Info Sehat

Mudah dan Aman, Begini 9 Cara Ampuh Mengusir Semut

January 3, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Saat kamu menemukan satu semut di dalam rumah, maka bisa dipastikan ada ribuan semut lain bersembunyi. Mau tak mau, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mengusir semut.

Meski mungkin kamu tidak terlalu terganggu, tapi jika dibiarkan maka semut-semut yang berdatangan akan menjadi semakin banyak.

Jadi tak ada salahnya untuk membaca beberapa cara mengusir semut berikut ini.

Baca juga: Pernakah Kamu Mengalami Kutu Rambut? Ini Lho Penyebabnya

1. Pembersih kaca dan deterjen cair

Dilansir dari Healthline, mencampurkan cairan pembersih kaca dengan deterjen cair, atau sabun cuci piring dapat membantu mencegah semut memasuki rumah.

Caranya, kamu hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut, lalu semprotkan di area tempat semut tampaknya berkumpul atau berasal.

2. Sabun tangan sebagai cara mengusir semut

Jika kamu merasa terganggu dengan aroma pembersih kaca, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan sabun tangan untuk menghilangkan semut.

Ini cukup mudah, karena air sabun apa pun bisa menghilangkan bau feromon semut.

Gunakan di jalur semut dan titik masuk di rumah kamu, ya. Tanpa jejak feromon untuk diikuti, semut tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.

3. Merica

Semut menganggap bau lada cukup mengganggu, jadi kamu dapat mencoba merica hitam atau bubuk cabai merah sebagai cara mencegah semut berdatangan ke dalam rumah.

Obat untuk serangan semut ini sepenuhnya alami dan aman. Kamu hanya perlu menaburkannya di area sekitar rumah yang dicurigai menjadi sarang semut.

4. Peppermint

Peppermint adalah pengusir serangga alami yang sangat efektif untuk mengusir semut maupun serangga lain, seperti nyamuk.

Campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan 2 cangkir air. Kemudian semprotkan campuran itu di sekitar jendela rumah dan biarkan kering.

Jauhkan minyak peppermint dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing, yang bisa sakit parah jika terpapar oleh minyak ini.

5. Cara mengusir semut dengan memakai cuka putih

Jika kamu melihat sarang semut yang mengganggu, bersihkan area tersebut dengan larutan cuka putih dan air.

Cuka putih dapat membunuh semut dan juga mengusirnya. Perbandingan yang harus kamu gunakan adalah 50:50.

Kamu juga dapat menggunakan cuka encer untuk membersihkan permukaan yang keras, termasuk pada lantai dan meja dari semut-semut yang mengganggu.

Baca juga: Kulit Gatal karena Gigitan Tungau, Kenali Ciri-ciri, Efek dan Cara Mengatasinya

6. Air mendidih

Menuangkan air mendidih ke tempat semut berasal akan efektif membunuh banyak semut di dalamnya.

Namun mengingat cara ini bisa saja tidak cukup untuk membunuh seluruh koloni semut yang tak terlihat, maka pastikan untuk merawat setiap lubang semut yang ada di sekitar rumah kamu.

7. Menaburkan bedak sebagai cara mengusir semut

Semut mungkin bisa bergerak dengan cepat dan teratur, tetapi mereka tidak suka melewati penghalang misalnya yang berasal dari bubuk.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa mereka tidak menyukai bedak. Teori yang populer adalah bahwa kapur atau bubuk tersebut mengganggu kemampuannya untuk mengikuti jejak bau feromon.

Jadi kamu bisa mencoba cara yang satu ini untuk membebaskan rumah dari gangguan semut.

8. Tepung maizena

Jika kamu menemukan semut dalam jumlah besar, coba gunakan tepung maizena untuk membuat mereka terperangkap.

Tuangkan tepung maizena ke seluruh kelompok semut, dan tambahkan air di atasnya. Meski akan membuat rumah sedikit berantakan, tetapi ini akan ‘membungkus’ banyak semut sampai mati.

9. Buang sumber makanan mereka

Menghilangkan masalah sebelum dimulai adalah cara terbaik untuk membasmi semut. Kamu dapat melakukannya dengan memastikan tidak ada sumber makanan yang tersedia untuk mereka.

Ini termasuk menjaga makanan tetap tertutup rapat dalam wadah atau kantong plastik. Memastikan agar rumah bersih dari remah-remah sisa makanan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

How to Kill and Repel Ants Safely, https://www.healthline.com/health/how-to-kill-ants#20-ways-to-stop-ants diakses pada 22 Desember 2020

10 Natural Ant Repellents – Simple Home Remedies, https://www.apartmentlist.com/renter-life/natural-ant-killers diakses pada 22 Desember 2020

    Berita Terkait
    register-docotr