Info Sehat

Waspada Asam Lambung Naik ke Kepala, Ini Ciri-ciri dan Komplikasinya!

February 23, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Gejala asam lambung yang naik (penyakit GERD) juga bisa dirasakan sampai ke kepala. Tidak heran jika kamu bisa merasakan sakit kepala bahkan migrain.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Family Physician bahkan menyebut sekitar 20-40 persen pasien GERD bisa mengalami gejala di leher dan kepala tanpa adanya gejala umum seperti heartburn.

Mengenal masalah asam lambung naik

Asam lambung naik merupakan kondisi umum yang terjadi ketika asam dari lambung dan isi perut lainnya kembali ke kerongkongan melalui lower esophageal sphincter (LES). LES merupakan lingkaran otot yang memisahkan kerongkongan dengan perut.

Pada dasarnya LES akan membuka untuk membiarkan makanan masuk ke perut ketika kamu menelan, lalu menutupnya demi mencegah isi perut naik lagi ke kerongkongan.

Saat LES ini terlalu lemah atau rusak, maka dia tidak bisa bekerja dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan isi perut kembali ke atas lalu menimbulkan gejala. Jika terlalu sering terjadi, ini bahkan bisa berujung pada GERD.

Bagaimana dengan asam lambung naik ke kepala?

Pusing-pusing merupakan gejala yang tidak terlalu umum dari penyakit GERD. Hal ini bisa dipicu berbagai hal. Saat asam lambung naik ke saluran pencernaan bagian atas, maka dia juga bisa mencederai saluran yang berujung ke telinga bagian dalam.

Ketika saluran ini iritasi, maka pembengkakan bisa terjadi dan membuat kamu kehilangan keseimbangan. Kondisi ini biasanya umum terjadi ketika kamu berbaring setelah makan. 

Asam lambung pun bisa naik hingga ke hidung dan sinus. Kondisi ini juga umumnya terjadi ketika kamu sedang berbaring atau tidur.

Ketika asam lambung masuk ke sinus, maka sinusitis pun bisa terjadi. Hidung dan lapisan sinus bisa terinflamasi ketika fenomena ini terjadi.

Apa saja gejala asam lambung naik ke kepala?

Umumnya, heartburn atau sensasi terbakar di dada adalah gejala yang umum saat asam lambung naik ke kerongkongan. Tapi dalam hal ini, gejala seperti pusing dan sakit kepala justru merupakan hal yang umum.

Kamu pun bisa mengalami migrain. Menurut Jerry W Swanson, M.D., dalam laman Mayo Clinic, orang yang mengalami masalah di saluran pencernaan, termasuk asam lambung yang naik, memiliki prevalensi sakit kepala lebih tinggi daripada yang normal.

Selain pusing, dalam penelitian yang diterbitkan oleh American Family Physician disebutkan gejala yang terjadi di kepala dan leher ketika asam lambung naik sebagai berikut:

  • Kembung
  • Mulut terasa terbakar
  • Nyeri di tengkuk
  • Sensasi tersedak
  • Batuk kronis
  • Sensasi mengganjal di tenggorokan

Komplikasi

Kondisi asam lambung yang naik ke kepala dan sinus ini jika didiamkan akan menyebabkan satu masalah baru yang serius. Web MD bahkan menyebut heartburn yang kronis bisa berujung pada kanker di kepala dan leher.

Dalam laman tersebut bahkan disebut jika sudah banyak catatan yang menyebut kalau GERD dan heartburn yang kronis banyak dikaitkan dengan kanker pita suara. 

Kondisi ini pun membuat kamu 2,5 kali lebih berpeluang mengalami kanker faring dan 40 persen lebih berpeluang mengalami kanker sinus.

Kanker di leher dan kepala akibat masalah di saluran pernapasan dan pencernaan bagian atas ini disebut telah menyebabkan 360.000 kematian setiap tahunnya di seluruh dunia.

Langkah pencegahan

Jika kamu mengalami pusing-pusing disertai dengan masalah pencernaan seperti heartburn karena asam lambung yang naik, maka kamu harus segera mencari pertolongan medis.

Meskipun demikian, dokter spesialis penyakit dalam, dr. Kaka Renaldi, Sp.PD-KGEH, menyebut ada berbagai faktor lain yang bisa saja menyebabkan sakit kepala, tidak hanya asam lambung yang naik.

Untuk itu, selalu pahami apa yang sedang terjadi dalam tubuh dan jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Reference
  1. American Family Physician, diakses 21 Februari 2021. Head and Neck Manifestations of Gastroesophageal Reflux Disease
  2. WebMD, diakses 21 Februari 2021. Chronic Heartburn Tied to Higher Odds for Head, Neck Cancers
  3. Mayoclinic, diakses 21 Februari 2021. Migraines and gastrointestinal problems: Is there a link?
  4. National Library of Medicine, diakses 21 Februari 2021. Gastrointestinal Headache; a Narrative Review
  5. Advanced Bariatric and Surgical Specialists, diakses 21 Februari 2021. Can GERD cause nausea and dizziness?
  6. Penn Medicine, diakses 21 Februari 2021. GERD | Sinus Infection Symptoms | Sinusitis New Jersey | Mercer County ENT
  7. Healtline, diakses 21 Februari 2021. Acid Reflux Symptoms: Common and Serious
  8. Kompas.com, diakses 21 Februari 2021. Halo Prof! Apakah GERD Bisa Ditandai dengan Sakit Kepala? Halaman all
    register-docotr