Info Sehat

Enggak Pakai Ribet! Ini 6 Cara Memutihkan Kuku Kuning Sesuai dengan Penyebabnya

December 26, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kuku yang kuning tak jarang dapat menurunkan kepercayaan diri pada seseorang. Tak perlu khawatir, karena ada beragam cara yang mudah dilakukan untuk memutihkan kuku yang kuning agar penampilanmu tetap terjaga, yuk simak di sini!

Baca juga: Mengenal Jamur Kuku, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berbagai cara memutihkan kuku yang kuning

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan perubahan warna pada kuku, misalnya saja pemakaian produk cat kuku atau infeksi jamur.

Kadang kala, kuku kuning juga bisa menjadi indikasi sesuatu yang lebih serius. Tak hanya itu, kekurangan vitamin atau mineral juga bisa menyebabkan kuku kuning.

Jika kuku kuning disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Mengobati kondisi yang mendasarinya adalah cara yang paling efektif untuk dilakukan.

Nah, berikut ini adalah berbagai cara lain memutihkan kuku yang kuning yang perlu kamu tahu.

1. Baking soda

Perlu kamu tahu bahwa jamur hanya bisa tumbuh di lingkungan yang memiliki tingkat pH yang bersifat asam. Baking soda dapat menciptakan lingkungan yang basa, sehingga menggunakan baking soda bisa menjadi cara untuk memutihkan kuku yang kuning.

Jika kamu memiliki kuku kuning di bagian kaki. Merendam kaki atau jari kaki dalam air hangat yang telah dicampur oleh baking soda dapat mencegah penyebaran jamur yang menjadi penyebab kuku berwarna kuning.

2. Tea tree oil

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika tea tree oil memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, tea tree oil juga dapat membantu untuk mengatasi kuku yang kuning.

Jika kamu mengalami kuku yang berubah warna akibat infeksi bakteri atau jamur, tea tree oil adalah perawatan mudah yang patut kamu coba. Cara memutihkan kuku yang kuning dengan bahan ini pun mudah dilakukan.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 atau 2 tetes tea tree oil dengan minyak pembawa, misalnya saja minyak zaitun, minyak kelapa, atau bahkan minyak jojoba. Kemudian, oleskan campuran bahan tersebut pada kuku yang menguning.

3. Minyak oregano

Minyak oregano memiliki sifat antimikroba, sehingga dapat melawan bakteri dan jamur secara efektif. Jika kamu tidak tahu apa penyebab kuku kuning yang kamu alami, minyak oregano adalah pilihan yang bagus sebagai cara memutihkan kuku yang kuning.

Menggunakan minyak oregano untuk memutihkan kuku sama halnya dengan penggunaan tea tree oil, yakni kamu harus mencampurnya terlebih dahulu dengan minyak pembawa sebelum mengoleskannya pada kuku.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kuku Agar Kuat dan Tidak Mudah Patah

4. Vitamin E

Secara klinis, vitamin E telah dipelajari sebagai pengobatan yang ampuh untuk mengobati sindrom kuku kuning. Sindrom kuku kuning adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku, serta menyebabkan kuku menjadi lebih tebal.

Vitamin E juga dapat merangsang pertumbuhan kuku yang sehat, sehingga vitamin E dapat digunakan secara topikal atau kamu juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen ataupun makanan.

5. Hidrogen peroksida

Cara memutihkan kuku yang kuning selanjutnya adalah menggunakan hidrogen peroksida. Dengan kemampuan oksidasi yang dimilikinya, hidrogen peroksida dapat membantu untuk menghilangkan noda.

Perawatan satu ini bisa digunakan jika kuku berubah warna sebagai akibat dari penggunaan produk kuku.

Kamu hanya perlu mencampurkan hidrogen peroksida ke dalam air hangat, kemudian rendam kuku yang kuning untuk memperbaiki tampilan noda. Untuk membuatnya lebih efektif, kamu juga bisa menambahkan baking soda.

6. Obat resep

Obat antijamur dapat membantu menangani kuku kuning jika disebabkan oleh jamur. Salah satunya adalah ciclopirox. Obat ini bisa dioleskan pada kuku seperti layaknya cat kuku.

Namun sebaiknya, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan tertentu. Sebab, beberapa obat mungkin saja memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Misalnya saja terbinafine dan itraconazole. Meskipun keduanya efektif menangani kuku kuning akibat jamur, tetapi jika digunakan dalam jangka waktu lama ini bisa berpotensi berbahaya bagi hati. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki efek samping, yakni diare dan sakit perut.

Bagaimana cara mencegah kuku kuning?

Cara mengatasi kuku kuning memang banyak. Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan pencegahan. Nah, berikut ini adalah berbagai cara mencegah kuku kuning yang perlu kamu tahu.

  • Memerhatikan kebersihan kuku
  • Jangan gunakan pembesih cat kuku lebih dari sekali selama seminggu. Sebaiknya, gunakanlah pembersih kuku yang tidak memiliki kandungan aseton
  • Memotong kuku secara teratur dengan menggunakan gunting kuku yang bersih. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran dari bawah kuku
  • Mencuci kuku kaki secara teratur
  • Menjaga kuku kaki tetap kering. Ini dilakukan untuk menghindari infeksi jamur, seperti misalnya saja athlete’s foot
  • Menggunakan kaus kaki yang bersih, dan hindarilah menggunakan sepatu tertutup sepanjang hari pada cuaca yang sangat panas

Itulah beberapa informasi mengenai cara memutihkan kuku yang kuning. Apabila kuku kuning berlangsung lebih lama dan disertai dengan gejala lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya serta penanganan yang tepat dari kuku kuning.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 11 Desember 2020. Yellow Nails 

Medical News Today (2018). Diakses pada 11 Desember 2020. What do yellow toenails mean? 

    register-docotr