Info Sehat

7 Penyebab Bangun Tidur Tenggorokan Sakit yang Jarang Disadari, Apa Saja?

April 19, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tak sedikit orang yang mengeluhkan rasa sakit di tenggorokannya setelah bangun tidur. Bangun tidur dengan keadaan tenggorokan sakit sebaiknya tidak disepelekan, karena bisa menjadi indikasi adanya kondisi tertentu.

Lantas, normalkah merasakan tenggorokan sakit saat bangun tidur? Apa saja penyebabnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bangun tidur tenggorokan sakit, normal atau tidak?

Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan setelah bangun tidur bisa dikatakan tidak berbahaya. Kondisi itu biasanya dapat diatasi hanya dengan minum air putih.

Namun, sakit tenggorokan di pagi hari juga dapat menandakan adanya kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan medis. Penting untuk mendeteksi apakah rasa sakit tersebut berlangsung cukup lama dan terjadi berulang setiap hari atau tidak.

Penyebab sakit tenggorokan saat bangun tidur

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan saat bangun tidur. Baik karena hal-hal yang terjadi selama tidur maupun indikasi dari adanya infeksi. Berikut tujuh penyebabnya yang perlu kamu tahu:

1. Mendengkur selama tidur

Ketika bangun tidur tenggorokan sakit, bisa jadi semalaman kamu mendengkur atau mengorok. Mendengkur bisa menyebabkan tenggorokan iritasi. Akibatnya, saat sudah terbangun, muncul rasa sakit di area tersebut.

Pada beberapa kasus, dengkuran keras saat tidur dapat mengindikasikan adanya gangguan serius, misalnya sleep apnea. Kondisi itu terjadi ketika napas berhenti sementara ketika sedang terlelap. Hal tersebut pada umumnya dipicu oleh penyempitan atau penyumbatan saluran udara.

2. Bernapas lewat mulut

Jika kamu terbiasa bernapas lewat mulut, itu bisa menjadi penyebab tenggorokan sakit. Pernapasan mulut disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah penyumbatan pada saluran hidung. Akibatnya, saat tidur, kamu secara tidak sadar bernapas melalui mulut.

Tidak hanya sakit tenggorokan, orang yang tidur sambil bernapas lewat mulut juga biasanya merasakan gatal di area sekitarnya, mulut kering, dan suara menjadi serak. Namun, sakit tenggorokan karena faktor ini bisa diredakan hanya dengan minum air putih.

3. Udara kamar yang kering

Kelembapan udara ternyata bisa menyebabkan sakit tenggorokan di pagi hari, lho. Udara di kamar yang kering dapat memengaruhi tenggorokan dan saluran hidung. Dua bagian tubuh tersebut bisa ikut mengering, memicu gatal-gatal, lalu memunculkan rasa sakit.

Udara di dalam ruangan biasanya menjadi lebih kering saat musim dingin atau penghujan. Menyalakan mesin pemanas ruangan juga dapat menurunkan tingkat kelembapan udara di dalam kamar.

4. Asam lambung naik

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux atau yang lebih dikenal dengan GERD. Kondisi itu terjadi ketika cairan asam lambung mengalami peningkatan disertai melemahnya otot sfingter di bagian bawah esofagus atau kerongkongan.

Akibatnya, asam lambung naik ke dada hingga mencapai belakang tenggorokan. Asam lambung adalah cairan iritatif, dapat memunculkan rasa panas atau terbakar pada area yang dilewatinya. Selain menimbulkan rasa sakit, asam tersebut juga dapat merusak jaringan di sekitarnya.

GERD sering kali memburuk ketika tidur. Posisi tubuh yang datar saat berbaring memungkinkan asam lambung untuk menjangkau area kerongkongan dan tenggorokan.

5. Bangun tidur tenggorokan sakit karena dehidrasi

Dehidrasi dapat membuat tenggorokan kering dan gatal. Saat tidur, kamu berjam-jam tidak mendapat asupan cairan. Sehingga, sakit tenggorokan di pagi hari tak bisa dihindari.

Selain kurang minum air, dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mengonsumsi makanan asin sebelum tidur, tidur di ruangan yang panas, tidur di bawah enam jam, dan efek dari obat-obatan.

Baca juga: 7 Penyebab Batuk di Malam Hari yang Perlu Kamu Tahu

6. Reaksi alergi

Alergi bisa membuatmu bangun tidur dengan tenggorokan sakit. Alergi dapat menyebabkan postnasal drip, kondisi saat lendir mengalir dari hidung ke tenggorokan. Lendir itu lalu memicu rasa gatal, iritasi, hingga nyeri.

Tetesan lendir bisa meningkat saat kamu berada dalam posisi berbaring. Paparan alergen di malam hari dapat memperburuk keadaannya, berasal dari bulu di bantal, debu di kasur, dan serbuk sari dari tanaman atau pohon di dekat jendela yang terbuka.

7. Infeksi dan peradangan

Sakit tenggorokan bisa menjadi indikasi dari adanya infeksi, apalagi jika berlangsung cukup lama. Infeksi itu bisa berupa pembesaran amandel (tonsilitis), flu, atau peradangan pada tenggorokan itu sendiri.

Sakit tenggorokan akibat infeksi virus atau bakteri biasanya sampai membuat seseorang sulit bicara dan makan, muncul bercak putih di bagian belakang mulut, demam, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan tenggorokan sakit saat bangun tidur. Jika kondisinya tak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera periksakan diri ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 13 April 2021, Why Do I Have a Sore Throat at Night?
  2. Healthline, diakses 13 April 2021, Why Do I Have a Persistent Sore Throat?
  3. Medical News Today, diakses 13 April 2021, What can cause a sore throat at night?

    register-docotr