Kehamilan

Moms,Yuk Intip Perkembangan Janin 8 Bulan Dalam Kandungan

June 22, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Menjaga kehamilan hingga pada usia 8 bulan tentu bukan hal mudah dan pastinya Moms ingin tahu kan bagaimana perkembangan janin 8 bulan di dalam kandungan? 

Untuk itu, yuk kita simak bersama-sama bagaimana sih sebenarnya perkembangan janin 8 bulan di dalam kandungan serta apa saja organ yang terbentuk selama fase ini.

Perkembangan janin 8 bulan (minggu ke-34) 

Pada masa ini janin dalam kandungan Moms panjangnya sekitar 45 cm. Sedangkan beratnya beratnya sekitar 2,1 kg. Bayi Moms juga akan membutuhkan banyak lapisan lemak untuk mengatur suhu tubuhnya.

Bila Moms belum sering mengajaknya bicara, ini adalah momen yang tepat lho. Karena pada usia 35 minggu pendengaran bayi sudah berkembang dengan sempurna. Sehingga Moms bisa lebih sering mengajaknya berbicara dan bayi dalam kandungan akan terbiasa dengan suara Moms.

Di samping itu, Moms dapat merasa sedikit lega bila Moms berpotensi melahirkan secara prematur. Karena bayi yang lahir setelah minggu ke 34 dapat bertahan hidup dengan baik di luar rahim dan sebagian besar tidak memiliki masalah besar. 

Baca juga: Pentingnya Mencukupi Zat Besi untuk Ibu Hamil Demi Kesehatan Janin 

Perkembangan janin 8 bulan (minggu ke-35) 

Ilustrasi perkembangan janin 8 bulan di dalam kandungan. (Foto: https://www.shutterstock.com)

Memasuki minggu ke-35, pada saat ini bayi Moms sudah memiliki sepasang ginjal yang sempurna. Ia juga sudah memiliki organ hati yang dapat memproses beberapa produk limbah. Selain itu, ia juga sudah memiliki kuku-kuku kecil pada jemari tangan dan kakinya. 

Terkadang Moms bisa melihat tonjolan dari siku, kaki, atau kepalanya yang menyundul perut Moms ketika dia meregangkan tubuh atau menggeliat.

Pada minggu ke-35 ini, dinding rahim Moms akan menipis dan membuat cahaya yang masuk lebih banyak ke dalam perut. Sehingga bayi akan lebih peka terhadap cahaya.

Perkembangan janin 8 bulan (minggu ke-36) 

Mungkin Moms akan merasa ada tekanan di perut bagian bawah, hal ini menandakan bahwa bayi secara bertahap sudah turun secara alami. 

Saat kehamilan sudah mencapai akhir minggu ke-36 Moms, bisa merasa lega lho. Karena faktanya, bayi yang berusia antara 37 dan 42 minggu sudah dianggap cukup dan normal untuk dilahirkan. 

Sedangkan bayi prematur adalah bayi yang berusia sebelum 37 minggu. Ini berarti kehamilan Moms sudah full-term dan Moms bisa bisa melahirkan kapan saja.

Perkembangan janin 8 bulan (minggu ke-37) 

Posisinya saat ini dikelilingi dan dilindungi oleh tulang panggul Moms. Sehingga bayi punya ruang yang cukup untuk kaki dan bokongnya yang kali ini sedang tumbuh. 

Perkembangan janin 8 bulan (minggu ke-38)

Sistem organ dalam tubuh bayi sudah sudah terbentuk sempurna. Tetapi paru-paru biasanya menjadi organ terakhir terbentuk sempurna. Bahkan setelah ia dilahirkan. Bayi akan membutuhkan beberapa jam adaptasi sebelum ia mampu membentuk pola pernapasan yang normal.

Itu dia perkembangan janin 8 bulan secara umum. Ingat ya Moms, kalau setiap bayi dapat berkembang secara berbeda di setiap rahim sehingga gambaran di atas bukanlah hal mutlak terjadi. 

Punya pertanyaan atau keluhan soal kandungan Moms saat ini? Yuk bicarakan bersama dokter ahli di Good Doctor untuk konsultasi secara online dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr