Kehamilan

Ini Dia 7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

June 11, 2020 | Husni Efendi | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Air kelapa segar memang telah lama dinikmati banyak orang dan juga diambil manfaat kesehatannya. Namun yang perlu kamu tahu juga adalah manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga signifikan.

Misalnya untuk menghidrasi, meredakan mual, dan banyak lagi. Ibu hamil juga biasanya disarankan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: 5 Pilihan Masker Alami untuk Atasi Jerawat, Yuk Coba!

Nutrisi dan keamanan air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa aman untuk diminum bumil selama kehamilan, namun, seperti juga makanan lainnya, moderasi adalah kunci keamanan. Air kelapa kaya akan mineral dan elektrolit.

Air kelapa memiliki 95% kandungan air, oleh karena itu, konsumsi air kelapa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Bumil dapat minum air kelapa kapan saja, namun waktu terbaik adalah pagi hari. Sebab elektrolit dan nutrisi dapat dengan mudah diserap ketika perut masih kosong.

Air kelapa sebagai minuman alami yang kaya akan vitamin, elektrolit, dan mineral, kerap direkomendasikan kepada orang sakit, termasuk juga kepada orang sehat, karena minuman ini memiliki efek alami yang menenangkan.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

air kelapa untuk ibu hamil
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Sumber foto: www.momjunction.com

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting dan memiliki beberapa manfaat khusus untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Air kelapa untuk ibu hamil menjaga tubuh tetap terhidrasi

Air kelapa mengandung sekitar 95 persen air murni, dan dapat dikonsumsi selama kehamilan, karena kemampuannya menghidrasi dan menyediakan elektrolit. Jika kamu merasa kehausan, kering, perlu melancarkan dahaga, air kelapa bisa juga jadi pilihan untuk menghidrasi diri.

Namun meski demikian, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air mineral sebagai sumber hidrasi tubuh.

2. Mengganti elektrolit yang hilang akibat mual pagi

Bumil biasanya kerap bolak-balik ke kamar mandi akibat rasa mual (morning sickness). Ketika kamu merasa mual dan muntah, elektrolit dalam air kelapa dapat membantumu tetap memiliki elektrolit tubuh yang seimbang.

Wanita dengan hiperemesis gravidarum, yaitu suatu gejala di mana bumil sering mual dan muntah akibat kehamilan, sering membutuhkan elektrolit tambahan, untuk mengganti kerugian akibat muntah berlebihan. Air kelapa mengandung elektrolit yang berharga seperti potasium, natrium, dan magnesium.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang

Demikian pula, jika mual di pagi hari membuat bumil membuang makanan berulang kali. Penting untuk mengisi kembali cadangan cairan tubuh.

Air kelapa adalah salah satu minuman yang akan melakukannya tanpa tambahan gula.

4. Menenangkan gejala asam lambung

Beberapa ibu hamil mungkin mengalami sakit perut selama kehamilan, misalnya terkait asam lambung. Saat bayi tumbuh, dan progesteron melemaskan pintu lambung, bisa jadi menyebabkan ketidaknyamanan dan asam lambung yang mengkhawatirkan.

Enzim alami yang ada dalam air kelapa dapat membantu kamu dalam hal ini. Beberapa ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa mengakui itu dapat menenangkan gejala asam lambung, meski perlu bukti ilmiah lebih lanjut untuk mendukung klaim ini.

5. Air kelapa untuk ibu hamil mengandung nutrisi untuk perkembangan janin

Ibu hamil mungkin sudah tahu betapa pentingnya vitamin dan mineral bagi perkembangan bayi, oleh karena itu dokter pun kerap menekankan pentingnya vitamin prenatal. Sampai batas tertentu, air kelapa juga mengandung nutrisi terkait hal ini.

Namun banyak bumil mungkin tidak dapat memenuhi seluruh peningkatan kebutuhan nutrisi hanya melalui makanan atau minuma. Maka vitamin prenatal tetap dianjurkan untuk memastikan asupan optimal selama kehamilan.

6. Mengurangi tekanan darah

Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, air kelapa dapat menjadi pilihan karena potasiumnya. Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah.

Sebuah studi menemukan bahwa minum air kelapa selama 2 minggu dapat mengurangi tekanan darah sistolik. Namun tentu saja, minuman air kelapa ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau preeklampsia.

7. Pilihan setelah berolahraga

Satu studi menemukan bahwa air kelapa sama manfaatnya dengan air biasa untuk menghidrasi setelah lama berolahraga, dan menawarkan hidrasi yang lebih lengkap daripada air.

Air kelapa dapat membuat rehidrasi yang menyegarkan, setelah bumil melakukan berbagai jenis latihan atau olahraga selama kehamilan, seperti berjalan atau berenang.

Sebab air kelapa mengandung elektrolit dan sejumlah karbohidrat, maka air kelapa juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di tubuh.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Mengatasi Jerawat Batu

Aturan mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil

Sesuatu yang berlebihan adalah hal yang tidak baik, bumil bisa minum air kelapa satu hingga dua gelas air kelapa sehari, dan tidak berlebihan. Lebih baik mengonsumsi air kelapa segar dari kelapa muda, dibandingkan air kelapa kemasan.

Namun jangan mengonsumsi air kelapa jika kamu bereaksi atau tidak suka rasanya. Ingat, jika hidrasi adalah yang dibutuhkan, air putih akan sama baiknya dengan kelapa, dengan 0 kalori, karbohidrat, atau gula.

Punya pertanyaan lebih lanjut tentang nutrisi ibu hamil? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Healthline, 8 Benefits of Drinking Coconut Water During Pregnancy https://www.healthline.com/health/pregnancy/coconut-water-in-pregnancy, diakses 8 Juni 2020
  • Momjunction, 12 Possible Benefits Of Drinking Coconut Water In Pregnancy https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-drinking-coconut-water-while-pregnant_00377645, diakses 8 Juni 2020
  • Parenting Firstcry, Drinking Coconut Water During Pregnancy https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-coconut-water-during-pregnancy, diakses 8 Juni 2020
  • Manipal Hospitals, Coconut Water During Pregnancy Myths And Facts https://www.manipalhospitals.com/blog/coconut-water-during-pregnancy-myths-and-facts, diakses 8 Juni 2020
    register-docotr