Kehamilan

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil, Bisa Mengurangi Mual hingga Bantu Atasi Sembelit!

May 23, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat pisang untuk ibu hamil sangat beragam karena kandungan berbagai nutrisi di dalamnya. Perlu diketahui, selama kehamilan bayi dalam kandungan bergantung pada nutrisi yang ibu berikan dari makanan.

Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang termasuk buah-buahan seperti pisang. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat pisang untuk ibu hamil yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apa Sih Pentingnya Menghitung dan Mengetahui Siklus Kesuburan bagi Wanita?

Apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil?

Dilansir dari Daily Hunt, pisang merupakan sumber nutrisi tinggi. Beberapa nutrisi penting tersebut, antara lain karbohidrat, serat, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, vitamin C, vitamin B kompleks, dan mineral.

Karena kaya akan beberapa nutrisi penting, pisang dianggap sebagai sumber energi yang baik untuk ibu dan bayi dalam kandungan. Manfaat pisang untuk ibu hamil, antara lain:

Mengatasi muntah dan mual

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah menyembuhkan mual dan muntah di pagi hari karena kandungan vitamin B6 dan piridoksin. Untuk itu, makan pisang terutama pada trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita.

Membantu menurunkan risiko edema

Banyak wanita hamil mengalami edema atau retensi air pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Edema ini dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, dan persendian lainnya.

Jika kamu mengalami pembengkakan di persendian atau pergelangan kaki, maka hindari mengonsumsi makanan asin. Sementara itu, kamu bisa memasukkan pisang ke dalam menu harian untuk membantu menurunkan pembengkakan.

Meningkatkan energi dengan cepat

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat dimetabolisme dengan cepat oleh tubuh. Studi telah membuktikan bahwa pisang dapat memberikan dorongan energi secara langsung.

Selama trimester terakhir, makanlah pisang agar dapat meningkatkan energi dengan cepat. Makan pisang bahkan akan membantu ibu hamil dalam melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.

Menurunkan kemungkinan cacat lahir pada bayi

Studi mengatakan bahwa buah pisang merupakan sumber folat yang baik di mana diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Mengonsumsi pisang selama kehamilan dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh sehingga menurunkan kemungkinan bayi lahir cacat.

Mengembangkan sistem saraf bayi

Manfaat pisang untuk ibu hamil juga bisa membantu mengembangkan sistem saraf pusat bayi karena kandungan vitamin B6. Dengan demikian, konsumsi pisang secara teratur pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak bayi.

Manfaat pisang untuk ibu hamil bisa atasi sembelit

Pisang merupakan sumber kalium terpercaya yang juga mengandung serat. Serat makanan dari pisang bersama dengan potasium dapat meningkatkan pencernaan, menghilangkan racun dari tubuh, serta melawan sembelit.

Selain itu, pisang merupakan sumber pektin yang akan membantu meningkatkan proses pencernaan. Karena itu, makan pisang setelah makan sangat baik untuk buang air besar secara teratur.

Menjaga tekanan darah

Buah pisang termasuk sumber potassium di mana merupakan mineral penting yang dapat mengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh. Memasukkan pisang ke dalam menu makanan bisa membantu mencegah fluktuasi tingkat tekanan darah.

Membantu perkembangan tulang

Kalsium dalam pisang sangat baik dan diperlukan untuk perkembangan tulang pada ibu dan bayi. Nutrisi ini juga sangat penting untuk pengaturan kontraksi otot dalam tubuh sehingga kamu perlu menyertakan buah ini dalam diet kehamilan.

Manfaat pisang untuk ibu hamil bisa menjaga kesehatan kulit

Buah pisang termasuk sumber vitamin C atau disebut juga asam askorbat. Vitamin ini sangat penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga bisa membantu dalam pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit.  

Berapa banyak pisang yang bisa dimakan selama kehamilan?

Seorang wanita hamil umumnya membutuhkan sekitar 4.700 mg potasium per hari untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit. Karena itu, selama kehamilan kamu dapat mengonsumsi sekitar satu hingga dua pisang dengan ukuran sedang setiap hari.

Pisang akan membantu kamu dalam memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berencana memasukkan pisang ke dalam makanan sehari-hari.

Baca juga: Penting, Ketahui Cara Menghitung Masa Ovulasi dan Tanda-tandanya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Daily Hunt, diakses 19 Mei 2021. 6 Health Benefits Of Eating Banana During Pregnancy
  2. Firstcry.com (2018), diakses 19 Mei 2021. Eating Bananas During Pregnancy
  3. Healthline (2020), diakses 19 Mei 2021. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy
  4. Momjunction.com (2021), diakses 19 Mei 2021. 9 Health Benefits Of Eating Bananas During Pregnancy
    register-docotr