Info Sehat

Pijat untuk Vertigo, Apakah Ampuh dan Bagaimana Caranya?

February 1, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Vertigo adalah kondisi saat orang merasakan pusing dan seolah di sekitarnya berputar. Kondisi ini tentunya mengganggu dan beberapa cara dilakukan untuk mengatasinya, seperti melakukan gerakan khusus hingga pijat untuk vertigo. 

Gerakan yang dikenal dapat mengatasi vertigo antara lain manuver epley, gerakan Brandt-Daroff dan Cawthorne-Cooksey. Tapi bagaimana dengan pijatan? Apakah ada pijat khusus untuk vertigo?

Akupresur pijat untuk vertigo

Dilansir dari Medical News Today, akupresur adalah salah satu jenis terapi seperti memijat, yang bisa mengurangi gejala vertigo. Gejala tersebut seperti pusing, kehilangan keseimbangan, mual dan muntah. 

Akupresur adalah terapi seperti akupuntur tetapi tidak menggunakan jarum. Akupresur dilakukan dengan cara menekan titik tertentu pada tubuh untuk mengatasi masalah. 

Penekanan titik tersebut bisa menggunakan jari, telapak tangan, siku atau perangkat khusus untuk akupresur. Selama melakukan akupresur, pasien akan berbaring di atas meja dan terapis akan menekan titik tertentu yang disesuaikan dengan masalah kesehatan pasien. 

Dalam satu kali sesi, pijat akupresur bisa berlangsung hingga satu jam. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan lebih dari satu sesi. 

Penelitian pendukung pijat akupresur efektif untuk vertigo

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 204 peserta menunjukkan kesimpulan jika akupresur untuk memperbaiki gejala neurovegetatif.

Mengenal titik akupresur

Dilansir dari Webmd, ada ratusan tutuk akupuntur, tapi ada tiga yang umum digunakan. Titik ini juga yang digunakan dalam akupresur. Titik tersebut yaitu, 

  • Usus besar 4 (LI 4): berada di antara ibu jari dan telunjuk
  • Hati 3 (LR-3): di bagian kaki, di  bawah celah antara jempol kaki dan telunjuk
  • Limpa 6 (SP-6): berada di atas mata kaki, dengan jarak 4 ruas jari, di bagian dalam kaki

Sementara akupresur yang digunakan untuk mengatasi vertigo adalah titik P6. berada di dua tendon antara lengan bagian dalam dan pergelangan tangan. 

Jika kamu ingin mencobanya, mungkin kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya…

Punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr