Covid-19

Minum Kopi Setiap Hari Bisa Perkecil Risiko Terkena COVID-19, Mitos atau Fakta?

July 16, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain protokol kesehatan, sistem imun yang baik juga bisa memberi perlindungan terhadap risiko terkena COVID-19. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan melalui sumber makanan. Baru-baru ini, kopi disebut bisa mengoptimalkan sistem kekebalan untuk melawan penyakit itu.

Lantas, benarkah kopi bisa membantu tubuh untuk mencegah infeksi virus Corona? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Tentang penelitian terkait

Sebuah riset oleh beberapa peneliti dari Nortwestern University menganalisis efek kopi terhadap peningkatan sistem kekebalan. Melibatkan lebih dari 30 ribu orang, penelitian dimulai sejak Maret hingga November 2020.

Para peneliti menganalisis apa saja yang dikonsumsi oleh peserta, termasuk kopi, teh, daging olahan, daging merah, ikan dengan asam lemak omega-3, buah, dan sayuran.

Hasilnya, ditemukan fakta bahwa orang yang minum satu atau lebih cangkir kopi dalam sehari memiliki risiko terkena COVID-19, 10 persen lebih rendah ketimbang yang tidak atau minum kopi kurang dari secangkir per 24 jam.

Kopi sebagai pencegahan COVID-19

Kopi disebutkan bisa membantu meminimalkan risiko terpapar COVID-19 karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya. Tak hanya itu, senyawa tersebut juga diyakini dapat mengurangi perburukan gejala atau tingkat keparahan pada orang yang sedang terinfeksi virus Corona.

Masih dalam penelitian yang sama, kopi dianggap sebagai sumber kafein dan polifenol yang bisa meningkatkan sistem kekebalan. Kandungan yang sama sebenarnya juga dapat ditemukan pada teh. Dengan kata lain, baik teh maupun kopi bisa memberi manfaat serupa.

Namun, penelitian lebih lanjut dan menyeluruh masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat kopi terhadap virus COVID-19.

Manfaat lain dari kopi

Kopi memang telah lama dikenal karena berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Kopi hitam misalnya, banyak dipilih karena kemurnian dan keasliannya. Selain kemungkinan meminimalkan risiko terinfeksi COVID-19, kopi juga bisa memberi manfaat lain untuk tubuh, seperti:

  • Pencegahan kanker: Kopi hitam bisa membantu mencegah pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh, terutama di bagian mulut, prostat, hati, dan usus besar. Hal tersebut tak lepas dari tingginya kadar antioksidan yang dimiliki.
  • Menurunkan risiko diabetes: Menurut sebuah studi, kopi bisa mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah. Minum satu cangkir kopi hitam setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes hingga tujuh persen.
  • Mencegah gangguan saraf di otak: minum kopi secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai gangguan saraf di otak yang dapat memicu penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.
  • Mencegah kerusakan hati: Kafein pada kopi dapat menurunkan terjadinya sirosis hepatis
  • Meredakan stres: Kafein pada kopi dapat menghambat adenosin, reseptor di otak yang mengontrol efek negatif dari stres kronis. Stres berkepanjangan dapat menyebabkan depresi, salah satu gangguan mental yang telah memengaruhi 260 juta orang di seluruh dunia.
  • Membantu turunkan berat badan: Dalam jangka pendek, kafein pada kopi dapat meningkatkan laju metabolisme (metabolism rate) yang mendukung proses pembakaran kalori. Kalori yang tak terbakar optimal bisa memicu penumpukan hingga terjadinya obesitas.

Baca juga: Sering Minum Kopi saat Perut Kosong? Waspadai 5 Efek Berikut!

Batasan minum kopi

Meski bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kemungkinan meminimalkan risiko infeksi virus Corona, porsi minum kopi tetap harus diperhatikan. Orang dewasa sehat sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari dua sampai empat cangkir kopi (setara 475-950 ml) dalam satu hari.

Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan insomnia, masalah pencernaan, peningkatan tekanan darah, detak jantung berdegup lebih cepat, mudah lelah, hingga sering buang air kecil.

Nah, itulah ulasan tentang kopi dan manfaatnya dalam kemungkinan meminimalkan risiko terinfeksi COVID-19 beserta khasiat lainnya. Agar terhindar dari paparan virus Corona, selalu terapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

  1. Health Shot, diakses 15 Juli 2021, A study reveals that drinking coffee may prevent Covid-19.
  2. Eat This, diakses 15 Juli 2021, One Major Effect Coffee Has on Your Immune System, New Study Says.
  3. News Medical, diakses 15 Juli 2021, Polyphenols may provide protective effect against COVID-19 disease.
  4. Healthline, diakses 15 Juli 2021, 9 Side Effects of Too Much Caffeine.
  5. Healthline, diakses 15 Juli 2021, Can Coffee Increase Your Metabolism and Help You Burn Fat?
  6. Healthline, diakses 15 Juli 2021, 13 Health Benefits of Coffee, Based on Science
  7. Healthline, diakses 15 Juli 2021, When Is the Best Time to Drink Coffee?
  8. WebMD, diakses 15 Juli 2021, Health Benefits of Black Coffee.
  9. World Health Organization (WHO), diakses 15 Juli 2021, Depression.
  10. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 15 Juli 2021, Coffee, tea, and incident type 2 diabetes: the Singapore Chinese Health Study.
  11. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 15 Juli 2021, Effect of Black Tea Extract and Thearubigins on Osteoporosis in Rats and Osteoclast Formation in vitro.
  12. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 15 Juli 2021, Caffeine and caffeine-containing pharmaceuticals as promising inhibitors for 3-chymotrypsin-like protease of SARS-CoV-2.

    register-docotr