Info Sehat

7 Cara Jaga Kebersihan Kucing dan Anjing di Rumah, Sstt… Ada Tips Bersihkan Kandangnya Juga!

October 5, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Setiap 4 Oktober diperingati sebagai World Animal Day. Memiliki hewan peliharaan adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Anjing dan kucing misalnya, dua hewan yang sering dijadikan teman bermain di rumah.

Namun, memelihara hewan bukan hanya soal bermain bersama, tapi juga memerhatikan kebersihannya. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk memastikan kebersihan hewan peliharaan tetap terjaga? Simak ulasannya berikut!

Cara menjaga kebersihan hewan peliharaan

Bicara soal kebersihan hewan peliharaan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Bukan cuma tentang badannya, tapi juga lingkungan sekitarnya. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan:

1. Sediakan air bersih

Air yang bersih dan masih segar tak hanya berguna untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan, tapi juga kebutuhan minumnya. Usahakan untuk memberi air yang bersih untuk diminum agar kucing dan anjing peliharaan tetap sehat.

2. Sikat bulunya

Anjing dan kucing adalah hewan yang berbulu. Menyikat bulunya adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kebersihannya. Dengan menyikat bulunya, kamu bisa mengetahui kondisi kulitnya.

Jika ada perubahan pada kulit anjing dan kucing, misalnya muncul benjolan, kamu bisa segera mengetahuinya dan dapat dengan cepat memeriksakannya. Bukan hanya menyikat, kamu juga bisa membuat hewan peliharaan terlihat lebih rapi dengan rutin menyisir bulunya.  

Baca juga: Alergi Bulu Kucing: Ketahui Berbagai Gejala & Apakah Bisa Disembuhkan?

3. Perhatikan kebersihan gigi

Kebersihan gigi hewan peliharaan tak kalah pentingnya untuk dijaga. Kucing dan anjing adalah hewan yang sama-sama memiliki taring dan gigi runcing. Sama seperti manusia, gigi hewan peliharaan bisa memiliki karang atau plak yang dapat berdampak pada kesehatannya.

Gigi yang tidak dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri, lalu berpotensi menyebabkan penyakit. Namun, karena kucing tidak bisa membersihkan giginya sendiri, maka kamu sebagai pemiliknya sudah mesti harus membantunya.

Jika ragu-ragu, bawa kucing atau anjing peliharaan ke dokter hewan untuk membersihkan gigi, setidaknya sekali dalam setahun.

4. Mandikan hewan peliharaan

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga butuh mandi agar tetap bersih dan wangi. Tapi, ada baiknya kamu menggunakan sampo yang memang dibuat khusus untuk kucing atau anjing, ya. Sebab, sampo khusus hewan memiliki kandungan atau zat yang sudah disesuaikan.

Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan sampo khusus untuk anjing sesuai dengan rasnya. Setelah selesai dimandikan, jangan lupa untuk mengeringkan badan hewan. Jangan biarkan tubuh hewan peliharaan terlalu lembap, ya!

5. Bersihkan tempat tidurnya

Berbeda dengan binatang liar, hewan yang dipelihara biasanya memiliki tempat khusus untuk tidur. Kebersihan tempat tidur perlu diperhatikan, karena bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman. Tak hanya itu, bakteri yang ada di situ mungkin juga dapat membuatmu terpapar penyakit.

Cuci tempat tidur anjing atau kucing untuk tetap menjaga kebersihannya. Mencuci secara rutin bermanfaat pula untuk menghilangkan bau tak sedap yang bisa menyebar ke seluruh ruangan.

6. Perhatikan tempat buang kotoran

Pada umumnya, pemilik kucing atau anjing menyediakan tempat khusus untuk dijadikan lokasi buang air kecil atau buang air besar dari hewan peliharaannya. Jika ada di dalam rumah, kamu tentu harus mengeceknya secara berkala, jangan biarkan kotoran menumpuk terlalu banyak dan lama.

Jika menyediakan pasir, selalu ganti dengan yang baru jika sudah dipenuhi kotoran hewan peliharaan. Kotoran hewan yang dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan penyakit, baik pada binatang maupun pemiliknya.

Baca juga: Penyakit Zoonosis di Indonesia: Ketahui Cara Penularan dan Hewan Perantaranya

7. Perhatikan makanannya

Tidak seperti manusia, hewan tidak bisa menjaga kebersihan makanannya. Sebagai tuan rumah yang baik, kamu bisa memberi makan hewan peliharan di wadah khusus. Jauhkan dari tempat hewan buang kotoran agar makanan tidak tercemar.

Jika memungkinkan, kamu perlu memiliki banyak wadah makanan agar bisa digunakan secara bergantian.

Tips membersihkan kandang hewan

Jika kamu menyediakan kandang khusus untuk hewan peliharaan, selalu perhatikan kebersihannya. Berikut tips membersihkan kandang hewan peliharaan yang bisa kamu lakukan:

  • Gunakan sarung tangan karet dan kacamata untuk melindungi diri
  • Gunakan kuas atau sikat gigi bekas untuk menjangkau sudut dan celah kandang
  • Manfaatkan spons agar lebih memudahkan proses pembersihan
  • Agar hasilnya maksimal, gunakan disinfektan
  • Lakukan setiap hari untuk menghilangkan tumpahan, makanan yang tidak dihabiskan, serta kencing dan kotoran hewan
  • Cuci piring atau wadah makanan hewan setiap hari
  • Lakukan proses pembersihan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali, termasuk pada aksesori yang ada
  • Pastikan kandang sudah kering sebelum memasukkan kembali hewan peliharaan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan terutama anjing dan kucing. Agar hewan kesayangan tetap bersih dan sehat, selalu terapkan langkah-langkah di atas, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

  1. WebMD, diakses 4 Oktober 2021, Tips for a Clean Home and Healthy Cat.
  2. Pet Safe, diakses 4 Oktober 2021, Cats 101: Basic Health & Care Tips to Keep Your Cat Healthy.
  3. Barkly Pets, diakses 4 Oktober 2021, 6 Easy Tips to Keep Your Dog Clean and Smelling Wonderful.
  4. Sykesvilles Veterinary Clinic, diakses 4 Oktober 2021, Small Animal Care Tips: How to Clean Up their Cage

    register-docotr