Info Sehat

7 Bagian Tubuh Paling Sensitif saat Disentuh, Apa Saja?

March 27, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagian tubuh paling sensitif mudah untuk diketahui dengan cara menyentuhnya. Biasanya, bagian dari tubuh yang sensitif ini penting diperiksa ketika seseorang mengalami penurunan sensasi seksual akibat penyakit, cedera, atau setelah operasi.

Perlu diketahui, beberapa bagian pada tubuh manusia memiliki kepekaan yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui bagian tubuh paling sensitif lebih lanjut, yuk, simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Manfaat Daun Ketumbar, sebagai Antikanker serta Melindungi Kesehatan Otak!

Apa saja bagian tubuh paling sensitif?

Diketahui, dahi dan ujung jari merupakan bagian paling sensitif terhadap rasa sakit.

Sensitivitas pada bagian tubuh tertentu disebabkan karena adanya ujung saraf yang memberikan respons terhadap sentuhan. Beberapa bagian tubuh paling sensitif yang perlu diketahui, yakni:

Telinga

Dengan kulit sensitif di luar dan ratusan reseptor sensorik di dalam, telinga juga menjadi bagian tubuh paling sensitif bagi beberapa orang. Karena itu, ketika melakukan kegiatan seksual maka disarankan untuk bermain terlebih dahulu dengan telinga pasangan.

Untuk beberapa aksi sensual, kamu bisa mencium, menjilat, atau menggigit telinga pasangan. Reseptor sensorik pada telinga sangat sensitif sehingga dengan membisikkan atau meniup pelan, sudah bisa menyebabkan banyak rasa geli.

Bagian punggung atau sakrum

Bagian tubuh paling sensitif lainnya adalah punggung atau sakrum, yakni daerah kecil di sekitar tulang belakang. Area ini begitu sensitif karena mungkin ada kaitannya dengan fakta bahwa saraf di bagian tulang belakang terhubung ke panggul.

Karena itu, sentuhan kecil saja sudah bisa menyebabkan rasa menggelitik. Selama berhubungan seksual, kamu bisa mencoba untuk menyentuh area ini untuk meningkatkan rasa senang sebelum penetrasi dilakukan.

Ketiak

Kulit ketiak sedikit lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh lainnya sehingga cukup sensitif, terutama ketika disentuh. Ketiak biasanya mendapatkan sedikit sinar matahari dan dapat menjadikan area ini tempat berkembang biak bakteri.

Ketiak juga merupakan rumah bagi banyak saraf dan kelenjar getah bening. Dengan melihat beberapa faktor ini, kamu akan mengetahui mengapa kulit ketiak tidak hanya lebih sensitif tetapi juga lebih rentan terhadap iritasi. 

Tengkuk leher

Jika menyangkut leher, sentuhan selembut apapun bisa membuat seluruh tubuh merasakan geli. Karena itu, tengkuk leher menjadi tempat paling rentan dan sensitif terutama jika sedang melakukan kegiatan seksual.

Belakang lutut

Bagian tubuh paling sensitif selanjutnya adalah belakang lutut. Area ini sering diabaikan padahal termasuk bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap segala jenis sentuhan. Terkadang, beberapa orang bisa merasa cukup tergelitik hanya dengan menyentuhnya.

Saat memulai kegiatan intim, menyentuh bagian belakang lutut dan mengarah ke paha bisa meningkatkan gairah seksual. Karena itu, kamu bisa mencoba untuk menyentuh belakang lutut dengan lembut dan pijat bergantian untuk mendapatkan rasa geli sebelum memulai seks.

Telapak kaki

Setiap kaki memiliki sekitar 7.000 ujung saraf. Faktanya, kekuatan otak yang dibutuhkan untuk memproses semua informasi sensorik dari kaki menggunakan lebih banyak korteks sensorik daripada seluruh tubuh.

Hal ini berarti kaki sangat sensitif terhadap sentuhan, tekanan, suhu, dan nyeri. Karena itulah, ketika kamu tidak sengaja melukai jari kaki atau menginjak sesuatu yang tajam maka bisa merasakan sakit yang luar biasa.

Baca juga: Manfaat Daun Keji Beling: Mulai dari Antidiabetes hingga Bantu Lawan Radikal Bebas

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Science World, diakses 17 Maret 2021. TACTILE SENSITIVITY
  2. Webmd, diakses 17 Maret 2021. 7 Awesome Erogenous Zones
  3. The Guardian, diakses 17 Maret 2021. Forehead and fingertips most sensitive to pain, research shows
  4. Healthline (2019), diakses 17 Maret 2021. Everything You Need to Know About Erogenous Zones
  5. Vox.com (2015), diakses 17 Maret 2021. 9 surprising facts about the sense of touch
  6. Perth Podiatrist, diakses 17 Maret 2021. Feet Are Sensitive Soles…
    register-docotr