Covid-19

Masker Ganda Lebih Efektif Tangkal Paparan COVID-19? Ini Penjelasannya!

June 24, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Memakai masker memang sudah jadi kewajiban di tengah pandemi COVID-19. Meskipun terkesan ringkas dan sederhana, pemakaian masker tidak boleh sembarangan, lho!

Saking pentingnya masker, pemakaian yang salah dapat menambah risiko paparan COVID-19. Sebaliknya, ada upaya untuk meningkatkan efektifitas dalam menangkal paparan virus ini, salah satunya dengan menggunakan masker ganda.

Baca juga: Masker yang Jarang Diganti Bisa Jadi Sarang Mikroba? Ini Penjelasannya!

Seperti apa efektivitas masker ganda?

Imbauan penggunaan masker ganda ini digaungkan oleh banyak dokter dan ilmuwan di dunia maya. Salah satu rujukan dari imbauan ini adalah penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Penelitian tersebut membandingkan bagaimana efektivitas penggunaan masker rangkap serta masker yang karet pengaitnya disimpul. Berikut penjelesan lengkapnya:

Efektivitas masker yang disimpul dan dilipat

Pada awalnya, peneliti CDC mengkaji efektivitas penggunaan masker medis dan masker kain yang tidak disimpul. Kesimpulannya adalah sebagai berikut:

  • Masker medis yang tidak disimpul mampu menahan 56,1 persen partikel dari batuk yang disimulasikan
  • Masker kain yang tidak disimpul mampu menahan 51,4 persen partikel batuk yang disimulasikan

Sementara khusus untuk masker medis, efektivitasnya dalam menahan partikel batuk mencapai 77 persen ketika karetnya disimpul dan ujung masker dekat karetnya dilipat ke bagian dalam.

Efektivitas masker ganda

Penelitian kedua melibatkan pemakaian masker medis yang dilapisi dengan masker kain. Praktik ini mampu mengurangi paparan partikel kumulatif terhadap orang yang tidak bermasker hingga 82,2 persen. 

Ketika orang yang batuk tidak memakai masker dan orang didekatnya memakai masker ganda tersebut, pengurangan paparan yang diterima orang kedua mencapai 83 persen. 

Nah, ketika keduanya memakai masker ganda, maka pengurangan paparan pada orang yang tidak batuk bisa mencapai 96,4 persen, lho!

Cara menyimpul dan melipat masker medis

Sebagaimana yang dikaji oleh CDC, salah satu cara meningkatkan efektivitas masker medis adalah dengan menyimpul dan melipatnya. Berikut ini adalah caranya:

  • Simpul karet pengait masker di titik ujung kain masker
  • Tekuk dan lipat bagian masker kain ke dalam

Efektivitas masker ganda terhadap varian virus baru

Beberapa bulan terakhir, varian COVID-19 baru banyak bermunculan di seluruh dunia. Beberapa di antaranya bahkan sudah ada yang masuk ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan mencatat varian COVID-19 yaitu B.117 asal inggris, B.1351 asal Afrika Selatan dan mutasi ganda India B.1617 sudah masuk ke Indonesia.

Dengan varian baru yang membuat penyebaran COVID-19 menjadi lebih cepat, maka penanganan ekstra pun harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan memakai masker ganda.

Baca juga: Mengenal Lambda: Varian Baru Corona yang sedang Merebak di Amerika Selatan

Menggunakan masker dengan tepat

Memilih masker pun harus tepat, bahkan jika ingin dirangkap. Pilihlah masker yang dapat memaksimalkan proses penyaringan partikel dan mampu menyelimuti mulut dan hidung kamu dengan sempurna tanpa ada celah untuk udara masuk tanpa tersaring.

Berikut ini adalah beberapa tips dari CDC:

Pilihlah masker dengan kawat hidung

Sangat penting untuk memakai masker yang menggunakan kawat hidung (sebuah kawat kecil di bagian atas masker). Pasalnya, kawat hidung ini dapat membuat masker menjadi lebih berbentuk mengikuti kontur wajah kamu.

Dengan masker yang mengikuti kontur wajah dan menekuk di hidung ini, maka udara tidak akan mudah masuk atau keluar dari celah di atas masker.

Gunakan pengepas masker

Kamu bisa gunakan pengepas masker atau masker kain untuk membuat masker medis menjadi lebih menempel di wajah. Dengan melakukan ini, maka udara tidak akan mudah keluar dari sisi masker medis yang kerap menimbulkan ruang dengan pipi.

Yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan masker ganda

Jangan rangkap masker medis dengan masker medis juga. Karena masker sekali pakai ini tidak didesain untuk menempel dengan pas di wajah. Menggunakan kedua jenis masker ini tidak akan meningkatkan efektivitasnya.

Selain itu, jangan pula merangkap masker KN95 dengan jenis masker lain. Masker KN95 cukup untuk dipakai sendiri tanpa masker tambahan.

Demikianlah berbagai penjelasan masker ganda yang perlu kamu ketahui. Selalu praktikkan pemakaian masker yang tepat kala pandemi ini, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

register-docotr