Info Sehat

Penting, Ini 4 Cara Sederhana Keluarkan Racun Dalam Tubuh

December 20, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selalu ada cara bagi racun mengendap dalam tubuh. Baik dari makanan, sisa metabolisme hingga paparan dari lingkungan. Untuk itu, mengetahui cara mengeluarkan racun dalam tubuh menjadi penting demi kesehatan.

Situs kesehatan Healthline menyebut langkah-langkah ini dengan detoksifikasi. Adapun racun yang dimaksud di sini adalah polutan, zat kimia sintetis, logam berat hingga makanan olahan.

Cara mengeluarkan racun dalam tubuh

Kamu mungkin sudah pernah mendengar berbagai cara untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melibatkan berbagai langkah. Di antaranya menggunakan laksatif, obat diuretik, vitamin, mineral, teh hingga makanan yang memiliki komponen untuk detoksifikasi.

Namun ternyata tubuh manusia sudah memiliki cara canggih untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mekanisme alami ini melibatkan fungsi dari organ-organ seperti lever, ginjal, sistem pencernaan, kulit hingga paru-paru.

Untuk itu, berikut ini adalah cara memaksimalkan pengeluaran racun dalam tubuh:

1. Perbanyak minum air putih

Air putih tidak hanya melegakan dahaga saja. Selebihnya, air putih dapat mengatur suhu tubuh, memberikan pelumas pada sendi, membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menyebut minum air putih sebagai cara detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Racun-racun yang dimaksud peneliti adalah segala sampah dari hasil metabolisme tubuh dalam wujud urea dan karbon dioksida. Jika dibiarkan saja, maka sampah-sampah ini akan menumpuk di dalam darah dan membahayakan kesehatan.

Sampah ini akan dialirkan ke luar tubuh melalui urine, pernapasan hingga keringat. Semuanya ini dapat berjalan baik kalau tingkat hidrasi kamu baik. Untuk memastikan hal itu, maka perbanyaklah minum air putih.

2. Jangan remehkan tidur

Memastikan tubuh mendapat tidur yang cukup dan berkualitas tiap malam bisa jadi satu cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh, lho! Hal ini demi membantu sistem detoksifikasi alami yang dijalankan tubuh ketika sedang terlelap.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 di Amerika Serikat menyebut tidur merupakan cara otak untuk mengatur dan mengisi ulang daya tubuh. Tidur pun menjadi satu proses yang diperlukan untuk menyingkirkan racun yang masuk ke tubuh dan terakumulasi sepanjang hari.

Sementara kalau kamu kurang tidur, beberapa masalah kesehatan dapat terjadi. Seperti stres, cemas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung diabetes tipe 2 hingga obesitas.

Penelitian Sleep Research Society menyebut setidaknya kamu membutuhkan tidur selama tujuh hingga sembilan jam demi kesehatan.

3. Makan makanan tinggi antioksidan

Kamu tentu sudah tahu kalau apa yang kamu makan akan memengaruhi kesehatan. Nah, memilih makanan tinggi antioksidan juga bisa jadi cara tepat untuk menyingkirkan racun dalam tubuh, lho.

Antioksidan berfungsi melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan racun yang disebut radikal bebas. Umumnya, salah satu kondisi yang disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh adalah stres oksidatif.

Radikal bebas ini dihasilkan secara alami oleh tubuh, tapi molekul ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol, merokok, makanan yang tidak sehat hingga paparan polutan.

Situs kesehatan Healthline menyebutkan makanan berikut ini mengandung antioksidan tinggi, yaitu:

  • Cokelat hitam
  • Kacang pecan
  • Blueberry
  • Strawberry
  • Artichoke
  • Goji berry
  • Raspberry
  • Kale
  • Kol merah
  • Kacang-kacangan
  • Buah bit
  • Bayam

4. Olahraga

Menjaga tubuh tetap aktif juga menjadi cara sederhana untuk menyingkirkan racun dalam tubuh. Karena itu, jangan malas untuk berolahraga, ya! Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ISRN Cardiology bahkan menyebut kalau olahraga dapat menjaga masa hidup lebih lama. 

Salah satu manfaat kesehatan dari olahraga adalah mengurangi inflamasi yang terdapat di dalam tubuh. Pengurangan inflamasi ini juga merupakan satu sistem detoksifikasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berdasarkan panduan kesehatan yang dikeluarkan oleh Department of Health and Human Services Amerika Serikat, disebutkan kalau kamu membutuhkan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 150-300 menit per minggu atau 75-100 menit untuk olahraga berat (berlari).

Demikianlah berbagai cara mengeluarkan racun dalam tubuh yang perlu kamu pahami dan patut dicoba. Selalu jaga kesehatan tubuh, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 11 Desember 2020. Full Body Detox: 9 Ways to Rejuvenate Your Body
  2. Healthline, diakses 11 Desember 2020. 12 Healthy Foods High in Antioxidants
  3. US National Library of Medicine, diakses 11 Desember 2020. Dietary water affects human skin hydration and biomechanics
  4. US National Library of Medicine, diakses 11 Desember 2020. The Neuroprotective Aspects of Sleep
  5. US National Library of Medicine, diakses 11 Desember 2020. Recommended Amount of Sleep for a Healthy Adult: A Joint Consensus Statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society
  6. US National Library of Medicine, diakses 11 Desember 2020. Physical Activity, Health Benefits, and Mortality Risk
  7. US Department of Health and Human Services, diakses 11 Desember 2020. Physical Activity Guidelines for Americans
    register-docotr