Info Sehat

Tidak Percaya Diri dengan Double Chin? Ini Cara Menghilangkan Lemak di Dagu

January 20, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Lemak di dagu bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari elastisitas kulit yang berkurang hingga pola makan yang salah. Tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan lemak di dagu agar penampilanmu tetap terjaga. Yuk simak!

Baca juga: Harus Dihindari, Ini Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Secara Bersamaan

Apa itu double chin?

Double chin adalah suatu kondisi yang terjadi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu. Double chin seringkali dikaitkan dengan penambahan berat badan. Namun, terdapat beberapa faktor lain yang juga dapat berkontibusi terhadap kondisi ini.

Melansir dari laman Medical News Today berikut ini adalah penyebab double chin.

  • Genetik
  • Berkurangnya elastisitas kulit akibat penuaan
  • Pola makan yang salah, misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, makanan olahan, atau makanan yang mengandung lemak tidak sehat
  • Postur tubuh yang bisa melemahkan otot leher dan dagu

Cara menghilangkan lemak di dagu

Kadangkala, double chin dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Namun, ada banyak cara menghilangkan lemak di dagu yang perlu kamu ketahui, salah satunya adalah dengan melakukan latihan tertentu.

Meskipun demikian, belum ada bukti ilmiah bahwa latihan pada dagu dapat menghilangkan double chin. Akan tetapi, latihan ini menargetkan otot leher dan wajah, yang mungkin dapat membantu membakar lemak di sekitar area tersebut.

Nah, berikut ini adalah beragam cara menghilangkan lemak di dagu.

1. Menjulurkan lidah

Gerakan menjulurkan lidah. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com/

Gerakan ini dapat membantu memperkuat otot di dagu, leher, serta wajah. Cara menghilangkan lemak di dagu ini pun sangat mudah.

  • Kamu dapat melakukan gerakan ini dengan duduk atau berdiri
  • Pastikan postur tubuh rileks
  • Membuka mulut sambil menjulurkan lidah sejauh yang kamu bisa
  • Tahan posisi tersebut selama 10 detik. Jika dilakukan dengan benar, otot leher, dagu, serta rahang dapat terasa mengencang
  • Kemudian, kembali ke posisi awal
  • Kamu dapat mengulangi latihan ini sebanyak 10 kali

2. Menghadapkan kepala ke langit-langit

Gerakan menghadapkan kepala ke langit-langit. Sumber foto: https://tiphero.com/

Ini merupakan cara mudah selanjutnya untuk menghilangkan double chin.

  • Berdiri tegak, pastikan lengan dan bahu rileks
  • Posisikan kepala menghadap ke langit-langit, kemudian kerutkan bibir seolah-olah sedang mencium langit
  • Tahan posisi tersebut selama 5-20 detik, kemudian rileks
  • Kamu dapat mengulanginya sebanyak 10 hingga 15 kali per set

3. The ball squeeze

The ball squeeze. Sumber foto: https://www.thesun.co.uk/

Bola yang digunakan untuk latihan ini dapat memiliki ukuran antara 5 hingga 10 inci dan harus elastis. Gerakan ini paling baik dilakukan pada posisi duduk diikuti dengan posisi punggung yang lurus serta bahu yang rileks.

  • Letakkan bola di bawah dagu
  • Tekan bola dengan menggunakan dagu secara perlahan
  • Kamu dapat melakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 30 kali

4. Mengunyah permen karet

Meskipun tidak memiliki efek yang signifikan, mengunyah permen karet bisa dilakukan jika kamu ingin menghilangkan double chin dengan berbagai cara.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet setelah makan merasa lebih puas dengan apa yang telah mereka makan, sehingga dapat mengurangi konsumsi camilan tambahan.

Mengunyah permen karet adalah latihan ringan untuk otot wajah, terutama rahang. Sehingga, mengunyah permen karet mungkin saja dapat berkontribusi untuk menghilangkan lemak di dagu secara keseluruhan.

Namun, ini harus dibarengi dengan cara menghilangkan lemak di dagu lainnya.

Baca juga: Teknik Pernapasan untuk Turunkan Berat Badan, Begini Caranya!

5. Mengadopsi pola makan sehat dan berolahraga

Jika double chin disebabkan karena penambahan berat badan, menjalani diet sehat dapat mengurangi tampilan double chin. Tak hanya itu, berolahraga secara teratur juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah beberapa panduan diet sehat untuk menghilangkan lemak di dagu.

  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Batasi konsumsi makanan olahan
  • Hindari gorengan
  • Mengurangi asupan gula
  • Mengonsumsi produk susu rendah lemak

Tak hanya itu, kamu juga perlu memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Sebab, minum cukup air putih dapat membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh.

Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang minum air mineral sebelum makan memiliki penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan yang tidak.

Cara menghilangkan lemak di dagu dengan prosedur medis

Terdapat beberapa prosedur invasif sebagai cara menghilangkan lemak di dagu. Tetapi, ini tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Beberapa perrosedur yang digunakan untuk menghilangkan lemak di dagu di antaranya adalah.

1. Mesoterapi

Prosedur ini dilakukan dengan cara menyuntikan vitamin, enzim, hormon, serta ekstrak untuk meremajakan sekaligus mengencangkan kulit. Di sisi lain, mesoterapi juga dapat membantu menghilangkan lemak berlebih.

Jika dilakukan dengan praktisi profesional, risiko efek samping dari prosedur ini dapat dikatakan rendah. Beberapa efek samping dari mesoterapi di antaranya adalah mual, pembengkakan, nyeri atau kemerahan pada area yang di suntik.

2. Sedot lemak

Liposuction alias sedot lemak adalah prosedur yang bertujuan untuk menghilangkan lemak di bawah kulit serta membentuk kontur dagu dan leher. Pada prosedur ini anestesi lokal biasanya dibutuhkan.

3. Face-lift

Face-lift adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan lemak dan kulit kendur. Biasanya prosedur ini melibatkan anestesi umum, tetapi tidak menutup kemungkinan dilakukan dengan anestesi lokal.

4. Neck-lift

Cara lain menghilangkan lemak di dagu adalah dengan neck-lift. Prosedur ini bertujuan untuk menghilangkan kulit berlebih (cervicoplasty) atau mengencangkan otot leher (platysmaplasty). Ini dilakukan untuk memperbaiki kontur leher ataupun dagu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan lemak di dagu. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar masalah ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 08 Januari 2021. How Can I Get Rid of My Double Chin? 

Healthline (2018). Diakses pada 08 Januari 2021. What Is Mesotherapy? 

John Hopkins Medicine. Diakses pada 08 Januari 2021. Double Chin Surgery: What You Need to Know 

Medical News Today (2020). Diakses pada 08 Januari 2021. How to get rid of a double chin? 

Dennis, Elizabeth A, Ana Laura Dengo (2009). Water Consumption Increases Weight Loss During a Hypocaloric Diet Intervention in Middle-aged and Older adults. NCBI (diakses pada 08 Januari 2021)

Hetherington, Marion M, dan Martin F Regan (2011). Effects of chewing gum on short-term appetite regulation in moderately restrained eaters. NIH (diakses pada 08 Januari 2021)

 

    register-docotr