Info Sehat

Bungkuk Dapat Terjadi di Usia Muda, Bagaimana Cara Mengatasinya?

April 7, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bungkuk dapat terjadi pada siapa saja, termasuk di usia muda. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa cara mengatasi tubuh bungkuk di usia muda, apa saja?

Tubuh bungkuk dapat tidak disertai dengan gejala. Namun pada beberapa kasus, tubuh bungkuk juga dapat menimbulkan gejala tertentu, seperti nyeri punggung atau rasa kaku pada punggung bagian atas.

Untuk mengetahui cara mengatasi tubuh bungkuk di usia muda, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Kelainan Tulang yang Paling Sering Terjadi, Bukan Cuma Osteoporosis!

Apa penyebab tubuh bungkuk?

Bungkuk adalah suatu kondisi ketika tulang belakang pada punggung atas melengkung secara berlebihan. Dalam dunia medis kondisi ini dikenal sebagai kifosis. Pada dasarnya punggung atas atau daerah toraks tulang belakang memiliki sedikit lengkungan yang alami.

Tulang belakang dapat melengkung secara alami di leher, punggung atas, serta punggung bawah. Sedangkan, kifosis terjadi ketika lengkungan tersebut terjadi secara berlebihan dibandingkan biasanya. Kondisi ini dapat menyerang seseorang dari segala usia.

Bungkuk dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah postur tubuh yang buruk, masalah pada perkembangan, pertambahan usia, hingga bentuk tulang belakang yang abnormal.

Jenis kifosis

Penyebab kifosis juga dapat diketahui berdasarkan jenisnya. Berikut ini adalah jenis kifosis dan penyebab yang mendasarinya.

1. Kifosis postural

Kifosis postural adalah jenis kifosis yang paling umum dan dapat terjadi pada remaja. Postur tubuh yang buruk merupakan penyebab dari kifosis postural.

2. Kifosis Scheuerman

Kifosis Scheuerman juga dapat terjadi pada masa remaja, namun kondisi ini lebih parah dibandingkan dengan kifosis postural. Penyebab pasti jenis kifosis ini masih belum diketahui.

3. Kifosis bawaan

Kifosis bawaan terjadi ketika tulang belakan tidak berkembang dengan baik ketika berada di dalam rahim, sehingga ini menyebabkan kifosis saat lahir.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Posisi Duduk yang Salah Bisa Merusak Postur Tubuh!

Bagaimana cara mengatasi tubuh bungkuk di usia muda?

Pengobatan untuk tubuh bungkuk bergantung pada tingkat keparahan serta penyebab yang mendasarinya. Pengobatan atau perawatan akan difokuskan untuk mencegah lengkungan semakin memburuk dan memulihkan postur tubuh normal.

Nah, berikut ini adalah pilihan pengobatan untuk menangani tubuh bungkuk di usia muda.

Obat-obatan tertentu

Terdapat beberapa obat yang dapat membantu untuk menangani gejala dari kifosis. Adapun beberapa obat-obatan tersebut di antaranya adalah:

  • Pereda nyeri: Obat pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri yang dialami
  • Obat osteoporosis: Obat penguat tulang dapat membantu untuk mencegah patah tulang belakang, sehingga dapat membantu mencegah kifosis yang lebih parah

Meskipun demikian, jangan sembarangan dalam mengonsumsi obat-obatan ini, dan konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter.

2. Terapi

Pengobatan untuk tubuh bungkuk di usia muda juga dapat melibatkan terapi fisik yang dilakukan untuk memperkuat otot punggung dan perut.

Terapi fisik juga dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, serta mengurangi gejala yang tidak nyaman.

Tak hanya itu, terapi juga dapat membantu untuk menangani jenis tertentu dari kifosis. Beberapa pilihan perawatan tersebut di antaranya adalah:

  • Latihan untuk kifosis: Latihan peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dari tulang  belakang dan meredakan nyeri punggung
  • Bracing: Seseorang yang menderita penyakit Scheuermann dapat menghentikan perkembangan kifosis dengan menggunakan penyangga tubuh, terutama ketika tulang masih mengalami pertumbuhan

3. Prosedur bedah

Pada kasus kifosis yang berlangsung parah yang mana menjepit sumsum tulang belakang atau akar saraf, prosedur bedah dapat membantu. Terdapat prosedur paling umum yang dilakukan untuk mengurangi lengkungan, yakni spinal fusion.

Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan potongan tulang tambahan di antara tulang belakang.

4. Prosedur lainnya

Untuk menjaga kepadatan tulang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, ini termasuk:

  • Mengonsumsi makanan kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D
  • Hindari rokok atau konsumsi alkohol

Adakah cara mencegah tubuh bungkuk di usia muda?

Tubuh bungkuk di usia muda dapat dihindari dengan cara menjaga postur tubuh yang baik dan kesehatan tulang punggung.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah kifosis seperti dilansir dari Medical News Today.

  • Rajin berolahraga
  • Hindari kebiasaan membungkuk
  • Jika memungkinkan, gunakan alat ortopedi saat menggunakan komputer

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi tubuh bungkuk di usia muda. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 06 April 2021. What Is Kyphosis? 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 06 April 2021. Kyphosis 

Medical News Today (2019). Diakses pada 06 April 2021. What to know about kyphosis 

    register-docotr