Melahirkan

Persiapan Melahirkan Bayi Kembar, Ini Tips-tips yang Perlu Kamu Tahu

January 11, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kehamilan bayi kembar memang merupakan berkah Tuhan. Kelahiran si Kecil pun menjadi momen paling dinantikan oleh orang tua. Persiapan melahirkan bayi kembar sendiri harus disiapkan secara matang.   

Nah, agar kamu lebih memahami mengenai apa saja persiapan yang perlu diperhatikan ketika melahirkan bayi kembar. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga: Patut Dicoba, Ini Program Hamil yang dapat Dilakukan Bagi Kamu yang Ingin Miliki Bayi Kembar

Persiapan melahirkan bayi kembar

Persiapan kelahiran tentu saja penting untuk dilakukan. Sebab, ketika si Kecil lahir, waktu akan lebih banyak digunakan untuk merawat bayi kembar. Nah, berikut ini adalah beberapa persiapan melahirkan bayi kembar yang perlu diketahui.

1. Mendiskusikan metode persalinan

Mempersiapkan kelahiran bayi kembar mungkin saja lebih rumit, terutama jika muncul kekhawatiran tentang persalinan prematur.

Diskusikanlah mengenai persalinan normal serta caesar dengan dokter. Kemungkinan menjalani operasi caesar pada kehamilan bayi kembar lebih tinggi jika dibandingkan dengan kehamilan tunggal.

Di sisi lain, terdapat juga risiko bayi berada dalam posisi sungsang. Ketika bayi berada dalam posisi sungsang, maka persalinan caesar pun diperlukan. Meski demikian, ketika melahirkan bayi kembar, tidak menutup kemungkinan untuk menjalani persalinan normal.

Maka dari itu, mendiskusikan segala sesuatu dengan dokter menjadi hal penting, terutama metode persalinan. Dokter akan memberikan saran terbaik untuk kamu dan si Kecil dalam kandungan.

2. Persiapan melahirkan bayi kembar

Dr. Sherry Ross, seorang OB/GYN sekaligus pakar kesehatan wanita di Providence Saint John’s Health Center, California, Amerika Serikat menyarankan agar ibu hamil dengan bayi kembar mempersiapkan diri untuk melahirkan beberapa minggu lebih awal.

Misalnya saja melakukan hospital tour atau baby shower lebih awal. Kamu juga bisa mempersiapkan nama si Kecil lebih awal. Ingat, tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai membuat suatu keputusan.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mempersiapkan perlengkapan lainnya, seperti tempat tidur, popok, baju, dan hal-hal penting lain. Untuk masalah popok, mungkin saja kamu memerlukan stock yang lebih banyak.

Di sisi lain, kamu juga bisa berbicara dan meminta saran dari ibu yang telah melahirkan bayi kembar. Pengalaman mengasuh bayi kembar dari ibu yang memiliki bayi kembar akan sangat berguna.

3. Persalinan mungkin datang lebih awal dengan kehamilan kembar

Abdulla Al-Khan, MD, seorang direktur sekaligus pimpinan kedokteran ibu dan janin di Hackensack University Medical Center, New Jersey, Amerika Serikat mengatakan bahwa, kebanyakan ibu yang mengandung bayi kembar melahirkan pada usia 36-37 minggu kehamilan.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa bayi kembar memiliki risiko lebih tinggi pada suatu kondisi tertentu “bayi kembar berisiko lebih tinggi untuk kelahiran prematur dan memiliki tingkat masalah pernapasan yang lebih tinggi”.

Baca juga: Bayi Kembar Lahir Beda Hari, Mungkinkah? Ini Penjelasannya

4. Mempersiapkan stroller

Memilih stroller adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, baik bagi kehamilan tunggal maupun kembar. Stroller ganda menjadi pilihan tepat bagi ibu dengan bayi kembar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih double stroller, termasuk model stroller yang akan digunakan, seperti side by side, tandem, atau bahkan jogging stroller. Sebaiknya, pilihlah stroller disesuaikan dengan bagaimana kamu akan menggunakannya.

5. Mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai persalinan dan kelahiran

Selain mempersiapkan barang-barang untuk menyambut kelahiran si Kecil, kamu juga perlu mengetahui lebih lanjut mengenai persalinan dan kelahiran.

Hal tersebut dapat membuatmu merasa lebih percaya diri dalam membuat suatu keputusan. Jika kamu khawatir terhadap satu hal, kamu juga dapat membicarakannya dengan dokter.

Dokter akan menjawab setiap pertanyaan yang kamu miliki serta menjelaskan apa yang dapat dilakukan untuk melahirkan si Kecil secara aman.

6. Melahirkan bayi kembar perlu merpersiapkan mental

Ketika ingin melahirkan bayi kembar, wajar jika kamu merasa gugup. Sebaiknya, cobalah untuk selalu berpikir positif sebanyak mungkin. Sebab, berpikir positif dapat membantu untuk mengatasi kekhawatiran ataupun ketakutan yang kamu rasakan.

Ingat, kamu tidak sendiri, ada support system yang selalu mendukungmu, baik itu pasangan, anggota keluarga ataupun teman. Teknik relaksasi juga dapat membantu membuat kamu menjadi lebih rileks.

Nah, itulah beberapa infomasi mengenai persiapan melahirkan bayi kembar. Ingat, mempersiapkan segala sesuatu untuk kelahiran bayi adalah hal penting yang harus dilakukan orang tua.

Punya pertanyaan seputar kesehatan? Silakan chat kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Kids Health (2018). Diakses pada 30 Desember 2020. Preparing for Multiple Births 

Healthline (2015). Diakses pada 30 Desember 2020. Having Twins? Here’s What You Need to Know 

The TOT. Diakses pada 30 Desember 2020. HOW TO PREPARE WHEN YOU’RE PREGNANT WITH TWINS 

Tommy’s (2019). Diakses pada 30 Desember 2020. 5 positive ways to prepare for labour 

Very Well Health (2019). Diakses pada 30 Desember 2020. Top Things to Do and Buy to Prepare for the Birth of Twins 

Webmd (2008). Diakses pada 30 Desember 2020. 11 Things You Didn’t Know About Twin Pregnancies 

 

    register-docotr