Info Sehat

Waspada, Ini 7 Bahaya Terlalu Lama Duduk yang Mengancam Kesehatan Kamu!

February 5, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Banyak bahaya kesehatan yang mengancam kalau kamu terlalu lama duduk. Beberapa di antaranya adalah penyakit mematikan seperti jantung hingga kanker.

Terlalu lama duduk, baik bekerja di belakang meja, berkendara atau bahkan di depan monitor bisa berbahaya bagi kesehatan. Situs kesehatan Healthline menyebut lebih dari separuh populasi menghabiskan waktu lebih dari 6 jam sehari untuk aktivitas tersebut.

Bahaya terlalu lama duduk

Saat duduk, kamu menghabiskan energi lebih sedikit daripada ketika berdiri atau bergerak. Dilansir Healthline, berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengintai jika kamu terlalu lama duduk:

1. Kaki dan otot gluteus menjadi lemah

Salah satu bahaya dari terlalu lama duduk adalah kamu akan kehilangan kekuatan kaki dan otot gluteus. Kebiasaan duduk seharian tidak akan membuat kamu bertumpu pada kekuatan otot tubuh bagian bawah.

Tanpa kekuatan kaki dan otot gluteus untuk menopang tubuh, kamu akan mudah mengalami cedera.

2. Peningkatan berat badan

Ketika kamu bergerak, otot akan melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase yang membantu dalam mengolah lemak dan gula yang kamu konsumsi. Itu sebabnya ketika kamu menghabiskan waktu dengan duduk sepanjang hari, aktivitas ini akan berkurang.

Itu sebabnya, berdasarkan penelitian yang diterbitkan American Journal of Physiology, kamu akan lebih berisiko mengalami pelebaran di bagian belakang tubuh. Kamu pun berisiko terkena sindrom metabolik, walau kamu berolahraga sekalipun.

Sementara itu, kajian lainnya menyebut pria yang lebih banyak duduk berisiko mengalami penambahan bobot tubuh bagian tengah, di mana lokasi itu merupakan lokasi penyimpanan lemak yang paling berbahaya.

3. Pinggul tegang

Sama seperti kaki dan otot gluteus, pinggul dan punggung pun bisa terkena imbas dari duduk terlalu lama. Dengan kebiasaan ini, fleksor bagian pinggul pun akan mengecil. 

Posisi duduk pun akan menyakiti punggung, terutama jika kamu memiliki postur yang kurang proporsional atau tidak menggunakan bangku ergonomic. 

Postur yang buruk akan memengaruhi tekanan terhadap cakram sendi tulang belakang ketika kamu duduk. Akibatnya, seperti dikutip Canadian Centre for Occupational Health and Safety, kamu bisa terkena degenerasi prematur yang menyebabkan nyeri kronis.

4. Bahaya terlalu lama duduk terhadap kesehatan mental

Tidak hanya kesehatan fisik, duduk terlalu lama pun bisa mengganggu kesehatan mental, lho!

Sebuah publikasi dalam laman bmj.com menyebut kebiasaan terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko depresi dan keresahan. 

Hal ini karena terlalu lama duduk tidak memiliki tingkat kebugaran yang cukup dan berdampak pada kesehatan mental. Namun, hal ini bisa diatasi dengan olahraga secara reguler.

5. Meningkatkan risiko kanker

Publikasi yang sama juga menyebut duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kanker. Beberapa tipe kanker yang bisa dipicu oleh kebiasaan ini adalah kanker paru-paru, kanker rahim dan kanker usus

Meskipun demikian, penyebab dan alasan yang menyatakan keterkaitan kedua hal ini masih belum diketahui dengan jelas.

6. Bahaya terlalu lama duduk terhadap jantung

Duduk dapat menyakiti jantung, kebiasaan ini berpotensi mengakibatkan penyakit kardiovaskular. Hal ini tertuang dalam kajian yang dipublikasi American College of Sports Medicine

Kajian tersebut menyatakan pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam per minggu dengan menonton televisi memiliki 64 persen risiko lebih tinggi mengalami penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang menghabiskan 11 jam saja.

7. Risiko diabetes

Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko diabetes. Sebuah kajian yang diterbitkan oleh American Heart Association menemukan fakta ini.

Penelitian tersebut menjadikan orang yang menghabiskan waktu 5 hari dengan bed rest sebagai sampelnya. Para peneliti menyebut mereka yang tidak banyak bergerak mengalami peningkatan resistensi insulin yang merupakan cikal bakal diabetes.

Tips menghindari bahaya terlalu lama duduk

National Health Service (NHS) menyebut olahraga sebagai satu cara menghindari bahaya duduk terlalu lama. Setidaknya, kamu butuh 150 menit olaharaga dalam seminggu dan kurangi durasi duduk kamu untuk terhindar dari ancaman penyakit.

Meskipun saat ini belum ada batas waktu yang bisa dijadikan patokan untuk durasi duduk, tapi kamu bisa berikan jeda 1-2 menit jika merasa terlalu lama duduk agar terhindar dari berbagai risiko buruknya.

Demikianlah berbagai penjelasan mengenai bahaya kesehatan baik fisik maupun mental yang diakibatkan duduk terlalu lama. Selalu usahakan selingi kesibukan kamu dengan aktivitas fisik, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr