Info Sehat

5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri bagi Penderita Vitiligo

June 24, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Setiap 25 Juni diperingati sebagai World Vitiligo Day atau Hari Vitiligo Sedunia. Vitiligo sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan memudarnya warna kulit dalam bentuk bercak pada kulit. Kondisi ini dapat memengaruhi kulit di bagian tubuh manapun.

Karena kondisinya, penderita vitiligo rentan mengalami stres, kecemasan, hingga depresi karena mendapatkan stigma tertentu. Hal ini membuat penderitanya dapat mengalami penurunan kepercayaan diri.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi stres, kecemasan, hingga depresi atau meningkatkan kepercayaan diri bagi penderita vitiligo, apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini.

Baca juga: Abaikan Body Shaming! Yuk Cerdas Menghadapinya dengan Body Positivity, Ini Tipsnya

Tips meningkatkan kepercayaan diri bagi penderita vitiligo

Mengatasi stres, kecemasan, atau bahkan depresi sangat penting. Sebab, ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi penderita vitiligo. Adapun beberapa cara untuk mengatasinya di antaranya adalah:

1. Lakukan langkah kecil untuk menghadapi rasa takutmu

Bagi penderita vitiligo mungkin saja sulit untuk menghadapi stigma dari masyarakat. Namun ini bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah hadapi ketakutanmu. Sebab, mengambil langkah kecil untuk menghadapi ketakutan dapat memberikanmu kepercayaan diri.

2. Cintai diri sendiri

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah mencintai diri sendiri. Perlu kamu ketahui bahwa kunci untuk mengatasi depresi adalah bersikap terbuka, menerima, dan mencintai diri sendiri apa adanya.

3. Bangun kebiasaan berpikir positif

Pikiran negatif dapat menurunkan rasa kepercayaan dirimu. Penting bagi kamu untuk tidak hanya mengenali pikiran negatif ini saja, melainkan juga membangun kebiasaan untuk berpikir secara positif.

Nah, untuk melakukannya kamu dapat membuat jurnal yang berisi tentang rasa syukurmu. Misalnya saja, setiap pagi kamu dapat menuliskan hal yang paling kamu syukuri dalam kehidupanmu. Seiring bejalannya waktu, ini dapat membantumu untuk berpikir secara positif.

Dikutip dari laman Healthline, penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur dapat memiliki efek positif yang bertahan lama pada kesehatan mental secara keseluruhan.

4. Berbicara dengan orang terdekat

Untuk mengatasi kecemasan atau ketakutanmu, kamu juga dapat berbicara dengan orang terdekat. Cobalah untuk membicarakan perasaan yang kamu alami kepada teman atau anggota keluarga. Pilihan lainnya adalah kamu juga dapat berbicara pada ahli kesehatan atau konselor.

5. Lakukan hal yang kamu sukai

Stres, kecemasan, dan depresi dapat menyebabkanmu merasa lelah. Sebaiknya, cobalah untuk mengatasinya dengan cara melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Misalnya saja, melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan energimu, seperti bermain alat musik, melukis, atau bahkan bersepeda.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menetapkan tujuan yang kamu ingin capai. Berusaha untuk mencapai tujuan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan.

Baca juga: Apa Itu Dimpleplasty: Cara Membuat Lesung Pipi dengan Proses Operasi Plastik?

Tips bagi orang-orang terdekat untuk memberi dukungan

Peran dari orang-orang terdekat juga sangat dibutuhkan untuk  memberikan dukungan bagi penderita vitiligo. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat untuk memberikan support atau dukungan di antaranya adalah:

1. Edukasi diri mengenai vitiligo

Jika kamu ingin memberikan dukungan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengedukasi diri mengenai kondisi yang dialami penderita vitiligo. Vitiligo merupakan kondisi yang bukan hanya memengaruhi kulit saja, melainkan juga dapat memengaruhi mental penderitanya.

Ingat, tidak semua orang merasa mudah untuk menceritakan kondisi yang dialaminya. Maka dari itu, penting juga bagi kamu untuk memahami mengenai vitiligo.

Misalnya saja, dengan mendengarkan atau membaca cerita dari penderita vitiligo dapat membantumu lebih memahami kondisi tersebut.

2. Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik juga penting untuk dilakukan. Sebagai upaya membantu, kamu juga dapat memberikan masukan atau kata-kata penghibur yang tidak menyinggung perasaan penderita vitiligo.

Ingat, jangan pernah mengatakan bahwa apa yang mereka alami adalah hal kecil. Sebab, kondisi ini seringkali disertai dengan rasa sakit secara emosional yang mendalam. Dengarkanlah terlebih dahulu dan cobalah untuk belajar dari pengalaman mereka.

3. Hargai penderita vitiligo

Sebagai bentuk dukungan, penting juga bagi kamu untuk selalu menghargai penderita vitiligo. Bagi mereka yang menderita vitiligo jalan menuju penerimaan diri sendiri bisa menjadi panjang dan mungkin saja tidak mudah bagi mereka.

Ingat, jangan pernah memperlakukan seseorang dengan vitiligo seolah-olah ia berbeda. Tak hanya itu, jangan pernah juga menyebut kulit seseorang tidak sempurna.

Sebab, kata-kata tersebut dapat membuat penderita vitiligo meragukan diri sendiri dan menurunkan kepercayaan dirinya.

Itulah beberapa informasi mengenai tips mengatasi stres, kecemasan, dan depresi atau meningkatkan kepercayaan diri bagi penderita vitiligo serta tips memberikan dukungan bagi penderita vitiligo. Ingat, dukungan terbaik dari orang terdekat sangat dibutuhkan oleh penderita vitiligo.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Health (2019). Diakses pada 23 Juni 2021. 4 Things Never to Say to Someone With Vitiligo—Even if You Don’t Mean Any Harm 

Healthline (2018). Diakses pada 23 Juni 2021. How to Fight Depression: 20 Things to Try 

Healthline (2020). Diakses pada 23 Juni 2021. When in Doubt, Shout It Out! 8 Drug-Free Ways to Battle Anxiety 

Living Dappled (2018). Diakses pada 23 Juni 2021. How to Support Someone Living with Vitiligo 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 23 Juni 2021. Vitiligo

Okezone.com (2021). Diakses pada 23 Juni 2021. Penderita Vitiligo Rentan Alami Psikososial, Dokter: Butuh Dukungan 

Vitiligosociety.org (2020). Diakses pada 23 Juni 2021. 5 WAYS TO BUILD CONFIDENCE WHEN YOU LIVE WITH VITILIGO 

 

    register-docotr