Covid-19

Penyebaran Corona di Musim Hujan Lebih Mudah? Ini Fakta dan Cara Mencegahnya!

November 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Penularan Corona di musim hujan telah menjadi perdebatan karena proses penyebarannya bisa saja lebih mudah. Perlu diketahui, saat musim hujan memang dapat membawa berbagai penyakit terutama jika sistem kekebalan tubuh melemah.

Tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk tertular virus COVID-19 karena tidak memerhatikan kesehatan. Nah, untuk mengetahui fakta mengenai penularan Corona di musim hujan, yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Bekerja Melawan Bakteri dan Virus, Begini Cara Kerja Sistem Imun dalam Tubuh!

Bisakah terjadi penularan corona di musim hujan?

Perubahan iklim, seperti musim hujan dapat menyebabkan kemunculan berbagai jenis penyakit. Dilansir dari Weather.com, berkurangnya potensi virus untuk bertahan hidup dan menyebar terjadi dalam kondisi panas sementara lembap membuat virus bisa bertahan lebih lama.

Pada umumnya, infeksi virus pernapasan akan mengalami penurunan drastis pada suhu yang lebih hangat sehingga tidak bertahan lama di lingkungan. Penyebaran infeksi virus tergantung pada tiga faktor, yakni perubahan musim, pola perilaku manusia, dan karakteristik dari virus.

COVID-19 sendiri merupakan penyakit pernapasan dengan gejala serupa dengan influenza sehingga kemungkinan berisiko menyebabkan penyebaran yang lebih mudah saat musim hujan.

Beberapa penelitian sebelumnya juga telah menyoroti bahwa virus influenza dan SARS berkembang biak pada suhu dan kelembaban lebih rendah.

Fakta penyebaran corona di musim hujan

Sampai saat ini, belum ada bukti konklusif tentang sejauh mana parameter cuaca memengaruhi virus corona. Akan tetapi, musim hujan memengaruhi penyebaran karena pengaruh suhu dan kelembapan. 

Satu hal yang jelas, banyak faktor dapat memengaruhi penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan ini dan parameter cuaca tidak dapat menghentikan atau meningkatkan terjadinya penularan. Bukti seputar kelembaban dan virus tampak mengkhawatirkan, namun ada satu fakta yang perlu diketahui.

Saat musim hujan, masyarakat cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Karena itu, penyebaran virus corona di musim hujan juga bisa dibatasi karena tidak banyak aktivitas luar ruangan yang dilakukan.

Selain itu, meludah di jalan merupakan salah satu masalah paling umum yang dapat meningkatkan risiko penularan virus. Namun, mungkin tidak menjadi permasalahan karena selama musim hujan, air hujan dapat dengan mudah membersihkan tetesan yang terinfeksi.

Selain memudahkan penyebaran virus corona, beberapa penyakit bisa dengan mudah terjangkit seperti malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari penularan penyakit tersebut adalah dengan melakukan tindak pencegahan.

Pencegahan terhadap penyebaran corona

Cara menghindari penyebaran virus corona adalah melakukan beberapa tindak pencegahan. Pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tertular virus corona, antara lain sebagai berikut:

Pilih makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi dapat mencegah berbagai penyakit saat musim hujan, termasuk COVID-19. Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga lebih tahan terhadap penyakit di musim hujan, terutama flu yang menjadi gejala umum corona.

Tetap terhidrasi

Cara paling sederhana untuk mencegah penyakit saat musim hujan adalah mengonsumsi cairan yang cukup. Sebaiknya, konsumsi minuman hangat karena efektif membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Selain itu, kamu juga bisa minum jus buah yang mengandung banyak air, seperti mangga dan semangka.

Jaga kebersihan

Penularan corona saat musim hujan bisa dihindari dengan menjaga kebersihan, seperti rutin mencuci tangan. Cucilah tangan dengan benar menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan termasuk kuku, sela-sela jari, dan punggung tangan.

Gunakan masker

Cara mencegah penyakit, termasuk penularan corona saat musim hujan adalah menggunakan masker saat berada di ruang publik. Dengan menggunakan masker, kamu bisa mengurangi risiko terserang infeksi akibat paparan cairan ketika seseorang bersin atau batuk.

Baca juga: Ketahui Lebih Dalam, Ini Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan langsung pada dokter di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Weather.com (2020), diakses 9 November 2020. COVID-19: Here’s How Monsoon Season Will Affect Spread of Novel Coronavirus Disease
  2. The Indian Express (2020), diakses 9 November 2020. Explained: Will monsoon impact the spread of Covid-19?
  3. Medi-call.id (2020), diakses 9 November 2020. 8 Effective Tips to Prevent Common Diseases during Rainy Season
    Berita Terkait
    register-docotr