Info Sehat

7 Manfaat dari Kebiasaan Makan Lesehan di Lantai

May 16, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Orang Jepang mempunyai kebiasaan yang sehat dalam menjalani hidup, salah satunya adalah makan dengan duduk di lantai. Di Indonesia, cara itu hampir tidak ada bedanya dengan makan lesehan. Ternyata, makan dengan cara duduk di lantai punya banyak manfaat, lho.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan makan dengan duduk di lantai? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Beragam manfaat makan lesehan di lantai

Ada banyak efek baik untuk tubuh dari kebiasaan makan dengan posisi duduk di lantai. Mulai dari mendukung kinerja saluran cerna hingga membantu menjaga postur tubuh. Berikut tujuh manfaat dari makan sambil duduk di lantai:

1. Mengoptimalkan fungsi saluran cerna

Makan sambil duduk di lantai bisa membantu kinerja sistem pencernaan. Duduk dengan posisi kaki menyilang sendiri merupakan salah satu pose atau gerakan dari olahraga yoga, bernama Sukhasana.

Tubuh akan dipaksa untuk bergerak maju atau membungkuk ke depan (untuk mengambil makanan) dan kembali ke posisi semula.

Gerakan berulang itu sangat baik bagi otot perut, meningkatkan sekresi asam lambung, dan memungkinkan makanan yang kamu santap lebih mudah dan cepat untuk dicerna. Bukan hanya itu, kebiasan tersebut dapat membantu meredakan beberapa gangguan pada sistem pencernaan.

2. Mengatasi sakit di bagian perut

Manfaat lain dari makan dengan posisi duduk di lantai adalah bisa membantu meredakan sakit  di bagian perut. Saat sedang duduk, terjadi peregangan pada otot di panggul bagian bawah, punggung, dan sekitar perut atas.

Hal itu dapat meringankan dan mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan di area tersebut.

3. Bantu turunkan berat badan

Ada manfaat secara tidak langsung dari kebiasaan makan dengan duduk di lantai terhadap penurunan berat badan. Gerakan berulang membungkuk untuk mengambil makanan dan kembali ke posisi semula bisa membuatmu merasa cepat kenyang.

Saat makan dalam posisi duduk di lantai, saraf vagus di perut bisa lebih cepat mengirim sinyal ke otak bahwa kamu sudah kenyang. Posisi tersebut juga dapat membuat pikiran lebih rileks, dapat menurunkan rasa ingin makan lebih banyak.

Jadi, asupan lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Ini tentu berbeda jika kamu menyantap makanan kesukaanmu dalam posisi duduk di atas kursi.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Dikutip dari laman Asian Institute of Medical Science, posisi duduk dapat membantu tubuh meningkatkan dan mengoptimalkan sirkulasi darah. Ini karena saraf menjadi lebih tenang dan tidak tegang.

Efek positifnya, kesehatan jantung juga lebih terjaga. Pada pose Sukhasana dalam olahraga yoga, aliran darah bisa terdistribusi secara merata ke seluruh tubuh.

5. Menjaga postur tubuh tetap baik

Duduk, termasuk ketika sedang makan, bisa membantumu dalam menjaga atau mempertahankan postur tubuh yang baik. Punggung tetap lurus, kekuatan bertumpu di kaki, serta sendi dan otot bebas dari ketegangan.

Hal tersebut juga bisa menjaga fleksibilitas tubuh dalam menjalankan aktivitas. Selain itu, kebiasaan duduk kerap dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih lama. Ini bisa kamu lihat pada orang Jepang, di mana banyak yang hidup dengan umur panjang.

Baca juga: 6 Rahasia Orang Jepang Jaga Kesehatan dan Panjang Umur

6. Meredakan stres

Makan dengan duduk di lantai seperti gerakan Padmasana dan Sukhasana dalam olahraga yoga punya efek menyerupai meditasi, yaitu menghilangkan stres dan tekanan pikiran.

Ini juga posisi yang baik untuk melakukan latihan pernapasan, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan suplai oksigen.

Dengan melakukan kebiasaan duduk, kamu akan mudah mendapatkan ketenangan karena tulang belakang dan otot bahu menjadi lemas. Bukan hanya meredakan stres, makan dengan cara duduk di lantai juga dipercaya dapat membantu menyeimbangkan emosi.

7. Dampak sosial

Bukan hanya soal fisik, kamu bisa mendapatkan manfaat sosial dari makan sembari duduk di lantai. Seperti diketahui, gaya lesehan dikenal bisa membuat suasana menjadi cair dan akrab, baik itu bersama teman, kerabat, atau keluarga.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kebiasaan makan dengan posisi duduk di lantai. Jadi, kapan kamu akan mulai mencoba melakukannya?

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Asian Institutes of Medical Science, diakses 11 Mei 2021, Benefits of Sitting on the Floor while Eating.
  2. Cure Joy, diakses 11 Mei 2021, 8 Amazing Benefits Of Sitting On The Floor To Eat.
  3. Lifealt, diakses 11 Mei 2021, Amazing health benefits of sitting on floor and eating.

    register-docotr