maka dari itu penting untuk memastikan kalau kamu mendapat asupan air yang cukup ya. Kamu bisa gunakan bantuan alarm agar tak lupa minum.

5. Tetap bergerak

Jika kamu harus bekerja atau belajar di meja khusus, maka jangan lupa sempatkan untuk berdiri dan bergerak. Coba untuk bangun dari posisi duduk kamu dan berjalan-jalan agar darah dapat mengalir.

Apabila tak memungkinkan untuk berjalan-jalan, kamu juga bisa kok melakukan beberapa gerakan peregangan di meja kerja atau meja belajar. Bahkan tutorialnya ada banyak di YouTube.

Baca juga: Tahukah Kamu, Makanan Ini Baik Dikonsumsi setelah Olahraga untuk Memulihkan Otot?

6. Makan siang yang ringan dan sehat

Kalau kamu mengantuk di siang hari, jangan pilih menu makan siang yang terlalu berat karena justru bisa memperparah rasa ngantuk kamu. Hindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih dan pasta putih.

Pastikan setiap makan mengandung protein, karbohidrat kompleks, dan sumber lemak sehat. Berikut beberapa contoh asupan yang bisa kamu coba:

  • Protein: ikan putih seperti nila, lentil, kacang, daging unggas, selai kacang, tahu, daging sapi tanpa lemak, telur, yogurt
  • Karbohidrat kompleks: buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, gandum, beras merah, roti gandum
  • Lemak sehat: alpukat, salmon, telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kelapa, selai kacang

7. Istirahatkan mata kamu

Cara menghilangkan ngantuk selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan mata. Ngantuk bisa saja disebabkan oleh mata kamu yang terlalu lelah memandang layar gadget.

Terus-menerus menatap layar komputer secara konstan dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk kantuk serta kelelahan  Berpalinglah dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk menenangkan mata.

8. Mendengarkan musik

Suka melakukan aktivitas sambil mendengarkan playlist di HP kamu? Jika iya, pilihlah playlist lagu yang tepat.

Pilihlah lagu dengan tempo cepat atau up beat yang bisa membangkitkan suasana hatimu. Bukan lagu slow yang justru terdengar seperti lagu pengantar tidur.

9. Cuci muka

Jika ngantuk memang sudah tak tertahan, cuci muka mungkin bisa jadi cara menghilangkan kantuk yang ampuh.

Pergilah ke toilet dan percikkan air dingin ke wajah kamu. Udara dingin di wajah dapat meningkatkan kewaspadaan kamu.

10. Pastikan tidur malam kamu berkualitas

Penyebab ngantuk di siang hari paling umum adalah kualitas tidur pada malam hari yang buruk. Tidur memainkan peran penting dalam memelihara suasana hati, perhatian, motivasi, dan memori.

Faktanya, menjadikan tidur sebagai prioritas baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, mungkin merupakan cara paling efektif untuk tetap waspada di siang hari.

Luangkan waktu untuk tidur siang, dan patuhi jadwal tidur teratur untuk membantu mempermudah aktivitas kamu di siang hari.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 22 Juni 2020. Hacks for Managing Daytime Sleepiness at Work

Healthline. Diakses pada 22 Juni 2020. 9 Ways to Stay Awake While Studying

WebMD. Diakses pada 22 Juni 2020. How to Stay Awake Naturally

    Berita Terkait
    register-docotr