Info Sehat

Bukan Sekadar Pewarna Makanan, Ini Manfaat Daun Suji bagi Kesehatan

March 8, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat daun suji (Dracena angustifolia) yang selama ini banyak dikenal adalah sebagai pewarna makanan alami. Namun, ada beragam potensi kesehatan yang bisa dihasilkan dari daun yang menghasilkan warna hijau ini.

Daun suji sebenarnya adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh liar di tempat basah atau ditanam di sekitar halaman rumah dan dijadikan pagar. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia mencatat beberapa daerah menamai daun ini sebagai jingkang dan hanjuwang merak di Jawa Barat, Semar di Jawa, jejuang bukit dan pendusta utan di Ambon hingga pondan jawa di Minahasa.

Manfaat daun suji

Dijadikan pewarna alami merupakan manfaat utama daun suji. Penelitian dalam Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia ini bahkan mencatat warna hijau dari air perasan daun suji kerap ditambahkan pada berbagai makanan tradisional.

Kemampuan daun suji menghasilkan warna hijau ini adalah karena kandungan klorofilnya yang kaya. Peneliti bahkan menulis jika daun suji memiliki karakter yang lebih baik dibandingkan daun sumber klorofil lainnya. 

Jika dibandingkan dengan daun cincau, daun suji disebut tidak memiliki komponen bentuk gel. Adanya hidrokoloid pembentuk gel ini justru bisa menghalangi keluarnya klorofil dari daun pada saat diekstraksi.

Selain pewarna makanan, berikut ini adalah manfaat lain daun suji bagi kesehatan:

Bisa dijadikan obat konstipasi

Sebuah studi literatur yang dilakukan peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan adanya potensi daun suji sebagai bahan obat tradisional.

Peneliti mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan di Tabanan, Provinsi Bali. Di sana daun suji digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati konstipasi pada bayi 3 bulan.

Penelitian tersebut menyatakan jika bayi bisa disembuhkan tanpa menghadirkan efek samping yang membahayakan. Uniknya, dokter sudah memberi vonis bahwa penyakit si bayi hanya bisa disembuhkan dengan jalan operasi.

Manfaat daun suji bagi alergi

Anafilaksis merupakan reaksi alergi yang parah yang timbul ketika terjadi kontak dengan alergen. Reaksi hipersensitivitas ini merupakan salah satu respons imun yang berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan jaringan maupun penyakit yang serius.

Sebuah penelitian dalam Jurnal Sains Farmasi & Klinis menyebut pemberian ekstrak daun suji dapat menghambat terjadinya reaksi anafilaksis pada mencit yang dijadikan bahan percobaan.

Penelitian ini memberikan harapan atas manfaat daun suji untuk mencegah alergi. Akan tetapi, masih dibutuhkan kajian yang lebih luas lagi terutama terhadap manusia.

Menurunkan kolesterol

Studi literatur yang dilakukan peneliti LIPI berhasil menemukan adanya manfaat daun suji untuk menurunkan kolesterol darah. 

Temuan ini bisa sangat berguna karena kolesterol yang tinggi juga bisa membuat risiko terjadinya hipertensi meninggi. Puncaknya, potensi penyakit jantung dan stroke pun bisa meningkat.

Daun suji bisa dipakai sebagai antibakteri

Antibakteri merupakan senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Studi literatur yang dilakukan peneliti LIPI pun menyebut adanya penelitian yang membuktikan aktivitas antibakteri daun suji.

Beberapa bakteri yang pertumbuhannya bisa dihambat oleh ekstrak daun suji antara lain:

  • Shigella dysenteriae
  • Shigella flexneri
  • Eschericia coli
  • Salmonella typhi 

Manfaat daun suji untuk penurunan inflamasi

Daun suji disebut memiliki aktivitas antiinflamasi. Kemampuan ini dipengaruhi oleh senyawa steroidal saponin yang terdapat dari ekstrak daun suji.

Inflamasi sendiri memang merupakan mekanisme alami tubuh untuk merespons adanya infeksi yang disebabkan mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur.

Daun suji jadi sumber antioksidan

Memastikan tubuh menerima cukup antioksidan merupakan hal yang penting. Karena senyawa ini dapat melindungi kamu dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Beruntungnya, daun suji memiliki aktivitas antioksidan yang membuat tumbuhan ini bisa jadi andalan kamu dalam memenuhi kebutuhan senyawa ini. 

Demikianlah berbagai manfaat daun suji bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Pastikan selalu mendapat asupan sehat dan bergizi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr