Melahirkan

Bagaimana Cara Mempercepat Pembukaan Sebelum Persalinan Dimulai?

April 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kebanyakan wanita mulai siap-siap melahirkan di usia 40 minggu kehamilan. Mereka umumnya sudah menanti kontraksi dan pembukaan. Namun, apakah ada cara mempercepat pembukaan menjelang melahirkan? 

Cara mempercepat pembukaan ternyata memang mungkin dilakukan. Bagaimana caranya, berikut penjelasan selengkapnya seputar pembukaan dan proses melahirkan. 

Mengenal pembukaan sebelum melahirkan

Pembukaan adalah istilah yang digunakan untuk pembukaan serviks. Serviks melebar dan menipis untuk kemudian menjadi jalan keluar bayi dari rahim ibu. 

Agar bisa dilewati bayi, proses melahirkan normal atau pervaginam, membutuhkan pembukaan serviks hingga 10 sentimeter. Dan untuk mencapai pembukaan 10 sentimeter dibutuhkan tahapan yang berbeda-beda untuk setiap orangnya. 

Bahkan dalam beberapa kasus, wanita hamil sudah mengalami pembukaan beberapa sentimeter sejak beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir tiba.

Tapi beberapa orang lainnya justru hanya melewati masa pembukaan dalam beberapa jam sampai dinyatakan siap untuk melahirkan. Nah kira-kira, seperti apa ya cara mempercepat pembukaan melahirkan yang bisa dilakukan? 

Cara mempercepat pembukaan hingga siap melahirkan

Sebenarnya wanita hamil cukup menunggu tubuh menjalankan fungsinya dengan alami. Karena pada dasarnya leher rahim atau serviks akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi jalan lahir bagi Si Kecil. 

Tetapi ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang membutuhkan cara mempercepat pembukaan. Kondisi tersebut di antaranya:

  • Ibu hamil sudah 2 minggu melewati hari perkiraan lahir dan tetap belum ada tanda-tanda akan melahirkan
  • Ketuban pecah tetapi tidak mengalami kontraksi
  • Mengalami infeksi di rahim
  • Bayi tidak tumbuh dengan kecepatan yang tetap
  • Kurangnya cairan ketuban yang bisa membahayakan bayi
  • Ibu hamil mengalami solusio plasenta, yaitu kondisi saat plasenta terlepas dari dinding lahir sebelum waktu melahirkan tiba
  • Memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kondisi lain yang bisa membahayakan ibu dan bayinya

Jika kondisinya membutuhkan penanganan segera, dibutuhkan bantuan medis sebagai cara mempercepat pembukaan untuk melahirkan. Ada dua yang mungkin dilakukan, yaitu:

  • Pengobatan hormon: Dokter akan mengoleskan hormon prostaglandin ke serviks atau memasukkan suppositoria prostaglandin ke dalam vagina. Ini akan membantu serviks melunak dan memicu terjadinya kontraksi. 
  • Mengelupas selaput: Dokter atau bidan akan menggunakan jari untuk menggesek selaput yang terhubung dengan kantung ketuban. Ini dapat memicu rahim melepaskan prostaglandin. Sehingga melunakkan serviks dan mempercepat pembukaan jalan lahir. 

Jika kedua cara di atas tidak memberikan banyak pengaruh, dokter mungkin akan memberikan infus yang akan memicu kontraksi dalam waktu sekitar 30 menit. 

Stimulasi sebagai cara mempercepat pembukaan

Dalam beberapa kasus, mempercepat pembukaan bisa dilakukan tanpa intervensi dokter. Beberapa stimulasi dipercaya bisa diandalkan menjadi cara mempercepat pembukaan. Berikut beberapa stimulasi yang bisa dilakukan di rumah untuk mempercepat pembukaan jalan lahir bayi. 

Bergerak aktif

Berjalan atau bergerak dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang kemudian bisa membantu pembukaan. Sementara gerakan sederhana di tempat tidur atau kursi juga bisa menstimulasi pembukaan. 

Karena gerakan akan membuat berat bayi memberi tekanan pada serviks, sehingga akan mempercepat pembukaan. 

Menggunakan bola untuk ibu hamil

Duduk di atas bola khusus untuk ibu hamil dengan melakukan goyangan atau gerakan tertentu dapat membantu otot panggul kendur dan rileks saat melahirkan. Serta dapat membantu proses pembukaan. 

Bersantai dan tertawa

Stres dan otot yang tegang dapat mempersulit serviks untuk melebar. Dapat menyebabkan bayi sulit turun dan melewati jalan lahirnya. Karena itu bersantailah, dengan cara berlatih pernapasan atau meditasi menjelang persalinan. 

Selain itu, tertawalah untuk menjauhkan stres atau rasa takut yang dapat menyebabkan tegangnya otot. Menonton film komedi bisa menjadi salah satu pilihan yang dilakukan sebelum persalinan. 

Berhubungan seks pilihan cara mempercepat pembukaan

Seks bisa menstimulasi proses melahirkan. Salah satu alasannya karena di dalam air mani mengandung hormon prostaglandin yang dapat melunakkan serviks dan mempercepat pembukaan jalan lahir. 

Stimulasi puting bisa menjadi cara mempercepat pembukaan

Dilansir dari Healthline, jika ingin mencoba stimulasi puting sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan. Karena stimulasi ini harus dihindari pada kehamilan berisiko tinggi. 

Stimulasi puting dapat dilakukan jika kehamilan tidak berisiko tinggi. Cara kerjanya adalah karena stimulasi puting dapat memicu pelepasan oksitosin yang menyebabkan kontraksi.

Meski tidak langsung terkait pada pembukaan, tapi stimulasi ini dapat mempercepat mulainya persalinan. Demikian berbagai cara mempercepat pembukaan yang bisa dilakukan. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 12 April 2021
How to Dilate Faster During Labor: Is It Possible?
Medical News Today, diakses 12 April 2021
How can people speed up dilation?
Mayoclinic, diakses 12 April 2021
Labor induction

    register-docotr