Kehamilan

Ampuh Cegah Anemia, Ini Deretan Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

October 22, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Perlu kamu ketahui bahwa manfaat kacang hijau ternyata tidak hanya bagus untuk mencegah kanker, tetapi juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Berikut ini deretan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Simak penjelasannya. 

Kandungan dan nutrisi kacang hijau

Dilansir dari Medical News Today, kacang hijau merupakan sumber vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Mereka memiliki manfaat nutrisi yang mirip dengan kacang polong.

Penjelasan Medical News Today, database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir standar kacang hijau kalengan (sekitar 150 gram) mengandung:

  • 28 kalori
  • 0,55 gram (g) lemak
  • 5,66 g karbohidrat
  • 2,6 g serat
  • 1,94 g gula pasir
  • 1,42 g protein

Dari segi nutrisi, mengandung:

  • 17 miligram (mg) kalsium
  • 1,2 mg zat besi
  • 18 mg magnesium
  • 30 mg fosfor
  • 130 mg kalium
  • 24 mikrogram (mcg) vitamin A
  • 52,5 mcg vitamin K
  • 32 mcg folat

Kacang hijau juga mengandung folat, thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan kalium. 

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Mengonsumsi segala jenis buah dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan yang merugikan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memasukkan lebih banyak makanan nabati, seperti kacang hijau, dalam menu makanan menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan.

Konsumsi buah dan sayuran juga mempromosikan kulit yang sehat, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Berikut deretan manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi kacang hijau seperti dilansir dari Steemit

Baca juga: Ibu Hamil Tidur Telentang, Aman atau Tidak?

1. Mencegah cacat lahir

Kacang hijau mengandung asam folat yang berperan dalam menjaga kesehatan janin agar terhindar dari cacat ketika lahir. 

2. Mencegah osteoporosis pada ibu hamil

Beberapa mineral zat besi dan kalsium pada kacang hijau bermanfaat untuk pembentukan hemoglobin dan kalsium yang berguna untuk pembentukan jaringan dan tulang pada janin yang dikandung.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Dibandingkan telur atau daging, kandungan protein pada kacang hijau sangat tinggi. Terutama protein kompleks yang berguna untuk penyembuhan luka setelah melahirkan.

4. Membantu mendidik janin

Asupan asam folat pada kacang hijau membantu perkembangan otak janin dan saraf janin. Membantu membuat janin lebih pintar sejak dalam kandungan.

5. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil mencegah kelahiran prematur sekunder

Selain mengatasi masalah anemia, ibu hamil disarankan mengonsumsi kacang hijau selama hamil, untuk mencegah bayi lahir prematur.

6. Menjaga kesehatan ibu hamil

Kandungan vitamin C pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada ibu hamil. 

Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik

Antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

7. Mencegah infeksi adalah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Tak hanya itu saja, jika ibu hamil rutin mengonsumsi kacang hijau juga akan membantu mencegah infeksi.

Manfaat ini berkaitan dengan sejumlah kandungan vitamin di antaranya seperti Niacin dan Tiamin. Kandungan dalam kacang hijau ini merupakan salah satu sumber nutrisi baik yang membantu mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh.

8. Menyehatkan saluran pencernaan

Ketika sedang dalam masa kehamilan pada umumnya kamu akan mengalami gangguan pencernaan. Manfaat kacang hijau bagi kehamilan adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena kacang hijau adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan serat.

Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, wasir dan diverticulosis atau membengkaknya kantong kecil di saluran pencernaan.

9. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yakni mencegah anemia

Anemia saat masa kehamilan sangatlah berbahaya, sebab berisiko menyebabkan perdarahan saat persalinan dan juga keguguran. Manfaat kacang hijau yang dikonsumsi ibu hamil adalah mencegah anemia.

Kandungan zat besi pada kacang hijau yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah jika terjadinya anemia pada ibu hamil. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2018) diakses pada 13 Oktober 2020. Everything you need to know about green beans
  2. Steemit.com (2018) diakses pada 13 Oktober 2020. Benefits of green beans for the health of pregnant women and fetuses. (bilingual)
  3. Redpanda.co.id (2016) diakses pada 13 Oktober 2020. Green Bean Stew Water Benefits For Pregnant Women 
    Berita Terkait
    register-docotr