Kehamilan

Pengen Kulit Tetap Mulus? Catat 6 Tips Mengurangi Stretch Mark Berikut Ini

October 6, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Salah satu perubahan fisik yang paling mencolok selama proses kehamilan adalah timbulnya stretch mark di beberapa area tubuh.

Selain mengganggu penampilan, keberadaannya juga sering sulit dihilangkan dan menjadi momok menakutkan bagi para ibu hamil.

Kini Moms tak perlu lagi terlalu khawatir, karena lewat ulasan berikut ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengurangi stretch mark selama kehamilan.

Baca juga: Efektif dan Aman, Begini Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tepat

Apa itu stretch mark dan mengapa bisa terjadi?

Dilansir dari Parents, stretch mark umumnya mulai muncul di minggu ke sembilan sampai ke sepuluh masa kehamilan.

Garis-garis merah muda yang biasa muncul di sekitar perut, payudara, atau pinggul ini, terjadi ketika kolagen dan elastin (serat yang menjaga kulit tetap kencang) meregang dan rusak.

Ini dapat terjadi salah satunya akibat kenaikan berat badan selama kehamilan.

Agar kulit senantiasa mulus dan terhindar dari stretch mark yang mengganggu, Moms harus segera menanganinya saat masih baru. Jika dibiarkan, stretch mark akan berubah bentuk menyerupai bekas luka yang memutih dan menjadi sangat sulit untuk diobati.

Tips mengurangi stretch mark selama masa kehamilan

Dilansir dari Healthline, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya stretch mark, seperti:

1. Jaga berat badan

Salah satu cara paling efektif yang bisa Moms lakukan untuk mencegah stretch mark selama hamil adalah menjaga berat badan tidak terlalu berat. Ini penting karena stretch mark dapat terjadi ketika kulit terkelupas dengan cepat, akibat penambahan berat badan yang drastis.

Jadi penting bagi Moms untuk mengontrol kenaikan berat badan agar mengurangi kemungkinan terjadinya garis pada kulit yang satu ini.

Moms bisa mencobanya dengan cermat memilih asupan makanan yang sehat, dan rutin berolahraga untuk membantu mengatur berat badan.

2. Tetap terhidrasi setiap saat

Minum air dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembut cenderung lebih susah menimbulkan stretch mark dibandingan kulit kering.

Perlu diingat bahwa jenis minuman yang disarankan adalah air putih. Meminum minuman berkafein, seperti kopi, atau soda patut dihindari ibu hamil karena justru dapat meningkatkan risiko munculnya stretch mark.

3. Makan makanan kaya nutrisi

Stretch mark juga dapat muncul jika Moms kekurangan nutrisi di area tertentu pada tubuh. Oleh sebab itu, Moms perlu senantiasa mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Pastikan menu makan Moms selama hamil telah mencakup makanan yang kaya akan:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin D
  3. Vitamin E.
  4. Zinc, dan
  5. Protein

Salah satu cara untuk memastikan Moms mendapatkan beragam nutrisi adalah dengan memilih makanan yang minim diolah dalam berbagai warna. Misalnya, sarapan telur, roti panggang gandum, dan buah-buahan.

Baca juga: Semakin Canggih, Inilah Teknologi Bayi Tabung Embryoscopy dan PGS

4. Sertakan vitamin C dalam makanan

Kolagen diketahui sangat berperan dalam menjaga kulit agar tetap kuat dan elastis. Zat tersebut juga dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, termasuk mencegah terjadinya stretch mark.

Agar tubuh Moms bisa menghasilkan kolagen yang banyak, maka Moms perlu memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin C. Ini karena vitamin tersebut merupakan nutrisi penting untuk produksi kolagen di dalam tubuh.

Vitamin C dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran, di antaranya jeruk, mangga, dan lemon.

5. Makan makanan yang kaya zinc

Zinc merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Ini membantu mengurangi peradangan dan berperan dalam proses penyembuhan luka.

Meski hingga saat ini belum banyak penelitian yang meneliti kaitan antara hubungan Zinc dan stretch mark, tetapi tak ada salahnya memasukkan makanan kaya Zinc dalam menu harian Moms selama hamil.

Moms bisa mulai dengan mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau, atau ikan.

6. Rawat stretch mark langsung saat muncul

Jika stretch mark sudah terlanjur muncul, Moms bisa mengurangi penampakannya agar tidak terlalu terlihat dalam jangka panjang. Caranya coba buat ramuan scrub alami untuk dioleskan di area yang terdapat stretch mark.

Pertama, campurkan satu cangkir gula dengan 1/4 cangkir bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa. Tambahkan jus lemon, lalu gosok campuran tersebut pada bagian tubuh Moms yang terdapat stretch mark.

Ulangi beberapa kali seminggu saat mandi, pastikan untuk menggosok campuran selama 8-10 menit.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

How to Prevent Stretch marks During Pregnancy, https://www.parents.com/pregnancy/my-body/how-can-i-prevent-stretch-marks-during-pregnancy/ diakses pada 5 Oktober 2020

7 Tips to Help Prevent Stretch markshttps://www.healthline.com/health/how-to-prevent-stretch-marks diakses pada 5 Oktober 2020

    Berita Terkait
    register-docotr