Info Sehat

7 Manfaat Rebung untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

March 8, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menjadikan rebung sebagai salah satu bahan masakan bukan hal aneh lagi di Indonesia. Namun jika dilihat dari sisi kesehatan, apakah ada manfaat rebung jika mengonsumsinya? 

Ya, kebiasaan memakan rebung atau bambu muda ini nyatanya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaat rebung, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kandungan nutrisi rebung

Dalam 100 gram rebung mentah mengandung:

  • 27 kalori
  • 0,3 gram lemak
  • 2,6 gram protein atau 5 persen dari nilai harian yang direkomendasikan
  • 5,2 gram karbohidrat atau 2 persen dari nilai harian yang direkomendasikan
  • 2,2 gram serat atau 8 persen dari nilai harian yang direkomendasikan
  • 200 IU vitamin A
  • 4,0 mg vitamin C
  • 0,5 mg zat besi
  • 13 mg kalsium
  • 533 mg kalium

Selain kandungan nutrisi yang sudah disebutkan, dilansir Better Health Channel disebutkan jika rebung memiliki kandungan fitokimia dengan efek antibakteri dan antivirus. Ini menambahkan alasan bahwa manfaat rebung untuk kesehatan terbukti secara ilmiah. 

Manfaat rebung untuk kesehatan

Dari kandungan nutrisi dan kebaikan lainnya, berikut daftar manfaat rebung untuk kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan jantung

Dalam 100 gram rebung mentah mengandung 533 miligram kalium atau setara dengan 11 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Kandungan tersebut baik karena ikut berperan dalam mengatur aktivitas jantung. 

2. Manfaat rebung untuk kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung di dalam rebung membantu kesehatan pencernaan. Karena serat dapat melancarkan proses pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. 

3. Menjaga tekanan darah

Sama seperti poin pertama, kali ini manfaat rebung yang perlu diketahui adalah baik untuk menurunkan tekanan darah. Alasannya kandungan kalium pada rebung dapat membantu mengelola tekanan darah. 

Selain itu, asupan serat juga bisa memengaruhi tingkat tekanan darah. Dalam hal ini, dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. 

4. Mengurangi kolesterol

Kadar kolesterol darah tinggi? Kamu bisa mencoba untuk menambahkan rebung dalam makananmu. Karena sebuah penelitian menunjukkan 12,5 ons rebung yang dikonsumsi selama 6 hari berturut-turut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan. 

Selain itu, serat pada rebung juga dapat membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah. Jika kolesterol terjaga, kesehatan jantung akan ikut terjaga.

5. Membantu penurunan berat badan

Jika kamu sedang menyiapkan metode diet untuk menurunkan berat badan, kamu bisa menambahkan rebung ke dalam daftar makananmu. Dengan kalorinya yang rendah, rebung memiliki serat dan nutrisi yang kaya.

Pada metode diet tertentu, seperti diet rendah karbohidrat, juga bisa menggunakan rebung sebagai salah satu bahan makanan. Karena bambu muda ini memiliki nilai karbohidrat yang rendah, tapi kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. 

Biasanya, orang yang menjalankan diet rendah karbohidrat, bukan hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk membantu memperbaiki atau mencegah kondisi medis seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

6. Memperbaiki nafsu makan

Beberapa orang yang mengalami gangguan pencernaan atau ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, akan kehilangan nafsu makan. Rebung dapat membantu mengembalikan nafsu makan yang hilang tersebut. 

Dilansir Web MD, manfaat rebung ini bisa muncul karena rasa yang sedikit manis dan tekstur bambu yang renyah, sehingga memancing keinginan makan. 

Selain itu selulosa pada bambu juga dipercaya dapat merangsang nafsu untuk makan. Kandungan ini juga dapat memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. 

7. Manfaat rebung sebagai antioksidan

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menetralkan radikal bebas. Karena radikal bebas yang dibiarkan menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan stres oksidatif. 

Stres oksidatif dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, stroke dan diabetes. 

Di samping itu, antioksidan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel. Kandungan yang membantu tersebut dikenal dengan nama flavonoid. 

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin menyantap rebung

Meski memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, tapi jangan sembarangan dalam mengolah rebung, ya. Karena rebung yang mentah atau belum diolah dapat mengandung senyawa yang berbahaya. 

Sebelum mengolahnya menjadi masakan, kamu harus memotong membersihkan dan merebusnya terlebih dahulu sekitar 20 hingga 25 menit untuk menghilangkan senyawa yang berbahaya. 

Demikian informasi manfaat rebung yang belum banyak diketahui. Jika belum pernah mencobanya, tidak ada salahnya membuat masakan berbahan dasar rebung. Selain mencoba rasa renyahnya, sekaligus merasakan manfaat rebung untuk kesehatan. 

Punya pertanyaan seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMd, diakses 2 Maret 2021
Health Benefits of Bamboo
Livestrong, diakses 2 Maret 2021
Nutritional Information on Bamboo Shoots
Better Health Channel Victoria State Government, diakses 2 Maret 2021
Bamboo Shoots
Nutritionvalue.org, diakses 2 Maret 2021
Bamboo Shootrs Raw

    register-docotr