Info Sehat

Cara Mengusir Lalat dari Makanan Tanpa Bahan Berbahaya & Aman bagi Kesehatan

February 28, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Lalat pengganggu atau yang termasuk ke dalam ordo Diptera dikenal sebagai lalat pengganggu. Sebelum menyebabkan masalah, tidak ada salahnya menyiapkan cara mengusir lalat dari lingkungan rumah.

Karena lalat dapat menyebabkan masalah meski tak terlihat secara langsung. Karena lalat dapat menjadi perantara penularan infeksi bakteri dan menyebabkan timbulnya penyakit. 

Lalat dan penularan penyakit 

Lalat, khususnya lalat pengganggu bertelur di tempat sampah atau kotoran hewan. Telur yang tumbuh menjadi lalat dewasa akan mencari makan yang umumnya dari bahan organik yang membusuk, yang kemungkinan mengandung bakteri. 

Kemudian, jika lalat berada di lingkungan rumah, lalat dapat memuntahkan isi perutnya ke barang-barang yang sering disentuh atau bahkan ke makanan yang ada di rumah.

Sementara karena lalat memakan makanan yang mengandung bakteri, muntahan tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Bayangkan jika kamu menyentuh permukaan tersebut, kemudian makan makanan dari tangan yang terkontaminasi. 

Atau kamu memakan, makanan yang telah terkontaminasi itu, kemungkinan kamu akan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Penyakit yang mungkin dibawa oleh lalat antara lain:

  • Kolera 
  • Penyakit akibat E
  • Demam tifoid
  • Disentri
  • Infeksi mata
  • Frambusia atau disebut juga infeksi tropis
  • Keracunan makanan
  • Penyakit akibat E. Coli 

Cara mengusir lalat dengan alami

Cara mengusir lalat dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan bahan-bahan kimia tertentu. Namun untuk menjaga keamanan, kamu bisa mencoba cara mengusir lalat yang alami tanpa bahan-bahan berbahaya. 

Berikut beberapa daftar cara mengusir lalat agar menjauh dari makanan dengan aman. 

1. Tumbuhan herbal dan bunga-bungaan

Sejumlah tanaman herbal dan bunga dapat mengusir lalat dari rumah. Kamu bisa mencoba menanamnya di sekitar rumah. Beberapa tumbuhan tersebut seperti: 

2. Cara mengusir lalat dengan cuka dan sabun cuci piring 

Campuran keduanya bisa menjadi jebakan ampuh untuk lalat. Kamu bisa menggunakan cara mengusir lalat ini dengan mudah. Cukup campur keduanya ke dalam gelas. 

Kemudian tutup gelas dengan plastik dan ikat dengan karet gelang. Bolongi permukaan plastik dan biarkan aroma cuka memancing lalat. Lalat akan masuk gelas dan ketika lalat berusaha keluar, ia akan kesulitan karena licin yang disebabkan sabun cuci piring. 

3. Cabai rawit dan air

Dilansir dari Healthline, cabai rawit dipercaya dapat mengusir lalat. Dituliskan, cara menggunakan cabai rawit cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan cabai rawit ke dalam air dan semprotkan air ke sekitar rumah untuk mencegah lalat masuk. 

4. Venus flytrap (Dionaea muscipula)

Ini adalah cara mengusir lalat yang paling mudah, karena kamu mengandalkan venus flytrap berupa tumbuhan yang memakan serangga. 

Jika kamu menanamnya di halaman rumah, tanaman ini akan secara alami memakan serangga, termasuk lalat. Ketika ada lalat yang terjebak di tanaman ini, maka lalat akan berada di dalam tanaman ini selama 5 hingga 12 hari, kemudian tumbuhan ini akan memuntahkan kerangka lalat. 

5. Cara mengusir lalat dengan perangkap alami

Kamu bisa membuat perangkap alami, memancing lalat mendekat lalu menyingkirkannya. Bahan yang bisa digunakan untuk membuat jebakan antara lain:

  • Gula
  • Anggur
  • Buah
  • Daging

Cara mengusir lalat lainnya

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, namun masih ada lalat di sekitar rumah, mungkin kamu perlu melakukan cara-cara berikut. 

1. Menjaga sanitasi

Jagalah lingkungan rumah tetap bersih. Bersihkan tempat sampah dengan rutin, dan kelola dengan baik sampah organik yang mudah membusuk.

Jangan meninggalkan piring, gelas atau peralatan kotor di atas meja. Jika memiliki hewan peliharaan, bersihkan kotorannya dengan rutin.

Menghilangkan lingkungan kotor yang disukai lalat bisa menjadi salah satu cara mencegah lalat masuk ke dalam rumah. 

2. Perhatikan celah rumah

Celah kecil bisa menjadi jalan masuk lalat ke dalam rumah. Perhatikan celah di rumah seperti ruang di sekitar pipa saluran, atau ventilasi yang tidak dipasangi jaring pencegah serangga. Pasanglah jaring untuk mencegah lalat masuk. 

3. Gunakan perangkap

Selain menggunakan bahan-bahan alami, terdapat alat-alat seperti perangkap sinar ultraviolet untuk membantu mengusir lalat dari rumah. 

4. Menggunakan bahan kimia

Jika langkah-langkah tersebut masih juga belum berhasil mengusir lalat, saatnya mencoba bahan kimia. Insektisida adalah salah satu yang bisa kamu coba. 

Gunakanlah yang berbahan dasar piretrin dan pastikan membeli produk yang memang dapat digunakan untuk di dalam ruangan. Namun pengguna ini tidak akan efektif jika dilakukan untuk jangka panjang. 

Demikian beberapa cara mengusir lalat di rumah, menjauhkannya dari makanan dengan cara-cara alami dan beberapa langkah lainnya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 23 Februari 2021
How to deal with a housefly infestation
WHO, diakses 23 Februari 2021
Houseflies
Verywellhealth, diakses 23 Februari 2021
Are flies the cause of disease?

    register-docotr