Info Sehat

Benarkah Cuaca Dingin Menyebabkan Nyeri Radang Sendi Semakin Parah?

January 8, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pernah mengalami nyeri persendian di saat cuaca dingin atau di musim hujan? Mungkin terdengar aneh, karena tampak tidak ada kaitannya. Tapi ada beberapa orang yang mengaitkan datangnya musim hujan dengan rasa nyeri di persendian mereka.

Kebanyakan orang yang mengalami radang sendi atau arthritis menganggap kondisi mereka semakin parah saat berada di tempat bercuaca dingin. Mereka akan lebih merasa sakit di saat cuaca dingin. Benarkah begitu dan apa penyebabnya, ya?

Baca Juga: Nyeri Sendi Intens dan Muncul Benjolan di Kaki, Bisa Jadi Gejala Asam Urat!

Hubungan radang sendi dan cuaca

Walaupun ada yang mengaitkan nyeri radang sendi dan cuaca dingin, penelitian masih mengungkapkan hal yang berbeda-beda. Ada sejumlah penelitian yang membenarkan ada kaitan antara udara dingin dan nyeri sendiri, tapi sebagian lagi tidak menunjukkan kaitan di antara keduanya.

Penelitian yang menemukan hubungan antara nyeri sendi dan cuaca dingin, mengungkapkan penyebab yang membuat persendian lebih sakit ketika cuaca dingin, di antaranya:

Tekanan udara

Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan tekanan udara dengan nyeri persendian. Salah satunya sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014.

Penelitian itu melibatkan 222 pasien dengan osteoarthritis pinggul. Dengan hasil yang menunjukkan bahwa gejala osteoarthritis dipengaruhi tekanan udara dan kelembapan relatif.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa setiap suhu turun 10 derajat dan bertambahnya tekanan udara dapat memicu rasa sakit pada orang yang mengidap radang persendian.

Hujan juga bisa memengaruhi rasa sakit

Dilansir dari Healthline, banyak penderita radang persendian mengalami gejala yang memburuk menjelang atau selama hujan turun. Ini dikaitkan dengan tekanan sebelum hujan yang dapat menyebabkan jaringan yang sudah meradang jadi membesar.

Itu yang dipercaya meningkatkan rasa nyeri. Hal ini juga disetujui oleh Robert Bolash, MD, seorang spesialis manajemen nyeri, seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic.

“Perubahan cuaca sebenarnya dapat memengaruhi nyeri kronis, khususnya nyeri sendi,” kata Robert Bolash dalam laman tersebut.

Namun penelitian lain mengungkap hal sebaliknya. Penelitian yang melibatkan peserta lanjut usia itu membuktikan tidak ada kaitannya hujan dengan nyeri persendian. Meskipun tetap butuh penelitian lanjutan jika ingin benar-benar mencari hubungan antara nyeri sendi dan hujan.

Perbandingan dengan cuaca hangat

Menurut National Psoriasis Foundation, cuaca hangat lebih baik dari cuaca dingin. Karena saat cuaca hangat dapat memperbaiki gejala bagi penderita radang sendi psoriasis. Walaupun belum ada bukti penelitian yang cukup untuk mendukung temuan ini.

Akademi Ahli Bedah Ortopedi juga menghubungkan cuaca hujan dan perubahan cuaca dengan potensi peningkatan rasa sakit dan nyeri arthritis di lutut, tangan dan bahu.

Apakah harus menghindari tempat bercuaca dingin?

Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, belum ada bukti kuat tentang pengaruh perbedaan lokasi dan iklim pada penderita radang sendi dalam jangka panjang.

Walaupun beberapa menyatakan cuaca hangat dapat mengurangi sakit tapi tidak berarti dapat menyembuhkan radang persendian. Orang yang tidak tinggal di iklim hangat juga tetap bisa merasakan nyeri sewaktu-waktu jika memang mengidap radang persendian.

Baca Juga: Sering Nyeri Sendi, Waspadai Flu Tulang alias Chikungunya!

Apa yang harus dilakukan jika cuaca dingin menyebabkan nyeri sendi?

Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk meredakan atau untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul akibat perubahan cuaca, seperti:

  • Lakukan peregangan. Melakukan peregangan secara teratur, seperti yoga, adalah cara bagus untuk menjaga kelenturan tubuh dan ini ikut membantu menjaga kesehatan sendi.
  • Pilih olahraga air. Berolahraga di kolam hangat membantu mengendurkan otot kaku. Juga bisa memperkuat persendian dan meredakan ketidaknyamanan. Air membantu pertahanan sendi dari rasa sakit saat harus mengangkat beban.
  • Perawatan medis. Jika nyeri hanya dirasakan di satu tempat, misalnya pasien bekas cedera lutut. Dapat diatasi dengan suntikan steroid untuk meredakan nyeri. Atau dapat dilakukan perawatan lain tergantung dari rekomendasi dokter.
  • Aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dapat membangun otot dapat membantu. Karena semakin banyak otot digunakan untuk aktivitas fisik, semakin baik kemampuan otot untuk menopang persendian.

“Secara keseluruhan, mempertahankan mobilitas adalah cara terbaik untuk menangkal nyeri sendi yang meluas tanpa harus berkunjung ke dokter dan itu dapat dilakukan dalam cuaca apapun,” kata dokter Robert Bolash.

Demikian informasi tentang pengaruh cuaca dingin dan nyeri pada penderita radang persendian. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mengurangi nyeri jika mengalaminya, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

BMJ, diakses 7 Januari 2020
Association between rainfall and diagnoses of joint or back pain
Healthline, diakses 7 Januari 2020
The Truth About Arthritis and Weather
Webmd, diakses 7 Januari 2020
Does Weather Affect Joint Pain?
Cleveland Clinic, diakses 7 Januari 2020
Can Your Joints Really Predict the Weather?
Curearthritis.org, diakses 7 Januari 2020
Does Cold Weather Affect Arthritis and Joint Pain?

    register-docotr