Kehamilan

Sedang Program Hamil? Inilah yang Harus Dilakukan dan Dihindari

June 9, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Program hamil adalah rangkaian upaya yang dilakukan pasangan untuk mempercepat mendapatkan momongan. Hal ini bisa dilakukan secara alami ataupun dengan bantuan medis.

Bagi sebagian pasangan, mungkin kehamilan untuk mendapatkan keturunan bisa diusahakan dengan mudah. Tapi ada juga sebagian pasangan lain yang perlu melakukan usaha lebih supaya bisa hamil.

Baca Juga: Alami Mimisan saat Hamil, Perlukah Bumil Khawatir?

Hal-hal yang harus dilakukan saat program hamil

Untuk kamu yang sedang menjalankan program hamil, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan sekaligus yang harus dihindari, supaya rencana kehamilan kamu dengan pasangan berjalan lancar.

1. Periksakan kesehatan bersama

Hal yang pertama harus dilakukan kamu bersama pasangan adalah memeriksakan kesehatan masing-masing ke dokter. Tujuannya adalah  jika hasil pemeriksaan kesuburan dan tes darah hasilnya normal, maka kamu dan pasangan bisa melaksanakan program hamil secara alami.

2. Mencatat dan menghitung masa subur

Merencanakan kapan waktu berhubungan intim pada waktu paling subur juga menjadi penting. Kamu, bisa mencatat dan menghitung masa subur bersama pasangan untuk saling mengingatkan.

Biasanya, masa subur dimulai dari tiga hari sebelum masa ovulasi dan tiga hari setelahnya. Atau hubungan suami isteri dilakukan dua hari sekali, dimulai dari hari ke-10 setelah pasangan selesai menstruasi.

Jika kamu dan pasangan tidak yakin tentang kapan masa subur, atau kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan suami isteri, ada baiknya menemui dokter untuk bisa berkonsultasi secara mendalam.

3. Saat sedang program hamil rutinlah melakukan olahraga

Olahraga penting untuk menjaga tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga dapat membuat kamu dan pasangan menjadi lebih subur. Rutin melakukan olahraga bersama pasangan juga bisa meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi yang diperlukan untuk pembuahan.

Tetapi yang harus diperhatikan, lakukanlah olahraga yang ringan. Hindari melakukan olahraga yang berlebihan dan berat karena bisa menggagalkan program hamil. Lakukan olahraga seperti berjalan kaki atau jogging lebih disarankan.

4. Mengonsumsi sayur dan buah

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran juga bagus untuk menunjang kelancaran program hamil. Ada beberapa buah-buahan dan sayuran yang bisa menjaga kualitas sperma.

Pilih mengonsumsi sayuran yang berdaun hijau karena mengandung folat (vitamin B kompleks). Ini dapat mencegah sperma memiliki kromosom abnormal, supaya janin terhindar dari kecacatan.

Mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C yang juga bisa menjadi pilihan, seperti buah jeruk, tomat, juga bisa meningkatkan kualitas sperma.

Berbagai hal harus dihindari saat program hamil

Setelah mengetahui kapan masa subur dan kapan baiknya melakukan hubungan intim. Hal lainnya yang juga penting adalah sperma suami dan sel telur istri harus memiliki kualitas yang baik.

Nah untuk mendapatkan kualitas yang baik, baik kamu dan pasangan harus menghindari sejumlah hal ini selama program hamil.

1. Minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak apalagi  setiap hari dapat mengurangi tingkat testosteron dan jumlah sperma. Konsumsi alkohol akan mengakibatkan kualitas sperma tidak menjadi optimal.

2. Merokok

Jika mempunyai kebiasaan merokok, ada baiknya ditinggalkan dulu. Merokok  dapat menyebabkan fungsi sperma yang buruk. Merokok bisa mengurangi kesuburan kamu dan pasangan.

Berhenti melakukan kebiasaan merokok saat melakukan program hamil  perlu dilakukan supaya kemungkinan untuk bisa hamil semakin besar.

3. Kafein

Mengurangi atau menghindari kafein berlebih juga perlu dilakukan. Jika kamu dan pasangan termasuk orang yang tidak bisa melewatkan kopi setiap harinya, ini perlu diperhatikan.

Ketergantungan kafein dapat membuat orang merasa pusing atau menjadi moody. Tapi, bagi kamu dan pasangan lakukan pembatasan jumlah konsumsi  kafein bila sedang menjalani program hamil.

Kafein tidak hanya ada di kopi, minuman yang bersoda, minuman berenergi, juga mengandung kafein.

Dilansir dari healthline.com, bahwa asupan lebih dari 200 mg kafein per hari dapat meningkatkan risiko keguguran. Tidak ada salahnya bagi kamu yang sedang menjalani rencana kehamilan mengurangi kafein dari sekarang, supaya nanti saat hamil, bisa meninggalkan kafein.

4. Stres

Untuk kamu yang sedang melakukan program hamil, penting juga untuk menghindari stres. Karena hal tersebut dapat menurunkan peluang bisa menjadi hamil. Dalam melaksanakan program hamil, kamu dan pasangan harus tetap tenang dan jangan berpikir terlalu keras.

Nikmati saja prosesnya, dan cari cara untuk menghindari stres. Kamu dan pasangan mungkin dapat melakuan hal-hal menyenangkan bersama atau mengikuti kelas yoga. Atau juga menonton serial kesukaan atau mendengarkan musik.

Kerja sama, tekad, dan dukungan dari pasangan untuk melaksanakan program hamil tentu diperlukan.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Webmd.com, 7 Tips for Getting Pregnant Faster, diakses 8 Juni 2020

https://www.webmd.com/baby/features/7-tips-getting-pregnant-faster#1

 

– Healthline.com, Caffeine During Pregnancy: How Much Is Safe?, diakses 8 Juni 2020

https://www.healthline.com/nutrition/caffeine-during-pregnancy#safety

 

– Babycentre.co.uk, How to get pregnant fast: 9 tips for quick conception, diakses 8 Juni 2020

https://www.babycentre.co.uk/l25005539/how-to-get-pregnant-fast-9-tips-for-quick-conception-photos

 

– Verywellfamily.com, How to Get Pregnant Fast, diakses 8 Juni 2020

https://www.verywellfamily.com/how-to-get-pregnant-faster-1960275

 

– Babycentre.co.uk, How and what to eat if you want to get pregnant, diakses 8 Juni 2020

https://www.babycenter.com/0_trying-to-conceive-five-changes-to-make-to-your-diet-now_3558.bc

    Berita Terkait
    register-docotr