Info Sehat

Cara Membuat Minyak Kemiri Rumahan

September 4, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Biasa digunakan untuk memasak, siapa sangka ternyata kemiri juga bisa diolah menjadi minyak. Tak perlu beli di toko, kamu bisa mendapatkannya dengan mengikuti cara membuat minyak kemiri berikut.

Dijamin tak akan menguras dompet, yuk, simak cara membuat minyak kemiri rumahan di bawah ini.

Manfaat minyak buah kemiri untuk kesehatan

Tahukah kamu bahwa buah ini memiliki beragam nama yang berbeda-beda di beberapa negara? Misalnya jika di Indonesia ia dikenal dengan nama kemiri, di Hawai kamu harus menyebutnya dengan panggilan kukui.

Kemiri sendiri sudah sejak lama dikenal memiliki beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya membuat cita rasa makanan menjadi semakin sedap. Kandungan di dalamnya ternyata juga sangat berguna bagi kesehatan.

Baca juga: Cegah Virus Menyebar, Ini Tips Menggunakan Masker Sesuai Panduan WHO

Menjaga sistem pencernaan

Kaya akan serat, minyak kemiri bisa dikonsumsi untuk memperlancar sistem pencernaan.

Dilansir dari Healthbenefitstimes, jika diminum secara rutin, kandungan pencahar alami dalam kemiri bisa membantu merangsang pergerakan usus besar menjadi lebih teratur.

Minyak kemiri juga kerap digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk mengobati seseorang yang terkena diare.

Ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya bisa membantu menambah sejumlah besar materi pembentuk tinja agar menjadi keras.

Mengobati infeksi jamur

Meski tidak terlalu berbahaya, infeksi jamur yang dibiarkan terus menerus lama kelamaan akan membuat kamu menderita dan tidak percaya diri.

Untuk mengatasinya, minyak kemiri bisa dijadikan sebagai salah satu cara pengobatannya. Caranya usapkan minyak kemiri ke area tubuh yang terinfeksi secara rutin sampai gejala infeksi menghilang.

Membantu mengatasi insomnia

Insomnia adalah gangguan kesehatan yang membuat seseorang kesulitan untuk tidur nyenyak. Ia bisa disebabkan rasa takut, terlalu lelah, atau depresi.

Jika saat ini kamu sedang mengalaminya, kamu bisa mengonsumsi minyak kemiri secara rutin sebelum tidur.

Kandungan di dalamnya bisa merangsang tubuh menghasilkan hormon melatonin yang membantu seseorang agar bisa tidur lebih lelap.

Baca juga: Ampuh Atasi Kerontokan, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Cara membuat minyak kemiri

Selain sangat mudah didapat, buah yang satu ini juga terbilang memiliki harga yang sangat murah. Jadi seharusnya tidak ada halangan berarti untuk menerapkan cara membuat minyak kemiri di bawah ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Sebelum mencoba cara membuat minyak kemiri ala rumahan, dilansir dari Steemit, kamu harus menyiapkan ulekan atau blender dengan beberapa bahan berikut:

  1. 250 gram buah kemiri
  2. Air secukupnya

Cara membuat minyak kemiri tahap pertama

  1. Cuci terlebih dulu biji buah kemiri yang kamu sediakan sampai bersih
  2. Letakkan kemiri yang telah dicuci di atas ulekan, lalu tumbuk tapi jangan sampai terlalu halus namun cukup bisa untuk disaring
  3. Jika kamu memakai blender, jangan lupa tambahkan sedikit air untuk membantu biji kemiri hancur. Perhatikan jangan sampai kemiri yang diblender sampai berbentuk menjadi cairan
  4. Setelah adonan jadi dalam tekstur yang diinginkan, campur dengan air secukupnya lalu peras menggunakan saringan
  5. Apabila hasil adonanmu terlalu encer, kamu bisa menyaringnya menggunakan kain
  6. Setelah disaring, pisahkan cairan yang telah dihasilkan pada wadah yang berbeda.

Cara membuat minyak kemiri tahap kedua

Selanjutnya cairan dari hasil penyaringan adonan kemiri kemudian dimasak di atas api yang kecil. Caranya masukkan ke dalam panci lalu biarkan sampai ia mendidih. Sambil menunggu, kamu boleh mengaduknya sesekali sampai adonan meletup-letup.

Hal ini akan membantu proses penguapan terjadi dengan semakin sempurna. Proses penguapan ini sendiri bisa berlangsung dalam waktu yang lama sampai berjam-jam.

Setelah air dalam adonan menguap seluruhnya dan endapan minyak berhasil terbentuk, diamkan sampai dingin lalu pisahkan keraknya. Selanjutnya peras minyak menggunakan kain hingga kering. Masukkan hasil perasan minyak ke dalam botol agar mudah dipakai sehari-hari.

Itulah cara membuat minyak kemiri yang bisa dilakukan di rumah. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi kamu pasti bisa membuatnya.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

How to make candlenut oil at home? https://steemit.com/indonesia/@nauralatifa/how-to-make-candlenut-oil-at-home diakses pada 2 Agustus 2020

Candlenut benefits and uses, https://www.healthbenefitstimes.com/candlenut/ diakses pada 2 Agustus 2020

    register-docotr