Covid-19

Agar Tetap Sehat, Ini 7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

May 27, 2020 | Ajeng Annastasia | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Virus COVID-19atau SARS-CoV-2 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, terutama paru-paru. Oleh sebab itu, beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh pun penting dilakukan selama pandemi.

Dengan imun yang kuat, tubuh akan lebih mampu melawan virus dengan cara memproduksi protein bernama antibodi.

Secara keseluruhan, sistem imun yang dimiliki tubuh sebenarnya mampu melindungi tubuh dari virus. Tapi tidak jarang juga imun pun bisa gagal melindungi tubuh kamu, terutama saat sedang dalam kondisi lemah.

Cara meningkatkan imunitas tubuh secara efektif

Imunitas atau kekebalan tubuh bekerja dalam sebuah sistem dan tidak berdiri sendiri. Untuk bisa berfungsi dengan baik, dibutuhkan beberapa kebiasaan baik supaya imun bisa berfungsi maksimal.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjalani gaya hidup sehat secara umum, terutama menjaga gaya hidup sehat. Nah, beberapa gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh di antaranya:

Baca juga: Terpaksa Travelling saat Pandemi Covid-19? Catat Tips Amannya

S

Stop merokok

cara menghilangkan bau mulut
Hindari merokok dan paparan asap rokok, ya! Foto: Shutterstock.com

Merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh. Potensi yang terkandung ketika menghirup senyawa beracun yang ada dalam setiap batang rokok berisiko merusak sistem kardiovaskuler.

Perbanyak makan buah dan sayuran

makanan penurun gula darah
Tetap perbanyak makan sayur dan buah demi kebutuhan nutrisi. Foto: Shutterstock.com

Kandungan nutrisi vitamin dan mineral di setiap buah dan sayuran yang kamu konsumsi membantu sistem imunitas bekerja dengan baik. Menurut peneliti, sistem imunitas yang sehat membutuhkan asupan sehat yang baik dan rutin.

Mikronutrisi seperti zinc, selenium, zat besi, tembaga, asam folat, berbagai vitamin dan lainnya sangat penting untuk dikonsumsi.

Olahraga rutin

Meski sedang di rumah saja, tetap olahraga yuk! Foto: Shutterstock.com

Olahraga adalah pilar hidup sehat karena perannya cukup besar untuk kesehatan badan kamu secara keseluruhan. Olahraga juga menjaga sirkulasi tubuh dengan baik yang memungkinkan sel dan senyawa di sistem imun tubuh bergerak dan bekerja dengan efisien.

Jaga berat badan

Sistem imun terbentuk oleh berbagai macam sel yang melindungi tubuh dan untuk bekerja dengan baik, sel ini harus hidup bersama secara seimbang. Kelebihan berat badan pun diyakini dapat mengganggu keseimbangan ini dan menciptakan sel imun yang justru merusak tubuh.

Baca juga: Benarkah Ibuprofen Bisa Membuat Pasien COVID-19 Semakin Parah?

Cukupi kebutuhan istirahat dan tidur

Jangan lupa istirahat cukup. Foto: Shutterstock.com

Saat tidur, sistem imun melepas protein bernama sitokin, yang bisa meningkatkan kualitas tidur dan dibutuhkan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Ketika kamu kurang tidur, produksi sitokin berkurang dan antibodi serta sel yang melawan infeksi pun ikut berkurang.

Cuci tangan dengan sabun hingga bersih

Kamu yang suka memegang muka atau langsung makan waktu tangan belum dicuci harus waspada. Tangan banyak berinteraksi dengan banyak hal yang belum tentu bersih dan dapat menjadi media penularan virus.

Hindari stres

Stres yang berlebihan dan tidak terkontrol juga bisa membuat kamu lebih rentan terserang gangguan kecemasan dan depresi. Selain itu, stres juga bisa menekan sistem imunitas yang berujung risiko sakit yang jadi lebih besar.

Oleh karena itu, penting untuk kamu menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik agar tubuh tetap kuat untuk melawan virus. Tetap jaga kesehatan, ya!

Baca juga: Agar Tak Terpapar COVID-19 saat di Tempat Umum, Apa yang Harus Dilakukan?

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Pantau perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Reference

[1] The Immune System. Diakses padda 19 April 2020. Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/the-immune-system.
[2] Immune system explained. Diakses pada 19 April 2020. BetterHealth Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/immune-system.
[3] How to boost your immune system. Diakses padda 19 April 2020. Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system.
[4] Losing Weight Helps Immune System. Diakses pada 20 April 2020. LiveScience. https://www.livescience.com/9877-losing-weight-helps-immune-system.html.
[5] Lack of sleep: Can it make you sick? Diakses pada 20 April 2020. MayoClinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/expert-answers/lack-of-sleep/faq-20057757.

    register-docotr