Info Sehat

5 Manfaat Thai Massage bagi Kesehatan Tubuh, Pernah Coba?

December 11, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Dari sekian banyak metode memijat yang ada, Thai massage adalah salah satu teknik pijatan yang paling banyak digemari.

Selain membuat tubuh terasa rileks, teknik pijatan yang fokus pada pemberian tekanan lembut ini juga dipercaya punya banyak manfaat kesehatan lainnya.

Baca juga: Ampuh Redakan Sakit Kepala, Lakukan Pijat di 5 Titik Bagian Tubuh Ini

Apa itu Thai massage?

Dari namanya, banyak yang mengira bahwa Thai massage berasal dari Thailand. Padahal sebenarnya, teknik pijat ini datang dari India.

Dahulu Thai massage dianggap sebagai seni penyembuhan yang sering dipadukan dengan pemberian obat-obatan tradisional asal Tiongkok.

Berbeda dengan teknik memijat pada umumnya, Thai massage mengharuskan kamu untuk berbaring di lantai dan berpartisipasi secara lebih aktif selama sesi memijat berlangsung.

Jadi, jangan heran jika saat dipijat kamu akan berbaring dengan pakaian lengkap di atas tikar, sementara seorang praktisi melakukan teknik pijat di saat yang sama.

Manfaat kesehatan Thai massage

Dilansir Medical News Today, pijat ala Thailand memiliki banyak manfaat kesehatan, beberapa di antaranya adalah:

Meredakan stres

Stres yang terlalu banyak memang akan berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik. Namun apabila jumlahnya sedikit, stres justru bisa membantu seseorang untuk bekerja lebih baik.

Ketika kamu merasa mengalami stres yang berlebihan, ada baiknya untuk menenangkan diri dengan melakukan Thai massage.

Tekanannya yang lembut dirancang khusus untuk meregangkan saraf-saraf yang tegang, sekaligus merilekskan tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 juga menemukan fakta bahwa pijat ala Thai secara signifikan dapat mengurangi tingkat penanda stres tertentu yang ada dalam air liur, yang disebut Salivary Alpha-Amylase Levels (sAA).

Metode memijat ini bahkan disebut-sebut jauh lebih efektif dalam mengurangi stres pada orang sehat daripada sekadar istirahat, lho.

Meningkatkan energi

Sebuah uji coba yang dilakukan secara acak berusaha meneliti efek pijat Thailand dan Swedia pada orang yang mengalami kelelahan. Hasilnya mengungkapkan bahwa Thai massage mampu meningkatkan energi dan rangsangan mental yang lebih baik dibandingkan pijat Swedia.

Salah satu penyebabnya adalah karena teknik pijat ala Thai lebih berfokus pada saluran energi di dalam tubuh. Misalnya seperti tulang, otot, darah, dan saraf.

Secara tidak langsung ini membuat penyumbatan energi yang membuat otot-otot terasa tegang, dan kaku, menjadi lebih bebas mengalirkan energi ke dalam tubuh.

Mengurangi sakit kepala

Jika kamu mengalami migrain, kamu dapat mencoba pijat tradisional Thailand untuk membantu meringankan gejala tersebut.

Dalam beberapa penelitian kecil yang melibatkan pasien dengan sakit kepala kronis, para peneliti menemukan bahwa metode memijat ini bisa mengurangi intensitas sakit kepala migrain secara signifikan.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu perlu mencatat bahwa manfaat kesehatan tersebut hanya dapat bertahan dari beberapa hari hingga sekitar 15 minggu saja.

Membantu mengatasi nyeri sendi

Pijat ala Thai juga diketahui dapat meningkatkan fungsi sendi, jika kamu mengalami nyeri dan kaku saat bergerak.

Hal ini salah satunya terbukti lewat penelitian ilmiah yang melibatkan 60 pasien dengan kasus osteoartritis lutut.

Di situ para peneliti mengemukakan bahwa pijat ala Thai selama 3 minggu, mampu memberikan efek pereda nyeri yang sama setara dengan konsumsi ibuprofen selama 3 minggu pula.

Mengurangi sakit punggung

Nyeri punggung yang menahun tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa mencoba pengobatan non medis melalui Thai massage.

Dilansir Healthline, sebuah penelitian di Thailand mempelajari efek pijat ala Thai pada 120 orang dengan nyeri punggung bawah nonspesifik. Separuh dari kelompok uji dirawat dengan pijat ala Thai, dan sisanya dengan teknik manajemen konservatif lainnya.

Kedua kelompok dirawat dua kali seminggu selama 4 minggu, dan hasilnya kedua kelompok tersebut sama-sama mengalami penurunan rasa nyeri yang signifikan.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Immediate Effects of Traditional Thai Massage on Psychological Stress as Indicated by Salivary Alpha-Amylase Levels in Healthy Persons, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4599180/ diakses pada 10 Desember 2020

What are the health benefits of Thai massage?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/323687 diakses pada 10 Desember 2020

6 Science-Supported Benefits of Thai Massage, https://www.healthline.com/health/thai-massage-benefits#joint-pain diakses pada 10 Desember 2020

 

    register-docotr