Info Sehat

Jangan Panik! Simak 9 Cara Mengatasi Tersedak Duri Ikan Berikut Ini

September 20, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Cara mengatasi tersedak duri ikan bisa dilakukan dengan berbagai metode tanpa intervensi medis dan hanya menggunakan bahan-bahan rumahan.

Kondisi tersedak duri ikan biasanya terjadi saat kamu mengonsumsi ikan tanpa memerhatikan keberadaan tulangnya. Apabila tersedak, biasanya kamu akan mengalami rasa nyeri dan tidak nyaman pada tenggorokan.

Baca Juga: Agar Gizinya Tidak Hilang, Begini Cara Memasak Ikan yang Benar

Cara mengatasi tersedak duri ikan

Agar kamu bisa kembali nyaman, ada beberapa cara dan metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi tersedak duri ikan. Melansir dari laman Healthline.com, berikut beberapa di antaranya:

1. Jangan panik

Salah satu cara paling awal mengatasi kondisi tersedak duri ikan adalah jangan panik. Saat kamu tersedak, berusahalah untuk tidak panik dan mencoba mencari bantuan. Jika tenggorokan kamu tidak terlalu sakit, kamu bisa mengatasi duri ikan tersebut secara perlahan.

2. Didiamkan saja

Melansir dari healthcare.utah.edu, Dr. Troy Madsen dari University of Utah Health mengatakan bahwa terkadang, banyak orang yang merasakan dirinya tersedak duri ikan, namun padahal tidak. 

Perasaan ini muncul karena duri dari tulang ikan yang tertelan biasanya akan menyebabkan goresan yang menimbulkan luka pada bagian belakang tenggorokan.

Rasa sakit pada tenggorokan akibat goresan duri ikan tersebut biasanya salah diartikan sebagai kondisi tenggorokan yang tersedak duri ikan. Padahal, duri ikan tersebut sudah tertelan dan masuk ke dalam perut.

Namun, apabila kamu mengalami kondisi kesulitan bernapas, atau rasa sakit pada tenggorokan yang sangat kuat, maka segeralah menuju rumah sakit terdekat.

3. Batuk yang keras

Pada banyak kasus, cara mengatasi tersedak duri ikan bisa dilakukan dengan cara sengaja batuk untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan.

Karena terkadang, sebagian besar duri ikan tersebut tersangkut tepat di belakang tenggorokan di sekitar daerah amandel berada. Melakukan beberapa kali batuk dengan kuat dipercaya mampu menghilangkan duri tersebut.

4. Cara mengatasi tersedak duri ikan dengan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelumas alami yang mampu mengatasi kondisi apabila kamu tersedak duri ikan. Kamu bisa mencoba untuk menelan menelan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun secara langsung. Minyak zaitun mampu melapisi lapisan tenggorokan kamu dan duri yang tersangkut tersebut. Akibatnya, duri ikan menjadi lebih mudah untuk tertelan.

5. Minum minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi telah dipercaya sejak lama keampuhannya sebagai cara mengatasi tersedak duri ikan. Beberapa praktisi kesehatan percaya bahwa saat soda masuk ke dalam perut, soda tersebut akan melepaskan gas.

Gas yang dilepaskan ini dapat membantu menghancurkan duri dan membuat tekanan yang dapat melepaskan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan.

6. Mengunyah marshmallow

Kamu bisa menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan dengan cara mengunyah marshmallow secukupnya hingga marshmallow menjadi lembut.

Setelah itu marshmallow yang tadi kamu kunyah bisa kamu telan dalam satu kali tegukan. Zat yang lengket dan manis pada marshmallow dipercaya mampu menangkap dan membawa duri ke dalam perut.

7. Makan pisang

Sama seperti marshmallow, pisang memiliki kemampuan melarutkan duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan dan membawa duri yang tertempel pada pisang melaju masuk ke dalam perut.

Kamu bisa menggigit pisang dengan satu gigitan besar lalu tahan di mulut sekitar satu menit agar air liur terserap oleh pisang. Setelah itu langsung ditelan tanpa dikunyah.

8. Konsumsi roti dengan selai kacang

Roti yang dilapisi selai kacang mampu membuat duri ikan yang tersangkut di tenggorokan menempel hingga mendorongnya ke dalam perut. Kamu bisa melakukannya dengan cara mendiamkan roti yang telah diolesi selai kacang di dalam mulut.

Diamkan selama satu menit agar roti menyerap kelembapan dari air liur. Setelah itu, telan roti dalam satu kali tegukan dan langsung banyak minum air mineral.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Memanaskan Makanan Berkali-kali, Bisa Bikin Gizinya Hilang Lho!

9. Menggunakan cuka sebagai cara mengatasi tersedak duri ikan

Sifat cuka yang sangat asam sering juga dijadikan bahan untuk membantu memecah tulang atau duri ikan, sehingga membuatnya lebih lembut dan lebih mudah untuk ditelan.

Kamu bisa mencoba dengan mengencerkan 2 sendok makan cuka dalam secangkir air. Atau kamu juga bisa langsung meminumnya sebanyak satu sendok makan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2018). Diakses 17 September 2020. Fishbone stuck in throat 
  2. healthcare.utah.edu (2019). Diakses 17 September 2020. What to Do If You Swallow Fishbone
  3. medicalnewstoday.com (2019). Diakses 17 September 2020. What to know about a fish bone in the throat
    register-docotr