Info Sehat

4 Tips Memilih Layanan Rawat Jalan Homecare

July 19, 2022 | aldi heryadi | dr. Elizabeth C. Palar
feature image

Banyak orang mungkin telah berpikir untuk menggunakan jasa perawatan rumah atau rawat jalan home care untuk dirinya sendiri atau orang-orang yang mereka cintai. Perawatan rumah dapat memudahkan Anda merawat anggota keluarga, meski di tengah kesibukan yang padat. 

Home care diperuntukkan bagi orang yang membutuhkan bantuan orang lain secara intensif demi meningkatkan, mempertahankan, hingga memaksimalkan kemandirian setelah divonis suatu penyakit. Pelayanan ini biasanya dilakukan berdasarkan permintaan pasien sendiri atau pihak keluarga. 

Memilih layanan perawatan rumah tentu tidak boleh sembarangan. Ada banyak pertimbangan yang perlu dilakukan demi menjamin perasaan aman, nyaman, dan mandiri bagi pasien yang menjalaninya. 

Tips Memilih Layanan Rawat Jalan Homecare

Memilih layanan rawat jalan home care sebenarnya cukup mudah jika Anda mengetahui triknya. Berikut empat tips memilih layanan rawat jalan home care yang perlu diketahui. 

Baca Juga : Wajib Tahu! 8 Manfaat Kesehatan Kerja di Era Pandemi

1. Minta rekomendasi orang lain

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam memilih home care adalah mencari rekomendasi. Mulailah dengan berdiskusi bersama dokter, suster, hingga dinas sosial tentang layanan rawat jalan home care mana yang berkualitas dan patut dijadikan pertimbangan. 

Selain itu, minta juga saran dari anggota keluarga hingga teman terdekat terkait hal ini. Mereka akan membantu menentukan apa yang Anda butuhkan. 

2. Cari tahu kebutuhan Anda tentang layanan home care

Langkah kedua dalam menentukan layanan rawat jalan home care yang tepat adalah dengan mengenal dan menilai kebutuhan Anda sebagai pengguna jasa. Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan dari agen perawatan dan ketahui pula apa yang mereka tawarkan. 

Pastikan layanan home care menawarkan pelayanan yang Anda butuhkan. Cari tahu apakah layanan tersebut menawarkan perawatan rumah, perawatan pribadi, atau keduanya sekaligus. 

Tak hanya itu, pastikan juga layanan home care menyediakan alat-alat kesehatan yang Anda butuhkan. Kemudian, tanyakan apakah penyedia layanan perlu memberi tahu Anda soal penggunaan alat atau tidak. 

Terakhir, tanyakan seberapa cepat layanan rawat jalan home care bisa mulai berjalan, dan apakah ada kendala seperti batas geografis. 

3. Cari layanan home care dengan reputasi baik

Langkah selanjutnya, yaitu gali informasi sebanyak-banyaknya tentang reputasi layanan rawat jalan home care yang akan Anda pilih. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melihat riwayat layanan yang telah dilakukan. 

Selain itu, dikutip dari American Cancer Society, berikut beberapa hal yang perlu diperiksa terkait reputasi layanan rawat jalan home care:

  • Akreditasi oleh kelompok yang diakui secara nasional.
  • Sertifikat kesehatan. Rawat jalan home care harus memiliki sertifikasi kesehatan yang menjamin keahlian dan kualitas lembaga serta staff di dalamnya. 
  • Referensi dari para profesional. Cari tahu berapa lama penyedia layanan rawat jalan home care sudah melayani para pasien. Kemudian, mintalah referensi para ahli dan testimoni para pasien yang telah dilayani oleh home care pilihan Anda ini. 

4. Sesuaikan dengan budget Anda

Tips terakhir yang perlu dilakukan dalam memilih layanan rawat jalan home care adalah menyesuaikan tarif dengan budget Anda. Pastikan tarif yang ditetapkan layanan tidak melebihi budget yang sudah diatur. 

Penting untuk mengetahui bagaimana agen home care menangani pembayaran dan penagihan. Pastikan Anda membaca perjanjian dengan cermat sebelum menandatangani dokumen dan simpan salinannya. 

Tanyakan pula tentang adanya pengurangan dan pembayaran bersama, misalnya terkait obat-obatan. Kemudian, tanyakan tentang bantuan finansial yang mungkin disediakan penyedia layanan home care jika diperlukan. 

Selain yang telah disebutkan di atas, ada dua hal lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih layanan home care untuk Anda atau orang terkasih. Hal yang pertama adalah soal komunikasi. 

Baca Juga : Bagaimana Peran Asuransi Kesehatan bagi Karyawan di Lingkungan Kerja?

Penting untuk diperhatikan, agen harus memiliki layanan telepon 24 jam setiap hari, jadi Anda bisa selalu bertanya jika menemukan masalah atau kesulitan. Tanyakan kepala jasa layanan home care tentang masalah itu, sekaligus bagaimana cara mereka menangani komplain. 

Hal penting lainnya, yaitu tanyakan apakah ada rencana tambahan ketika keadaan darurat terjadi. Keadaan darurat tersebut termasuk cuaca buruk, mati listrik, atau bencana alam. Jika kondisi tersebut terjadi, apakah layanan home care akan tetap datang ke rumah Anda. 

Ketika memilih agen perawatan rumah, ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Anda dan orang terkasih. Periksa kembali detail informasi dari agen tersebut, sehingga Anda mampu memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr