Kamus Penyakit

Tahi Lalat Berbentuk Tidak Normal? Waspadai Pertanda Kanker

June 22, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tahi lalat merupakan bintik kecil yang dimiliki semua orang. Tahi lalat bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika tahi lalat memiliki bentuk yang tidak wajar kamu harus waspada, karena hal tersebut dapat merupakan pertanda kanker. Lalu bagaimana mengenali tahi lalat tanda kanker?

Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya dan beberapa juga dapat mengilang. Akan tetapi, tahi lalat juga dapat tumbuh secara tidak normal. Untuk mengetahui apakah tahi lalat yang kamu miliki normal atau tidak normal, kamu dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Penyebab dan Gejala Kanker Kulit yang Jarang Disadari

Kenali ciri tahi lalat tanda kanker

Tahi lalat merupakan suatu pertumbuhan pada kulit yang biasanya berwarna coklat atau hitam. Tahi lalat dapat muncul di mana saja serta dapat muncul secara sendirian atau berkelompok. Pada umumnya, orang dewasa memiliki 10 dan 45 tahi lalat di tubuh mereka.

Untuk mengetahui tahi lalat yang normal atau tahi lalat tanda kanker sebenarnya tidak mudah. Namun, kamu dapat mengetahuinya dengan beberapa tanda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tahi lalat tanda kanker yang perlu kamu waspadai.

1. Bentuk

Tahi lalat yang normal, pada umumnya akan berbentuk lingkaran dan jika diperhatikan lingkaran pada tahi lalat normal hampir sempurna dan berbentuk simetris. Sedangkan pada tahi lalat yang tidak normal bentuknya tidak teratur atau tidak simetris.

2. Warna

Tahi lalat normal biasanya memiliki satu warna yakni coklat muda atau coklat gelap. Jika tahi lalat yang muncul memiliki lebih dari satu warna, kamu harus mewaspadai hal ini karena bisa jadi merupakan tahi lalat tanda kanker.

Kanker melanoma dapat muncul dengan beberapa variasi warna, termasuk coklat, hitam, merah, biru, atau ungu. Tahi lalat ini dapat rata atau menonjol dan mudah berdarah.

3. Diameter

Tahi lalat normal biasanya berukuran kecil, 1 hingga 2 mm. sedangkan pada tahi lalat yang tidak normal ukurannya lebih besar dari 6 mm (ukuran penghapus pensil) atau ukurannya juga dapat membesar. Meskipun demikian, kanker dapat tumbuh dalam berbagai ukuran.

4. Perbatasan

Pada umumnya, tahi lalat yang normal memiliki batas yang halus dan jelas terpisah dari kulit di sekitarnya. Sedangkan pada tahi lalat sebagai tanda kanker melanoma, perbatasannya tidak jelas yang dapat melebar serta membesar dari waktu ke waktu.

Jika kamu melihat adanya lesi kulit yang mencurigakan, atau tahi lalat yang ukurannya berubah, sebaiknya segeralah hubungi dokter.

5. Mengenali tahi lalat tanda kanker dari perkembangannya

Tanda yang paling penting yang harus kamu perhatikan adalah perkembangan tahi lalat tersebut. Tahi lalat normal biasanya tidak banyak berubah. Sedangkan pada tahi lalat yang tidak normal mengalami banyak perubahan.

Perubahan tersebut dapat berupa ukuran, bentuk, tampilan warna, atau bahkan dapat tumbuh di area kulit yang sebelumnya normal. Jika tahi lalat tumbuh di tempat yang telah ditumbuhi tahi lalat, teksturnya dapat berubah menjadi keras, kental, atau bersisik.

Kulit pun bisa saja menjadi gatal, mengeluarkan cairan, atau bahkan berdarah. Kanker melanoma biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, namun kamu tidak boleh menyepelekan hal ini.

Diagnosis pada tahi lalat tanda kanker

Untuk mendiagnosis apakah tahi lalat yang kamu miliki sebagai pertanda kanker atau tidak, dokter mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan.

Misalnya saja seperti, riwayat keluarga yang memiliki kanker atau tahi lalat yang tidak normal, perubahan pada tahi lalat, serta apakah tahi lalat tersebut baru muncul atau sudah ada sejak lama.

Kemudian, dokter juga akan melihat tahi lalat lebih dekat serta memutuskan apakah tahi lalat tersebut perlu dihilangkan atau tidak.

Jika dokter menganjurkan untuk menghilangkan sebagian atau seluruh tahi lalat, dokter akan mengirimkan hasil pemeriksaan tersebut ke laboratorium untuk pengujian terhadap kanker.

Jika tes biopsi menunjukkan bahwa itu kanker, dokter akan menghilangkan semua tahi lalat dan area kecil kulit di sekitarnya untuk memastikan bahwa kanker sudah hilang.

Pengobatan tahi lalat tanda kanker dapat dilakukan sesegera mungkin. Sangat dianjurkan jika kamu melihat bahwa tahi lalatmu tidak tumbuh secara normal, sebaiknya segeralah periksakan diri pada dokter sebelum terlambat.

Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami terkait masalah ini melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Forefront Dermatology (2020). Diakses pada 17 Juni 2020. Skin Cancer Vs Mole 

Very Well Health (2019). Diakses pada 17 Juni 2020. How Can You Tell If It’s a Mole or Skin Cancer?

Webmd (2020). Diakses pada 17 Juni 2020. Is My Skin Mole Normal?

Webmd (2020). Diakses pada 17 Juni 2020. Moles, Freckles, and Skin Tags

    register-docotr