Info Sehat

10 Cara Makan Buah Plum yang Nikmat dan Sehat, Wajib Kamu Coba!

April 29, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Apakah kamu pernah mencicipi buah plum atau mungkin kurang familiar mendengar nama buah ini. Bagaimana cara makan buah plum yang tepat untuk mendapatkan manfaat sehatnya?

Padahal, buah satu ini punya beragam manfaat sebagai pencahar dan anti tumor, karena sifatnya sebagai antioksidan dan detoksifikasi.

Kalau kamu berkesempatan untuk mencicipi buah plum, ada berbagai cara makan buah plum yang asyik bisa kamu coba.

Baca Juga: Ini Daftar Menu Takjil yang Sehat bagi Tubuh saat Puasa

Cara makan buah plum

Buah plum berasal dari Eropa dan merupakan buah yang punya spesies beragam. Mulai dari putih, merah, hingga kuning, dengan berbagai ukuran, rasa, dan tekstur. 

Plum mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi penyakit kronis. Buah yang memiliki nama ilmiah prunus ini juga dapat dinikmati dengan berbagai cara, loh!

Berikut ini cara makan buah plum menyehatkan yang bisa kamu coba.

1. Dimakan langsung

Plum punya rasa yang manis, bisa kamu makan langsung. Kamu bisa menikmati gigitan demi gigitan. Tidak perlu mengupas buahnya karena kulit plum mengandung jumlah antioksidan dalam jumlah yang besar. 

Jika kamu akhir-akhir ini mengalami masalah pencernaan, mungkin kamu perlu memakan buah plum. Agar membantu makanan bergerak secara efektif dalam usus besar.

2. Jus plum yang menyegarkan

Membuat jus plum bisa kamu coba, rasanya akan sangat menyegarkan. Ini mudah dan simpel, kamu cukup menambahkan sedikit gula atau susu dan batu es. Pasti sangat menyegarkan dan sehat.

3. Salad

 Buah satu ini juga cocok untuk campuran salad! Kamu bisa menggabungkannya dengan strawberry, anggur, jeruk, madu, dan mint untuk salad yang menggugah selera. 

Atau juga kamu bisa menambahkan plum ke dalam campuran salad sayuran yang dicampur dengan bayam, dan selada.

Salad ini cocok kamu nikmati sebagai makanan penutup atau makanan ringan.

4. Cara makan buah plum dengan dibuat kebab

Kalau biasanya kamu menikmati kebab dengan irisan tipis daging, kali ini coba kreasikan dengan menambahkan plum. Campurkan irisan plum, paprika, bawang bombay, dan ayam tanpa tulang, lalu lapisi dengan kulit kebab. Kamu panggang dengan oven sampai ayam matang.

5. Kue

Menambahkan plum dalam kue bisa menjadi pilihan cara menikmati plum, sehingga kue jadi punya rasa yang lezat. Tidak cuma itu, tampilan kue juga akan lebih menarik. Kamu bisa menambahkan plum dalam kue panggang dengan kacang almond. Atau juga campuran kue tart untuk perayaan spesial kamu.

6. Saus plum homemade

Saus plum sudah sejak lama digunakan untuk bebek panggang. Kamu juga bisa menambahkan saus ini untuk jenis daging lainnya.

Kamu bisa membuat sausnya sendiri di rumahan dengan cara menghaluskan plum dicampur dengan sedikit kayu manis dan rempah-rempah lainnya seperti kunyit, pala, dan jahe.

7. Dipanggang

Ya, plum bisa dipanggang! Cara untuk membuatnya juga mudah, kamu cukup mengoleskan plum dengan olive oil di atas pemanggang hingga plum berubah hangus kecoklatan. 

Bisa kamu tambahkan pada salad, dengan daging domba, atau juga bisa dinikmati dengan menambahkan es krim vanila. 

8. Cara makan buah plum dengan dibuat jadi es krim

Plum juga bisa dimakan sebagai es krim, kamu bisa membuatnya dengan menambahkan susu, yogurt, dan irisan plum lalu bekukan dalam kulkas. Es krim yang kaya antioksidan pun siap dinikmati.

9. Smoothies

Selain dibuat jus, kamu juga bisa membuat minuman lainnya seperti smoothies. Caranya juga tidak terlalu sulit, cukup dengan memblender irisan plum yang sudah direndam dengan air hangat, campur dengan blueberry, yogurt, dan sedikit susu krim.

10. Direbus, cara makan buah plum

Plum bisa menjadi hidangan penutup yang sehat dengan cara direbus. 

Rebus plum dengan gula dan air, masukan juga tambahan rempah-rempah kayu manis. Didihkan dengan api sedang, dan aduk hingga gula larut. Masak hingga 5 menit.

Baca Juga: Akibat Nyeri Pinggang Bisa Hilang Pekerjaan, Kenali Penyebab dan Penanganannya

Manfaat makan buah plum

Makan buah plum perlu kamu coba apalagi dengan berbagai cara seperti di atas. Plum relatif rendah kalori dan mengandung lebih dari 15 vitamin dan mineral berbeda. Satu buah plum segar berukuran sedang membantu menjaga tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Bahkan menurut ahli diet Kanada, plum memiliki peringkat rendah pada indeks glikemik, dengan mengonsumsi buah ini kamu dapat mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko diabetes 2.

Tidak ada salahnya kamu secara rutin memakan buah plum, dan buah-buah lainnya untuk tubuh yang sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Foodhall. Diakses pada 26 April 2020. 8 Ways To Eat Plums

fruits and veggies. Diakses pada 26 April 2020. Top 10 Ways to Enjoy Plums

Health line (2017). Diakses pada 26 April 2020. 7 Health Benefits of Plums and Prunes

ND TV (2019). Diakses pada 26 April 2020. Here’s What Happens To Your Body When You Eat Plums (Aloobukhara) Everyday

Best health. Diakses pada 26 April 2020. 5 Health Benefits of Eating Plums

Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada (2019). Dikases pada 26 April 2020. Aktivitas Antibakteri Plum (Prunus domestica L.)

    Berita Terkait
    register-docotr